Rahang Tuna Bakar Mr. Tuna yang Lezatnya Terkenang-kenang


Respon pertama setiap teman yang melihat gambar seperti berikut – memegang tulang rahang tuna yang habis digerogoti – selalu bertanya, “Itu apaaaaaan?” Walau sudah diberitahu itu adalah rahang ikan tuna, masih saja ada yang tidak percaya. “Ikan apa yang rahangnya segede ituuuuuu? Ikan hiu?”

Upsss, menurut Ngana?

rahang tuna bakar, mr. tuna bsd, rahang tuna bakar terenak di jakarta, tempat makan tuna bakar di jakarta
Haloooo! Its 2022

Ikan, lauk favorit sejak kecil. Tak pernah kapok menyantap olahan ikan walau pernah dilarikan ke ruang OK (= bahasa Belanda, Operatie Kamer) karena duri ikan moa – orang Toraja mengenalnya dengan nama masapi – yang besar dan tajam, tersangkut di kerongkongan 🙂 . Waktu itu saya masih kelas dua SD. Kami mendapat kiriman seekor ikan moa yang cukup besar dari kerabat. Oleh Papa, ikan itu dibersihkan, dipotong-potong, dicampur daun mayana dan aneka rempah, lalu dipiong (dimasak dalam bambu yang dibakar). Saya yang terlalu bersemangat, memakannya dengan lahap tanpa sadar durinya yang besar dan tajam, meluncur ke kerongkongan.

Segala macam cara sudah dilakukan, dari menelan nasi bulat-bulat, makan pisang tanpa dikunyah, minum air banyak-banyak; tak membuat duri itu lepas dan terdorong keluar. Usaha itu malah membuatnya tertancap makin dalam dan melukai kerongkongan sehingga mengeluarkan darah. Cara terakhir, dibopong ke rumah sakit dan dibujuk-bujuk agar mau buka mulut lebar-lebar di ruang operasi supaya malam itu bisa tidur nyenyak. Ajaib, setelah kejadian itu, saya jadi pandai memakan ikan berduri banyak meski makan menggunakan sendok garpu.

Kembali ke gambar di atas. Penggemar ikan sejati pastinya mengincar bagian kepala. Di bagian itu, durinya tak banyak dan tekstur juga rasa dagingnya pun lebih enak – saingannya hanyalah daging bagian perut/fish belly. Apalagi jika seisi kepalanya sudah dibongkar dan diseruput prut .. prut .. tak akan ada bagian yang tersisa untuk kucing tetangga 🙂 Di akhir 2018, ketika dikenalkan dengan Rahang Tuna Bakar Mr. Tuna oleh Melvien dan Reyvan, teman gereja; bahagianya tak terkira. Waktu itu, kami mendatangi tempat Esson Taroreh di Bumi Serpong Damai (BSD) usai latihan choir. Mereka bilang, ini menu spesial! Jadi, walau jauh-jauh dari Ambasador ke BSD, tak masalah demi makan malam dengan lauk spesial!

rahang tuna bakar, mr. tuna bsd, rahang tuna bakar terenak di jakarta, tempat makan tuna bakar di jakarta
Rahang Tuna Bakar Mr. Tuna
rahang tuna bakar, mr. tuna bsd, rahang tuna bakar terenak di jakarta, tempat makan tuna bakar di jakarta
Daging Tuna Bakar Mr. Tuna

Berpiring-piring Rahang Tuna Bakar berukuran jumbo – biasanya stok rahang yang tersedia beratnya 1 kg bisa disantap oleh 4 bahkan 5 orang –, juga Daging Tuna Bakar sudah berjejer di atas meja yang dibuat memanjang saat kami tiba di Rumah Makan Phopho – belakangan saya baru tahu kalau rahang tuna itu menu di Mr. Tuna, salah satu tenan di RM Phopho. Ketika dihitung dalam hati, sepiring – satu rahang – seorang. Wow, banyak amat? Bagaimana menghabiskannya? Mau digado saja tapi di meja pun sudah tersedia nasi dan Cah Kangkung Bawang Putih yang hijau dan segar pelengkap santapan yang menggoda. Setelah berembuk cepat, kami sepakat untuk menyelesaikannya dengan bijak dan sopan; satu rahang untuk bertiga. Yang lain jika tak disentuh atau tak habis, BUNGKUS! Aman toh?

