Tags

, , , ,


Kalau Jakarta punya Monas, Kuala Lumpur punya Menara Kembar Petronas dan Menara Kuala Lumpur (Menara KL). Nah, Mei lalu bolehlah ya berbangga bisa manjat Menara KL dan menikmati Menara Kembar Petronas dari ketinggian.

Hari itu saya mesti check out dari hotel di kawasan Pudu Raya selepas sarapan karena sore harinya harus pindah hotel ke kawasan Chow Kit. Jarak dari hotel ke Menara KL sebenarnya tak begitu jauh. Tapi kalau berjalan kaki dengan gembolan depan belakang sembari geret-geret koper kan nggak lucu juga. Jadilah pagi itu saingan dengan para pekerja yang berhamburan keluar dari stasiun kereta dan yang berlarian di trotoar; berdiri di pinggir jalan menanti Uber.

menara kl, kl tower, petronas twin tower, menara petronas, eat travel doodle

Dengan tinggi 421m, Menara KL tercatat sebagai menara telekomunikasi tertinggi ke-7 di dunia yang selesai dibangun pada 1996. Mulai dibuka untuk umum pada 23 Juli 1996, dan diresmikan pada 1 Oktober 1996 oleh Y.A. Bhg Tun Mahathir Mohammad, Perdana Menteri Malaysia pada masa itu.

Apa saja yang bisa dinikmati di Menara KL?

Berdiri di depan kawasan hutan lindung tertua di KL, Bukit Nanas, pengunjung sebaiknya melakukan pemanasan sedikit dengan menikmati trekking di KL Forest Eco Park sebelum memanjat ke puncak Menara KL. Tapi jangan lupa melakukan peregangan sebelum berjalan karena kamu akan berhadapan dengan jalan setapak yang turun naik serta siapkan mental untuk meniti kanopi sepanjang 200m yang bertingkat.

kl eco park, kl tower, menara kl, menara kembar petronas, icon kuala lumpur, eat travel doodle

Mau ke mana?

Hutan yang pada 1906 luasnya 17,5 ha ini, sekarang hanya tersisa sekitar 9 ha saja karena pembalakan hutan untuk pembangunan kota. Diberi nama Bukit Nanas karena pada masa awal berdirinya KL, sering terjadi perebutan wilayah kekuasaan antar klan yang ingin menguasai satu tempat. Sebagai pengaman, sekeliling bukit pun dipagari dengan tanaman nanas sebagai penghalang bagi pelintas dan penyerang. Itu sebab nama nanas pun melekat hingga sekarang.

kl eco park, kl tower, menara kl, menara kembar petronas, icon kuala lumpur, eat travel doodle, canopy kl eco park

Kalau jalan di kanopinya aja setinggi gedung, kira-kira berapa tinggi kanopi ini dari tanah?

Ada beberapa jalur trekking yang tersedia di kawasan ini yang bisa dipilih sesuai dengan selera berjalan, mau yang biasa atau yang menantang? Kalau napas tak kuat, dan kaki mulai protes; berjalanlah sedikit saja hingga ke Herbal Garden untuk melihat tanaman obat. Tapi, apa pun pilihan treknya, ingatlah selalu untuk membawa bekal losion anti nyamuk. Usapkan pada bagian tubuh yang terlihat seksi oleh indera penciuman dan penglihatan nyamuk hutan agar tak main silat keplak-keplek saat mendadak diserang di tengah hutan. Asiknya lagi, masuk ke kawasan KL Eco Park tak dikenakan biaya sama sekali.

kl eco park, kl tower, sky box, sky deck, menara kl, icon wisata kuala lumpur, menara petronas, tiket menara kl, tiket sky box, atmosphere 360

Tempat duduk-duduk di jalur Bamboo Trekking

Setelah puas bermain-main di hutan, waktunya naik ke Menara KL.

Tujuan utama hari itu adalah menggapai Sky Deck dan mengantri untuk menikmati Sky Box. Senangnya bertambah karena Sky Box ini baru mulai dibuka untuk umum pada pertengahan Mei tahun ini dan di akhir Mei saya berkesempatan duduk-duduk bahkan hingga tiduran di sana. Sky Box, kotak transparan yang dibuat menggantung pada salah satu sisi Sky Deck di ketinggian 300m di atas permukaan tanah. Bagi pengidap achropobia, tidak disarankan untuk masuk ke kotak ini. Tapi jika kamu tetap penasaran; berdoa dan mantapkan hati sebelum melangkah ke dalam kotak tembus pandang itu untuk menikmati pemandangan kota KL dari atas ketinggian.

kl tower, sky box, sky deck, menara kl, icon wisata kuala lumpur, menara petronas, tiket menara kl, tiket sky box

Menara Kuala Lumpur
No. 2 Jalan Punchak Off Jalan P.Ramlee
50250 Kuala Lumpur
Malaysia

Buka: pk 09.00 – pk 22.00
HTM: RM 105 (13th ke atas), dengan MyKad RM 75 (13th ke atas), untuk harga promo lainnya silakan cek website Menara KL
Tel: +603 2020 5444
Fax: +603 2098 7001
Website: www.menarakl.com.my
Email: menara@menarakl.com.my

Usai bermain di ketinggian, rasa lapar pun menyerang. Ada beberapa kedai dan resto yang menyajikan ragam hidangan untuk menghibur perut yang lapar. Pilihan kami siang itu adalah turun ke Atmosphere 360, menikmati aneka makanan ala prasmanan yang lezatnya bikin lidah terus saja minta tambah dan baru berhenti setelah badan mulai susah bergerak. Atmosphere 360 adalah restoran berputar, jadi sembari makan kita bisa menikmati pemandangan yang berbeda di samping jendela. Tapi mohon diingat baik-baik, saat duduk, letakkanlah barang di bawah kaki saja. Jangan meletakkannya di sisi yang berputar agar kamu tak mendadak panik mencarinya saat sedang asik makan dan tak mendapati barang itu pada tempat semula.

kl tower, sky box, sky deck, menara kl, icon wisata kuala lumpur, menara petronas, tiket menara kl, tiket sky box, atmosphere 360

kl tower, sky box, sky deck, menara kl, icon wisata kuala lumpur, menara petronas, tiket menara kl, tiket sky box, atmosphere 360

Cuma makan ini koq, tapi bolak-balik ke meja hidangan😉

Atmosphere 360
TH-02 Menara Kuala Lumpur
No. 2 Jalan Puncak
50250 Kuala Lumpur

Buka: pk 10.00 – pk 23.00
Paket Makan Siang: RM 92.45 Nett (13th ke atas)
Paket Makan Malam: RM 207.90 Nett (13th ke atas)
Tel: +60 3-2020 2121
Website: http://www.atmosphere360.com.my/

Jika kamu berkesempatan berjalan-jalan ke KL, destinasi wisata mana yang pertama kali ingin kamu datangi untuk berfoto? Saleum [oli3ve].