Tags

, , , , , , ,


Pacaran, menikah, dan punya anak adalah impian jomblo pasangan normal (terlebih orang tuanya yang biasanya tak sabar ingin segera momong cucu). Namun tak semua pasangan yang sudah menikah resmi segera dikarunia anak. Sering terjadi mereka yang main dokter – dokteranlah yang berhasil menanam modal lebih dulu #eehgimana?

Ada pasangan suami istri (pasutri) yang cepat dikaruniai buah hati, bahkan berenteng. Ada yang mesti menunggu cukup lama baru dapat, ada juga yang sengaja menunda kehamilan dengan beragam alasan. Tak sedikit pasutri setelah beberapa tahun menikah dan menunda memiliki (dan menambah) anak, ketika ingin memiliki buah hati; tak langsung jreng.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Menurut penelitian, dalam sepuluh tahun ke depan manusia akan semakin susah memiliki anak disebabkan banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan calon orang tua sehingga menghambat kehamilan. Hal ini dikemukakan dr. Ng Peng Wah, dokter ahli obstetri, ginekolog, dan spesialis bayi tabung pada satu Minggu pagi di kliniknya; Genesis IVF and Women’s Specialist Center di George Town, Penang.

Jasphine Sireg, asisten dr. Ng Peng Wah, menyambut kedatangan saya di Genesis IVF pagi itu, mengajak saya berkeliling klinik sambil menunggu dokter datang. Kami memulai dari ruang resepsionis yang menempati bagian depan klinik, tempat segala urusan administrasi dan informasi bisa didapatkan pasien ketika datang ke klinik. Di samping kanan resepsionis, terdapat ruang tunggu berpendingin dengan pilihan tempat duduk berupa sofa maupun bangku berkaki panjang dengan jarak yang cukup lega sehingga tak membuat ruang terlihat sumpek ketika ada banyak manusia di dalamnya. Di salah satu sudut ruang itu disiapkan pula mesin penyedia kopi/teh/air mineral, koran/majalah, dan colokan untuk memperpanjang baterai gawai.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Di depan ruang tunggu, berderet ruang konsultasi dokter yang berpraktek di Genesis IVF. Di sisi kanan ruang tunggu terdapat laboratorium, ruang pengambilan sperma dengan pintu kecil khusus untuk mengoper sperma ke laboratorium, serta ruang tindakan dan perawatan. Yang menarik, di lorong menuju ruang konsultasi menggantung sebuah lonceng kecil. Menurut Jasphine ada satu kebiasaan pasien di Genesis IVF yang entah kapan bermula. Ketika pasien mendapat kabar gembira akan keberhasilan program yang dijalankan, mereka akan akan membunyikan lonceng tersebut sekeluar dari ruang dokter berbagi kebahagiaan dan semangat pada pasien yang lain.

Nama dr. Ng Peng Wah popular dan termasuk dokter ahli bayi tabung yang difavoritkan pasutri Indonesia. Beliau pernah memimpin IVF Centre di Rumah Sakit Lam Wah Ee, Penang selama 23 tahun sebelum membuka klinik sendiri. Sejak Juni 2017, dr. Ng Peng Wah membuka prakter dan menerima pasien – pasiennya di Genesis IVF. Pagi itu, dr. Ng Peng Wah dengan senang hati berbagi banyak informasi yang berhubungan dengan profesinya membantu pasutri yang kesulitan hamil untuk mendapatkan anak lewat program bayi tabung. Meski beliau mesti datang ke klinik di hari libur.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Bayi tabung biasanya menjadi pilihan terakhir pasutri yang ingin memiliki anak setelah semua usaha alternatif tak membuahkan hasil dimana pembuahan sel telur oleh sperma pada bayi tabung dilakukan di luar tubuh calon ibu. Istilah medisnya in vitro fertilization (IVF). Sperma dari calon ayah dipertemukan dengan sel telur dari calon ibu di tabung khusus dalam laboratorium. Jika pertemuan tersebut berhasil menjadi embrio, si embrio ini kemudian dimasukkan ke rahim calon ibu untuk bertumbuh dan berkembang secara alami.

