Tags

, , , , ,


Selain dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan tinggalan masanya yang tak akan pernah usai disusuri dalam sehari, Surabaya juga dikenal karena Selaksa Kuliner-nya. Jangan pernah ‘ngaku mlaku – mlaku ke Surabaya bila tak pernah menikmati sajian kulinernya. Meski terkadang rencana tinggal wacana, tetap memegang teguh prinsip sempat tak sempat ya haruslah disempatkan, karena taklah lengkap datang ke Surabaya bila tak menyempatkan untuk menikmati kuliner legendarisnya.

kuliner legendaris surabaya, sop buntut cak durasim, es blewah cak durasim

Sop Buntut dan Es Blewah Cak Durasim

Gimana caranya? Efisiensi waktu, pastikan MAU MAKAN APA? DI MANA? di Surabaya.

Di perjalanan awal tahun ke Surabaya tempo hari, saya mengatur baik – baik jadwal perjalanan agar pilihan tempat makan tak menjauh dari tempat bermain supaya tak terjebak. Kecuali, ada yang mengajak makan jauh – jauh di saat waktu lowongnya panjang. Yang penting, lidah terpuaskan dan kenangan bisa ditorehkan #ehh

Agar bisa fokus makannya, saya mengerucutkan pilihan untuk menikmati 5 (lima) kuliner legendaris Surabaya berikut di antara jadwal makan – makan lainnya:

01 – Tahu Kraton
Dikenalkan pertama kali oleh Reni, seorang kawan yang saya kenal di Shangri-la Surabaya pada 2013 lalu. Dia bilang Tahu Kraton, kedai makan langganan keluarganya dari jaman Opa Oma-nya masih muda. Mereka sekeluarga biasanya mampir menikmati sarapan di sini sepulang ibadah.

Entah karena di perkenalan pertama makannya malam – malam, setiap ke Surabaya saya pun mampir ke Tahu Keraton di malam hari ketika perut sebenarnya sudah diisi makan malam tapi mulut masih ingin mengunyah 😉

kuliner legendaris surabaya, tahu kraton, tahu campur surabaya

Menu spesial di Tahu Kraton adalah Tahu Campur. Karena kedainya bernama Depot Kraton, pelanggannya lebih mengakrabinya dengan sebutan Tahu Kraton. Nama yang melekat hingga hari ini. Dan meski ada banyak penjual tahu campur di Surabaya, selera lidah terlalu susah dikhianati.

Seporsi Tahu Kraton dihidangkan di dalam piring berisi mi kuning diberi tambahan taoge, daun selada, potongan tahu goreng, kentang rebus, perkedel, potongan tomat, daging tetelan, disiram dengan bumbu kuah petis lalu diberi pemanis emping dan kerupuk udang. Jangan lupa untuk memesan Temulawak atau Teh Hangat sebagai teman makan.

kuliner legendaris surabaya, tahu kraton, tahu campur surabaya

Depot Tahu Kraton
Jl Ngamplak I No 35,
Genteng, Surabaya
Telp 031 – 5453166
Buka: pk 09.00 – pk 13.30, pk 17.00 – pk 22.00

Datanglah ke sini pagi hari saat kedai baru buka atau di malam hari ketika perut sebenarnya sudah kenyang tapi lidah masih ingin menikmati sesuatu. Jangan khawatir, harga makanannya sangatlah bersahabat.

02 – Bakcang Peneleh 92
Entah sudah berapa kali melewati rumah di Jl Peneleh 92, tak jauh dari Makam Peneleh,  tapi baru kemarin itu mampir untuk sarapan karena sangat kebetulan tak jauh dari Ganefo, rumah engkong The Toan Ing, tempat menginap sewaktu ke Surabaya tempo hari.