Itu cerita di awal berkenalan dengan Rahang Tuna Bakar-nya Mr. Tuna. Di kunjungan-kunjungan berikutnya, seporsi disantap berdua saja 🙂  Daaaaaan .. saya pasti akan mendapatkan porsi yang lebih banyak karena di tengah jalan, kawan makan sangat cepat menaikkan bendera putih. Tugas sayalah yang senang mengorek-ngorek daging sampai ke sela-sela rahang hingga bersih dan bisa dijadikan properti bergambar. Serupa telepon di rumah Fred dan Wilma Flinstone, kan?

rahang tuna bakar mr. tuna, rahang tuna bakar paling enak, tempat makan rahang tuna bakar spesial di jakarta
2021 – tes, satu rahang satu orang yang ujungnya dibungkus untuk sarapan juga 🙂

Mr. Tuna
d/a Rumah Makan Phopho
Jl. Anggrek Loka Blok AF No. 52, Sektor 2-2
Bumi Serpong Damai, Serpong, Kota Tangerang Selatan
Banten 15318

Jam Operasional: Pk 10.00 – 21.00
HP: 0812-8200-8351
Instagram: @mrtunabsd

Umumnya, jika makan ikan bakar di tempat lain, ikannya kering dan bagian luarnya kadang gosong. Tapi di Mr. Tuna, baik rahang maupun dada tuna bakar-nya hadir di atas meja dengan warna yang segar, dagingnya lembut, dan juicy. Seporsi Rahang Tuna Bakar akan disajikan dengan Sambal Rica Rica yang pedasnya muantaaap, Sambal Dabu-Dabu yang edodoeeee sadaaaap, juga potongan Jeruk Lemon Cui yang segerrrrr. Saat memesan, kamu bisa meminta sambalnya disiramkan langsung setelah dibakar sehingga meresap atau disajikan terpisah.

rahang tuna bakar, mr. tuna bsd, rahang tuna bakar terenak di jakarta, tempat makan tuna bakar di jakarta
2018, perkenalan

Tips bagi yang sudah kelaparan. Semua menu di Mr. Tuna baru akan disiapkan dan diolah setelah pesanan diterima. Jadi, baiknya pesanlah menu yang ingin disantap selagi kamu mengarah ke TKP dengan memperhitungkan waktu tempuh kira-kira sejam untuk sampai di Mr. Tuna sehingga saat tiba; makanan sudah siap di meja dan masih hangat.

Mengkonsumsi ikan baik untuk kesehatan karena kandungan gizinya. Daging tuna, sumber makanan protein tinggi dengan kalori dan lemak rendah. Dengan menambahkan ikan tuna dalam menu sehari-hari, tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang baik yang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, menambah energi dan imunitas, mengurangi risiko stroke, dan lain-lain. Tuna yang disajikan Mr. Tuna adalah tuna premium, yellowfin (= tuna sirip kuning)! Stoknya didatangkan langsung dari Sorong, Papua, yang terkenal dengan hasil lautnya, termasuk tuna sirip kuning berkualitas ekspor.

rahang tuna bakar, mr. tuna bsd, rahang tuna bakar terenak di jakarta, tempat makan tuna bakar di jakarta
2020, yang di piring itu daging hasil korek-korek rahang

Jika kamu penggemar ikan, WAJIB berkenalan dengan Mr. Tuna! Selain dibakar, Mr. Tuna juga menyediakan menu lain seperti Tuna Kuah Asam, Tuna Tinoransak, dan Tuna Woku. Namun, saya belum pernah mencoba menu lain. Lidahnya terlalu cinta pada Rahang Tuna Bakar sehingga pesannya itu lagi, itu lagi. Harganya? Sangat bersahabat, bahkan termasuk murah sehingga tak menggerogoti dompet! Saleum [oli3ve].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s