Tags

, , , ,


Wajah lelaki hindustan itu sedikit masam ketika saya menghampirinya di pintu keluar Bandar Udara (Bandara) Internasional Penang. Sapa pagi saya dijawabnya dengan runtunan tanya .. Ibu tadi kemana? Saya lihat Ibu tadi jalan ke sana, Ibu kemana?

bandara internasional penang, medical tourism, medical check-up gleneagles penang, tripmedis indonesia, berobat ke penang

Saya hanya melihat dua lelaki lain yang memeluk papan nama bertuliskan nama lain saat bergegas keluar tadi. Tidak dirinya. Mungkin di saat yang bersamaan dia sedang berdiri di tempat yang tak terlihat, saya tak tahu karena dia baru tampak setelah saya berbalik arah dan menjumpainya memegang papan bertuliskan nama rumah sakit tempatnya bekerja yang membuat saya menghampirinya. Beruntung dia tak menggunakan bahasa ketumbar jahe sehingga saya tak dibuatnya bertambah pusing dan menyemprotnya karena terus saja berbicara tanpa memberi saya kesempatan untuk menjelaskan.

Maaf Ibu, saya Prem Kumar.
Ibu tunggu sebentar. Silakan duduk di dalam lounge, masih ada 1 (satu) orang lagi. 

Terpujilah nama Tuhan!! akhirnya dia mengingat untuk mengenalkan dirinya. Prem, lelaki yang wajahnya kini dipenuhi senyum itu menunjuk ke bangku – bangku kosong di MHTC Concierge & Lounge. Ruang tunggu yang disedikan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) untuk para pejalan medis, pasien – pasien yang datang berobat ke Malaysia melalui bandara Penang, dapat beristirahat sejenak sembari menanti jemputan atau sekadar duduk – duduk saja sebelum melanjutkan perjalanan ke rumah sakit yang dituju.

malaysia healthcare travel council, mhtc lounge, medical tourism penang, tripmedis indonesia, check-up di gleneagles penang

Kedatangan saya ke Penang kali ini memang sedikit berbeda. Masih urusan jalan – jalan, temanya medical tourism, destinasinya Gleneagles Penang, rumah sakit swasta pertama di Penang yang didirikan oleh sekelompok pengusaha Penang pada awal 1970. Gleneagles Penang mulai beroperasi pada 1 Juli 1973 dengan nama Penang Medical Centre. Pada 1989 kepemilikan sahamnya diambil alih Gleneagles International Pte Ltd, anak perusahaan Parkway Pantai Ltd, dan namanya berganti menjadi Penang Gleneagles Medical Centre atau lebih dikenal sebagai Gleneagles Penang. Rumah sakit inilah yang menjadi pilihan saya untuk melakukan medical check-up (MCU). Pagi itu, Prem Kumar, bertugas menjemput saya dan seorang bapak dari Bekasi yang tak mengeluarkan sepatah kata pun hingga ia turun di lobi Gleneagles Penang.

Kenapa harus MCU?

Kita sering abai ketika tubuh mengirimkan sinyal tak nyaman dan mulai berkeluh kesah hingga ia berteriak kencang – kencang, barulah kita sadar ada sesuatu yang salah. MCU dilakukan untuk mengetahui lebih dini dan rinci kondisi kesehatan sendiri sehingga dokter bisa melakukan pengobatan dan tindakan yang tepat pada bagian yang dikeluhkan sakit, serta menghindari komplikasi dan berkembangnya penyakit yang dibiarkan karena ketidaktahuan.

medical tourism, biaya berobat di penang, medical check-up di gleneagles penang, medical check-up di penang

Dari warna urine/pipis, lahir banyak informasi seputar kesehatan si empunya pipis

Tapi, kenapa Gleneagles Penang?

Setelah melakukan studi singkat profil beberapa rumah sakit yang sering dikunjungi pejalan medis Indonesia maupun negara lain sebelum berangkat dan setelah MCU langsung di Penang; 3 (tiga) hal berikutlah yang menjadi pertimbangan kenapa memilih MCU di Gleneagles Penang:

  • Pelayanan Profesional dan Ramah

Orang yang bekerja dengan hati riang, akan terpancar lewat lakunya. Ketika Prem memberondong saya dengan pertanyaan saat kami baru bersua di bandara, dia berbicara dengan mata penuh selidik pun terlihat khawatir. Tugasnya menjemput pasien yang harus diantarkan ke tempatnya bekerja, dia pun harus melaporkan ke atasannya/dan atau bagian terkait tugasnya jika pasien yang dijemputnya tak ditemui. Permintaan maaf dan senyum yang kemudian hadir di wajahnya menunjukkan bagaimana dia berdedikasi menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati.

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang – [Amsal 17:22]

Tahu donk membedakan senyum terpaksa dan senyum tulus? Prem TAK SEKADAR PASANG BIBIR MEMBENTUK SENYUM, karenanya usai drama pagi itu, kami akrab berbincang sampai saya tiba di hotel tempat saya menginap.

Kesan pertama: pelayanan di front line – nya saja begini, bagian lainnya pasti sama karena standar operasional prosedur (SOP)-nya seragam.