Setengah abad lalu, generasi pertama penjual bakcang ini senang membantu tetangga membuatkan pesanan bakcang untuk perayaan Hari Raya Peh Cun. Awal 1980, Oei Kung Giok, generasi keduanya, menekuni usaha pemesanan bakcang dengan serius demi menopang ekonomi keluarga sehari – hari. Usaha yg kini diteruskan ibu Kemala, generasi ketiga di keluarga; dilakukan dari dapur saja. Dari membuat, menerima pembeli hingga mengirimkan pesanan bakcang keluar kota.

kuliner legendaris surabaya, bakcang spesial surabaya, bakcang peneleh

Saya datang pk 07.30 mendapati rumah yang sepiiiiii. Iseng aja masuk ke pekarangan samping mengikuti petunjuk yang terbaca pada spanduk di depan dan mendapati teras rumah cina jadul yang besar. Dindingnya berwarna putih, kontras dengan warna hijau pada pintu, jendela, dan pilarnya. Di bagian kanan depan teras ada ruang berupa dapur. Di sana ada seorang lelaki Tionghoa asik menikmati sarapannya. Tak merasa terganggu sedikit pun meski saya sudah berhalo – halo dengan suara sedikit keras. Dialah yang memberi tahu agar saya masuk saja ke dalam rumah hingga ketemu dapur.

kuliner legendaris surabaya, bakcang spesial surabaya, bakcang peneleh

Meski sudah diberi petunjuk, tetap saja masuknya ragu – ragu. Pakai ketuk pintu dulu, melewati ruang tamu, ruang tempat dupa sembayang, dua pintu kamar yang besar – besar hingga bertemu dapur yang legaaa. Kepada dua perempuan yang saya jumpai di dapur, saya langsung memesan satu Bakcang Babi dan Teh Manis Panas untuk sarapan. Pilihan lain ada Bakcang Ayam, Bakcang Ayam/Babi Spesial (dengan tambahan telur), jangan khawatir tertukar karena pilihan rasa disesuaikan dengan warna tali rafia yang mengikat bakcang.

Bakcang Peneleh 92
Jl Peneleh No 92, Genteng
Surabaya 60274
Telp 031-5317521
Buka: pk 07.00 – pk 14.00

Harganya? Sepertiga dari harga bakcang spesial pesanan seorang kawan. Kalau ada yang murah dan enak, kenapa mesti beli yang mahal – mahal hanya untuk sekali haaap habis?

kuliner legendaris surabaya, bakcang spesial surabaya, bakcang peneleh

Info penting yang HARUS diingat – ingat bila ingin ke Bakcang Peneleh 92, rumah ini BUKANlah kedai makan! Tak ada meja kursi untuk duduk – duduk makan di tempat. Jadi kalau datang beramai – ramai dan ingin makan bakcang, makanlah sembari berdiri hehe. Hal berbeda tentu saja berlaku pagi itu, karena datang sendiri dengan muka tak berdosa; si mbak yg murah senyum dengan sigap menyiapkan pesanan saya dan membereskan ujung meja yang kosong di dekat tangga untuk ditempati makan.

03 – Kwetiau Apeng
Setelah beberapa kali mencicipi kwetiau, salah satu yang rasanya selalu terkenang – kenang di lidah ya Kwetiau Apeng. Kedainya ada di daerah Wonorejo, Surabaya. Satu itu tok, gak buka cabang meski pada jam makan siang atau malam antrean pelanggannya mengular di luar kedai menunggu kesempatan untuk duduk memesan makanan kesukaan di dalam ruang berpendingin yang ukurannya segitu – gitu saja sejak berdiri pada 1990an lalu.

Saya tidak akan pernah lupa saat pertama kali makan di Kwetiau Apeng. Dua hari setelah teror bom di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) jalan Arjuno, Surabaya. Kwetiau Apeng hanya beberapa langkah dari pertigaan Arjuno dan Kedungdoro. Sehari sebelumnya saya terbang ke Kota Pahlawan karena sudah terlanjur membeli tiket dan ada urusan yang memang harus diselesaikan di sana.

kuliner legendaris surabaya, kwetiau apeng surabaya, apeng kwetiau medan, kwetiau enak di surabaya

Di hari kepulangan, saya menikmati brunch Kwetiau Apeng bersama Andi dan Elmo, dua kawan baik, pengelola rumah makan, teman berburu makanan di Toraja yang kembali ke Surabaya untuk membuka kedai makan. Semoga di menunya ada Tempura Pare dengan sambelnya yang aduhai itu ya  😉

Ada banyak pilihan makanan di Kwetiau Apeng, entah kenapa dua kali ke sini pesannya yang itu itu lagi saking sukanya; Mi Keriting Rebus dengan toping Daging Babi Goreng dan Telur Puyuh haha. Lupakan kolesterol! Minumnya kalau gak Es Teh Tawar, Jus Jeruk. Bila tak makan babi, pesanlah makanan yang tak mengandung daging babi. Harga makanannya sangat wajar. Seporsi kwetiau/mi spesial 50K sudah termasuk pajak dan dapat bonus kenangan rasa yang endang tralala.

