Donor Darah, Anti Aging Alami dan Sehat


Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) setahun ini sangat minim, imbas pandemi Covid-19. Bahkan di awal merebaknya pandemi dan ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan, stok darah sempat KOSONG! Sementara Mobil Unit (MU) donor darah hanya diparkir di kantor PMI, aksi donor darah di instansi-instansi DIHENTIKAN, dan pendonor sukarela pun enggan datang ke Unit Transfusi Darah (UTD); khawatir kena Covid. Padahal, kebutuhan darah di DKI Jakarta saja 1.000 kantung darah/hari.

Kebayang gak bagaimana pusingnya PMI tetap berupaya untuk memenuhi permintaan kantung darah dari rumah-rumah sakit untuk pasien yang membutuhkan transfusi darah saat ini?

Awal Mei 2020 ketika datang ke UTD PMI DKI Jakarta di Kramat Raya, sesak dengan manusia. Sebagian besar orang – orang yang mencari darah, sebagian kecilnya calon pendonor darah. Mereka yang butuh darah dan belum mendapatkan jumlah donor yang diperlukan, walau badan lelah dan muka kuyu; giat bertanya kepada setiap orang yang muncul di area parkir. Untuk mendapatkan darah, keluarga pasien HARUS aktif mencari calon pendonor darah dari keluarga/kerabat serta menyebar informasi lewat media sosial.

“Mbak, donor sukarela?”
“Golongan darah apa, Mas?”
“Darahnya boleh untuk Ibu saya, Kak?”

Pertanyaan – pertanyaan yang menjadi sapa yang akrab dilontarkan oleh keluarga pasien kepada pengunjung di UTD sore itu. Karena darah saya sudah di-booked adik dampingan yang akan menjalani operasi jantung, jadi saya tinggal melengkapi Formulir Kuesioner dan Informed Consent Donor yang diberikan oleh petugas di tenda putih di sisi kanan gedung UTD lalu masuk ruang tunggu, mengantre untuk skrining kesehatan.

manfaat donor darah, syarat donor darah, dirgahayu pmi, blood donation, gimana cara donor darah
Minta formulir ke petugas di loket ini

Ini kali pertama saya akan donor darah (lagi) setelah berhenti bertahun-tahun. Sebenarnya, agak ragu juga, akankah lolos skrining mengingat di minggu itu jam tidur saya sedikit kacau karena lebih sering begadang. Belum lagi ada persyaratan berat badan minimal. Ternyata .. LOLOS donk walau berat badan pas-pasan. Pas di angka paling rendah 🙂  Hari itu antrean untuk pengambilan darahnya cukup panjang, nama saya baru dipanggil setelah 2 jam mengantre! Proses pengambilan darahnya sendiri tak sampai 10 menit karena darah saya keluarnya lancar. Di jadwal donor berikutnya, saya sempat gagal donor karena kadar hemoglobin (Hb) di bawah 12,5g/dL sedang ketentuan kadar hemoglobin untuk bisa donor, berkisar antara 12,5 – 17 g/dL.

manfaat donor darah, syarat donor darah. kapan waktu untuk donor darah
Formulir Kuesioner dan Informed Consent Donor

Bagaimana cara menaikkan Hb agar lolos donor darah? Makanlah yang teratur. Pastikan dalam menu makan sehari-hari terdapat makanan yang mengandung zat besij seperti seafood, daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah/jus buah, minum air putih 1,5 – 2 liter sehari, istirahat yang cukup – jangan begadang menjelang hari H – serta sediakan waktu untuk berolah raga. Bila dirasa perlu, minum madu setiap pagi juga vitamin. Oleh petugas yang mengecek Hb, saya juga diberi lima kapsul suplemen zat besi untuk diminum sekali sehari sesudah makan. Katanya, biar Hb-nya cepat naik. Suplemen itu tidak saya minum! Karena ingin memastikan saja dengan menerapkan pola makan sehat dan tidur yang berkualitas, Hb akan kembali normal. Dan, itu terbukti! Kadang, kita tak perlu tergesa-gesa untuk minum obat selama asupan makanan/minuman kita terjaga dengan baik

Selain kadar Hb, ada persyaratan lain yang perlu diperhatikan calon pendonor darah, gak? Ada. Untuk bisa mendonorkan darah, usia kamu harus 17 – 65 tahun dengan berat badan min. 45 kg, dan memiliki tekanan darah normal yang berkisar antara 90/60 – 120/80 mmHg. Khusus untuk perempuan, jika sedang datang bulan; boleh-boleh saja melakukan donor darah asal badanmu sedang tak lemas dan kadar Hb normal. Persyaratan lain berupa kuisioner yang ada di Informed Consent Donor yang wajib diisi dengan sejujurnya saat hendak donor darah. Jawabanmu berkaitan dengan antisipasi terhadap hal-hal yang dapat menjadi risiko penularan penyakit lewat donor darah.

manfaat donor darah, syarat donor darah, dirgahayu pmi, blood donation, gimana cara donor darah

Setelah darahnya diambil, volume darah saya berkurang donk? Tenaaaaang. Pada saat penciptaan, Tuhan sudah merancang dan menyetel tubuh kita ini sedemikian rupa sehingga jaringan darah akan otomatis melakukan regenerasi dan membentuk sel-sel darah merah yang baru untuk menggantikan darah yang diambil. Pula ketika donor darah, jumlah darah yang diambil hanya 350 – 470 ml saja atau sekitar 8% dari volume darah.