Sebelum memulai program bayi tabung, calon orang tua, calon ayah dan ibu tentu saja, harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Selain untuk melihat tingkat kesuburan pasangan tersebut, hal ini dilakukan juga untuk mengantisipasi jika muncul masalah kesehatan lain selama mereka menjalani terapi program bayi tabung. Berhasil tidaknya program ini tergantung pada usia, tingkat kesuburan pasangan yang mengikuti program, juga dokter dan klinik yang menangani.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Pemeriksaan kandungan oleh dr. Ng Peng Wah

Lebih 3000 bayi tabung lahir dari program bayi tabung yang ditangani dr. Ng Peng Wah. Dari sekian banyak pasien yang datang dengan berbagai alasan untuk mendapatkan keturunan lewat program bayi tabung, dr. Ng Peng Wah menceritakan dua momen mengharukan yang ditanganinya. Yang pertama, ketika menangani pasien dari Aceh yang ingin mendapatkan anak pasca trauma karena kehilangan anak – anaknya saat tsunami. Pasangan lain adalah orang tua yang anaknya menderita kanker yang mengupayakan kesembuhan si anak dengan mengusahakan donor dari saudara kandung si anak. Jika menimbang dari sisi usia, calon ibu kedua pasangan ini sudah memasuki usia yang rawan untuk hamil. Setelah melewati terapi, programnya berhasil.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Keberhasilan pasangan – pasangan yang mengikuti program bayi tabung di kliniknya mendapatkan keturunan tentu saja membuat dr. Ng Peng Wah ikut bahagia. Menurut dr. Ng Peng Wah, Tuhan berperan atas keberhasilan pasangan – pasangan yang ditanganinya untuk mendapatkan anak melalui program bayi tabung. Dirinya hanyalah alat yang dipakai Tuhan untuk membantu mewujudkan mimpi mereka. Tuhan yang menentukan.

genesis ivf penang, klinik bayi tabung penang, dokter ahli bayi tabung di penang, dr ng peng wah

Ternyata tak semua pasangan yang mengikuti program bayi tabung ingin segera memiliki anak. Hal ini tergantung kesiapan mental dan kondisi medis calon ibu. Sehingga beberapa pasangan menitipkan sementara embrionya di laboratorium. Tentu saja ada biaya jasa titip yang dikenakan karena embrio harus disimpan di tempat khusus di dalam laboratorium pada suhu tertentu.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Ruang pengambilan sperma, jangan tanya caranya ya 😉

Selain Malaysia, pasien dr. Ng Peng Wah sebagian besar datang dari Indonesia, Singapura, juga Cina. Ketika ditanya berapa biaya untuk mengikuti program bayi tabung, dr. Ng Peng Wah hanya senyam – senyum. Untuk informasi dan prosedur program bayi tabung di Genesis IVF bisa ditanyakan langsung melalui nomor kontak di atas atau melalui BayiTabung.id di nomor 0812-82-111-030. Untuk bantuan informasi, perkiraan biaya, rekomendasi jadwal dan pengaturan janji dengan dokter, serta rekomendasi hotel yang dekat dengan klinik, BayiTabung.id tak mengenakan biaya sama sekali.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Menjelang pk 12 saya pamit pada dr. Ng Peng Wah karena harus bergegas ke bandara agar tak ketinggalan penerbangan pulang ke Jakarta. Pertemuan yang menyenangkan terlebih karena dr. Ng Peng Wah sudah meluangkan waktu untuk bersua di Minggu pagi meski pada Minggu dokter libur dan klinik tutup. Semacam pertemuan khusus karena tak ada interupsi dari tamu lain yang mengantre dokter maupun yang wara – wiri di klinik.

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

entrance genesis ivf, program bayi tabung, dokter bayi tabung di penang, dokter ng peng wah

Genesis IVF & Women’s Centre
Level 7, Unit L7-01, Gurney Paragon Mall,
163 Persiaran Gurney, 10250 Penang, Malaysia
Hotline +604 226 3322 / +6019 931 3322
Email: enquiry@genesisivf.com

Telp/WhatsApp: 0812-82-111-030
(Pusat Layanan Pasien Indonesia)
Email: genesis@bayitabung.id

Genesis IVF adalah klinik bayi tabung dengan fasilitas modern dan teknologi terbaru di Penang yang didukung oleh tenaga ahli berpengalaman, menempati lantai 7 Gurney Paragon Mall, dekat dengan pusat kuliner di Persiaran Gurney. Tak heran banyak pasien yang datang ke klinik dengan menenteng kantong belanja. Bisa ditebak kan siapa yang gemar belanja? hahaha. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, usai konsultasi atau sebelum mengantre di klinik, bisa cuci mata, kuliner, dan belanja dulu. Saleum [oli3ve].

Advertisements