Apeng Kwetiau Medan
Jl Kedungdoro 267, Wonorejo
Tegalsari, Surabaya 60251
Telp 031 -5345778
Buka pk 08.30 – pk 23.00

Jika ingin makan nikmat tanpa merasa harus bergegas karena ada yang menanti meja kosong, datanglah di antara jam makan siang/malam.

04 – Rujak Cingur Cak Durasim
Ini makanan yang harus banget dicobain di Surabaya. Rujak Moncong Sapi! Serupa dengan Tahu Campur, kedai Rujak Cingur bertebaran di seantero Surabaya, tinggal tentukan pilihan lokasi, harga, dan rasa kenangan yang akan dibawa pulang. Yang terpenting cek ricek dan pertimbangkan dulu harga makanan yang ditawarkan. Jangan sampai usai makan yang dikenang adalah total kerusakan yang ditimbulkan.

kuliner legendaris surabaya, rujak cingur terenak di surabaya, rujak cingur cak durasim, rujak cingur legendaris

Seporsi Rujak Cingur Cak Durasim disajikan dalam pinggan berisi rebusan sayur kangkung, taoge, irisan tempe dan tahu goreng, lontong, potongan kentang rebus, potongan bengkoang, mangga muda, nanas, cingur sapi yang empuk disiram dengan saus petis. Jika takut kekenyangan boleh kok memesan tanpa pakai lontong, atau bila tak suka asem, buahnya boleh pilih bengkoang saja. Agar lebih nikmat, pesanlah dengan petis spesial. Kata si ibu, harganya tak terlampau jauh berbeda dengan yang biasa. Pun pedas tidaknya bisa disesuaikan dengan kadar kepekaan lidah.

Sepuluh tahun ini jika sedang di Surabaya dan lidah merindu Rujak Cingur maka larinya pasti ke Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim di Jl. Genteng Durasim. Tempo hari waktu menginap di Paviljoen, saya pun bela – belain ke sini. Dari penginapan tinggal belok kiri lewat samping pasar Genteng, jalan sedikiiiit; sampai.

kuliner legendaris surabaya, sop buntut cak durasim, es blewah cak durasim

Kedai Rujak Cingur dan Sop Buntut Cak Durasim

Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim
Jl. Genteng Durasim No.29, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275
Telp 031-5358213
Buka: pk 10.30 – pk 17.30

Kedai sederhana yang berjualan sejak 1943 ini, kini dikelola oleh generasi kedua. Menu spesial yang juga digemari pelanggan setia di kedai ini adalah Sop Buntut. Buntutnya empuk dan racikan bumbunya enak bangeeeet. Untuk mengusir haus, saya biasanya memesan Es Cao, Es Jeruk, atau Es Blewah.

05 – Es Krim Zangrandi
Kalau di Jakarta ingin minum es krim mampir ke Es Krim Tropik atau Ragusa, maka bila sedang di Surabaya mampirnya ke Zangrandi. Surabaya kotanya panas. Jalan kaki sedikit, inginnya minum yang dingin – dingin. Meski tenggorokan tak boleh sering – seringn dilelehin es, kadang tergiur juga untuk mampir ke kedai es krim. Minum esnya harus melihat sikon, agar tak pulang tenggorokan soak lalu batuk berhari – hari.

kuliner legendaris surabaya, es krim legendaris surabaya, es krim zangrandi, zangrandi ice cream

Mungkin karena dampak cuaca yang sangat panasss, ada sedikit drama saat memesan es krim di Zangrandi tempo hari. Sebagai penggemar pisang, saya memesan menu kesukaan saya; Banana Split ditambah Grandma’s Pie. Setelah menunggu dan lidah membayangkan pesanan yang dirindukan, datanglah mas – mas mengantarkan pesanan. Saya yakin pesanan tak salah, karena sudah dikonfirmasi ulang sewaktu si mas menerima pesanan. Tapi koq Banana Split gak kelihatan pisangnya? Oalaah .. iki Noodle Ice Cream! Yasudahlah, meski biasanya rajin komplen, hari itu sabarnya kebangetan; gak pengen marah. Memang harus menikmati yang berbeda agar paham makna hidup wkwkw.