Amankah donor darah di masa pandemi? AMAN! Selama pandemi saya justru menjadi teratur ke UTD DKI Jakarta. Aman-aman aja tuh ASAL tertib menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Di UTD sendiri prokesnya cukup baik sehingga membuat calon pendonor darah pun nyaman. Setiap calon pendonor WAJIB mengenakan masker dua lapis. Saat memasuki ruang pengambilan darah, petugas akan memberikan masker medis dan meminta pendonor untuk lebih dulu mencuci tangan dari lengan hingga jari-jari menggunakan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir sampai jauh akhirnya ke laut di wastafel sebelum dipanggil petugas untuk menempati tempat tidur yang kosong. Tempat tidurnya pun selalu dibersihkan setiap ganti pendonor.

manfaat donor darah, syarat donor darah, ulang tahun pmi, kapan waktu tepat donor darah

manfaat donor darah, syarat donor darah, dirgahayu pmi, blood donation, gimana cara donor darah

Boleh atau tidak donor darah setelah vaksinasi Covid-19, Lip? Boleh bangeeeet! Jadwal donor darah saya ada yang datang dua seminggu setelah vaksinasi Covid-19 pertama. Saat bertemu dokter dan menanyakan hal itu; dokternya cuma senyum-senyum bilang, ”Boleh koq, Lip.” Jadi loloslah saya donor di hari itu tanpa rasa khawatir! Yang tak disarankan adalah bila kamu penyintas Covid, kamu harus menunggu hingga 28 hari pasca dinyatakan NEGATIF baru bisa donor darah. Jika tetap ingin donor, kamu bisa ikut donor konvalesen (plasma darah) untuk pasien Covid.

Kapan waktu yang tepat untuk donor darah? Setiap saat ketika kamu mau dan yakin badanmu sehat, kunjungilah UTD PMI terdekat. Hari ini PMI berulang tahun yang ke-76, bisa jadi hari yang spesial untuk mendonorkan sekantung darah, kan?

manfaat donor darah, syarat donor darah, dirgahayu pmi, blood donation, gimana cara donor darah

Manfaat apa yang didapatkan dengan menjadi pendonor darah (aktif)? Donor darah adalah kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu seseorang yang membutuhkan darah. Dengan menyumbangkan SATU kantung darah, kamu bisa menyelamatkan TIGA jiwa! Wouww!! Bagi pendonor sendiri, melakukan donor darah secara teratur, baik untuk kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko stroke, dan bikin kamu AWET MUDA karena dengan diambilnya darah, mendorong produksi sel darah baru.

Yang perlu DIPERHATIKAN bila hendak donor darah, kamu harus sering minum air putih. Setelah pengambilan darah: jangan langsung bangkit dari tempat tidur, tunggu  3 – 5 menit agar tak limbung, jangan menggunakan tangan tempat mengambil darah untuk mengangkat beban berat selama kurang lebih 2 jam, minum dan makanlah agar stamina kembali pulih. Biasanya, di tempat donor darah, begitu keluar dari ruang medis kamu akan diarahkan ke ruang oberservasi. Di situ, semangkuk indomie rebus atau soto ayam, sebutir telur rebus, secangkir susu coklat panas, dan jus kemasan sudah menunggu. Namun karena pandemi, diganti dengan goodie bag berisi camilan berupa biskuit kadang pop mie, susu UHT, dan jus kemasan.

manfaat donor darah, syarat donor darah, dirgahayu pmi, blood donation, gimana cara donor darah

menu makanan sehat, pola makan sehat, manfaat donor darah, makanan penambah zat besi
Contoh menu makan sehat saya. Ini dan kawan – kawan 🙂

Teruslah menerapkan pola hidup dan makan yang sehat, selain untuk menjaga kesehatan badan sendiri; juga agar darahmu berKUALITAS dan TIDAK terbuang percuma karena tak layak untuk diberikan kepada orang lain.

Setelah setahun lebih menjadi pendonor darah sukarela – bukan mendonor darah karena ada yang butuh saja – badan lebih segar. Jadwal datang bulan lebih teratur terus … berat badan NAIK 7 kilo, melewati angka 50! Rekor!! Selama ini, jarum di timbangan susah payah mendekati angka 49. Itu pun sering tak bertahan lama haha. Sekarang gak pake bisik-bisik lagi ketika kolom berat badan lupa diisi dan petugas bertanya keras-keras, “BB berapa?” #bahagia

Artinya, donor darah baik pula untuk menjaga berat tubuh ideal. Karena pada beberapa orang yang aktif melakukan donor darah, justru bisa menurunkan berat badan. Tapi, semua itu sangat tergantung bagaimana menjaga ketertiban pola hidup sehat kan? Praktik yang nyata, bukan sekadar wacana. Jadi, kapan kamu mau donor darah? Saleum [olive].

5 thoughts on “Donor Darah, Anti Aging Alami dan Sehat

  1. Sampai saat ini aku belum pernah lolos ikut donor darah.. pas masih gemuk gagalnya krn Hb atau pas lagi halangan, eh setelahnya berat badan yang gak cukup.. pengen pdhal ngerasain donor darah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s