Zangrandi Ice Cream
Jl. Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin
Genteng, Surabaya 60271
Telp 031 – 5345820
Buka: pk 10.00 – pk 22.00

kuliner legendaris surabaya, es krim legendaris surabaya, es krim zangrandi, zangrandi ice cream

Noodle Ice Cream dan Grandma’s Pie

Sejak berdirinya Zangrandi Ice Cream memakai nama mengikuti nama pendirinya, seorang Italia yang membuka kedai es krim di Surabaya pada 1930, Roberto Zangrandi. Ketika keluarga Zangrandi harus pulang ke Italia, pada 1960 usaha es krim ini diambil alih oleh Adi Tanumulia. Kini dengan nama Zangrandi Ice Cream, kedai ini tetap berdiri dan berbagai varian es krim yang baru dan dikelola oleh generasi ketiga keluarga Tanumulia. Dengan 50K, kamu sudah bisa menikmati seporsi es krim pilihan.

06 – Carpentier Kitchen

Selalu ada bonus dari setiap perjalanan. Meski tak ada di dalam jadwal target yang harus disatroni, saya tak menampik ajakan Andi & Elmo untuk bersantai di kedai makan kekinian. Pergilah kami ke Carpentier Kitchen, kedai kekinian yang berdiri pada 2012. Carpentier menempati bangunan rumah kolonial 2 (dua) lantai di daerah Tegalsari dengan konsep kafe distro.

kuliner legendaris surabaya, carpentier kitchen surabaya, kafe and distro in surabaya, carpentier menu

Janganlah kaget bila mendorong pintu kacanya, yang tampak pertama kali adalah gantungan baju dan pernak – pernik fashion anak muda. Karena di dalam satu rumah itu memang ada dua gabungan usaha: ORE Store dan Carpentier. Agar lebih fokus makannya, segeralah temukan tangga dan bergegas ke lantai dua. Walau di lantai dua juga ada pajangan sepatu dkk, setidaknya pilihlah bangku yang sedikit lebih jauh dari benda – benda itu haha.

pancake carpentier surabaya

Banana Cinnamon Pancake

Segala sesuatu ada waktunya. Ternyata Carpentier Kitchen tak jauh dari Artotel, tempat menginap 3 (tiga) tahun lalu tapi saya baru tahu tempatnya kemarin itu. Thx to Andi yang sudah mentraktir nyemil Banana Cinnamon Pancake, Crispy Mushroom, Fried Calamari, Tahu Goreng, Hot Pepermint Tea, Avocado Juice, & Milkshake kalau tak salah mengingat.

Carpentier Kitchen
Jl Untung Suropati No 83
Tegalsari, Surabaya
Telp 031-5682074
Buka: pk 09.00 – pk 22.00 (Minggu tutup)

kuliner legendaris surabaya, carpentier kitchen surabaya, kafe and distro in surabaya, carpentier menu

Meski letaknya tak jauh dari Artotel Hotel tempat saya menginap 3 tahun lalu, saya baru tahu Carpentier Kitchen kemarin itu. Selalu ada waktu terbaik untuk bersua kan?

Btw, dari semua yang dicobain, saus cinnamon yang diakui sebagai saus spesial di pancake-nya menimbulkan rasa giung yang kebangetan. Pancakenya sendiri sudah manis, diberi tambahan saus yang manis banget menimbulkan rasa yang tak nyaman di lidah. Di lain waktu jika ke sini lagi berarti harus pesan tanpa saus cinnamon saja.

Masih banyak kedai makan yang menggugah selera di Surabaya. Pada akhirnya, semua kembali pada berapa banyak waktu yang ingin dihabiskan untuk memamah biak, dan seberapa porsi yang diijinkan untuk turun ke lambung. Saleum [oli3ve].