  • Biaya Murah, Fasilitas Bermutu

Saya tertarik dengan 3 (tiga) paket MCU yang ditawarkan Gleneagles Penang yang tentu saja menjadi pertimbangan pejalan medis memilih Gleneagles Penang sebagai rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan kesehatan:

  • Platinum RM 820
  • GOLD RM 540
  • Silver RM 480

detail lihat pada gambar berikut:

biaya periksa kesehatan di penang, medical check-up gleneagles penang, paket MCU gleneagles penang, medical tourism penang

Sumber: brosur MCU Gleneagles Penang

Jika dirupiahkan, harga – harga paket di atas tak jauh berbeda dengan paket MCU yang ditawarkan rumah sakit dan laboratorium kesehatan di Jakarta bahkan bisa jadi lebih murah. Kalaupun ada yang berbeda lihat poin pertama 😉

Kesan kedua: harga murah dengan fasilitas pelayanan kesehatan berakreditasi internasional, rumah sakitnya dapat dipercaya memberikan pelayanan ramah; menarik bukan?

  • Efisiensi Waktu Karena Antrian Pendek

Selain tak senang dengan suasana rumah sakit, KELAMAAN MENUNGGU membuat orang enggan bertandang ke rumah sakit. Setahun lalu saya banyak berjalan – jalan bahkan menginap berhari – hari di beberapa rumah sakit mengurus dan menemani pasien. Masih segar dalam ingatan bagaimana letihnya berurusan dengan pelayanan di rumah sakit dan bersua muka – muka lelah karena harus menunggu berjam – jam hanya untuk bertemu dokter selama 5 (lima) menit saja.

Di Gleneagles Penang, informasi yang jelas dan jadwal dokter yang pasti karena dokter hanya bertugas di satu rumah sakit membuat sistem pelayanan kesehatannya maksimal. Kalau pun harus menunggu, tak sampai membuatmu membuka bekal makan siang di ruang tunggu.

medical tourism, biaya berobat di penang, medical check-up di gleneagles penang, medical check-up di penang

Apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan untuk MCU di Gleneagles Penang, Lip? 3 (tiga) hal berikut yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan MCU:

  1. Pilih Paket MCU

Seorang kawan pernah mengatakan begini .. “Lip, kalau memilih paket MCU, pilihlah paket paling mahal yang ditawarkan di rumah sakit pilihanmu. Itu pasti paket komplit.” Jadiiiii, saya pun memilih paket MCU Platinum Gleneagles Penang. Tapi .. tetap ya, harus bijaksana. Sediakan waktu untuk membaca dan mengecek poin – poin dalam paket serta jenis pemeriksaan yang ditawarkan apa saja supaya tingkat kepuasanmu terpenuhi sempurna.

  1. Tentukan Waktu dan Buat Janji MCU

Sediakan waktu khusus untuk liburan ehh .. MCU yang cukup nyaman dan tak membuatmu tergesa – gesa ingin kabur. Sebaiknya pilihlah jadwal MCU di pagi hari agar tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup.

medical tourism, biaya berobat di penang, medical check-up di gleneagles penang, medical check-up di penang

Di Gleneagles Penang ada bagian yang disebut International Patients’ Centre yang siap membantu pasien internasional dalam urusan pendaftaran di rumah sakit, rujukan dan janji bersua dokter, penjemputan/pengantaran dari/ke bandara,  dan panduan/bantuan selama di Gleneagles Penang. Yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat adalah menghubungi bagian ini melalui WhatsApp (WA) atau surat elektronik untuk menggali informasi sebanyak – banyaknya terkait perjalanan medismu.

Jika tak mau repot, manfaatkanlah jasa konsultan medis untuk mencarikan informasi dan mengatur jadwal MCU. Karena Juli – Agustus lalu saya sedang giat melakukan perjalanan, saya memanfaatkan jasa TripMedis Indonesia, Perwakilan Gleneagles Penang di Indonesia sebagai Pusat Layanan Pasien Indonesia untuk membuatkan janji MCU di Gleneagles Penang, mencarikan info penginapan di sekitar rumah sakit, dan membantu mengecek jadwal perjalanan ke Penang.

tripmedis indonesia, medical tourism, biaya berobat di penang, medical check-up di gleneagles penang, medical check-up di penang

Untuk semua bantuan itu, saya mengandalkan komunikasi lewat WA dan tak membayar sepeser pun alias GRATIS.

Gleneagles Penang
1, Jalan Pangkor, Pulau Tikus, 10050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Telp : +60 4-222 9111
WA Perwakilan Indonesia: +62 813 8155 5258 (TripMedis – Ibu Merry)
Jam Kerja 08:30 – 04:30

tripmedis indonesia, info dokter di penang, medical tourism, biaya berobat di gleneagles penang, medical check-up di gleneagles penang

Tak mau repot? Hubungi TripMedis saja 😉

  1. Datang Tepat Waktu Saat MCU

Salah satu keuntungan menggunakan jasa TripMedis, mereka jadi mesin pengingat jadwal dan hal – hal yang perlu dipersiapkan sebelum MCU. Sesuai info yang saya terima, pada hari H saya datang ke Health Screening Centre (HSC) Gleneagles Penang 15 menit sebelum jadwal MCU untuk melakukan registrasi ulang dan pemeriksaan kelengkapan data. Petugas di HSC akan menanyakan beberapa hal termasuk memastikan pasien sudah melakukan puasa sejak pk 22.00. Jangan khawatir pada kendala bahasa, petugas di ruang ini bisa berbahasa Indonesia dengan baik lho.

tripmedis indonesia, medical tourism, biaya berobat di penang, medical check-up di gleneagles penang, medical check-up di penang

Jika melihat detail Paket Platimum yang saya pilih, pemeriksaan kesehatan saya meliputi 45 macam pemeriksaan laboratorium terhadap sampel urine dan darah serta pemeriksaan fisik berupa pengukuran kandungan lemak badan, Electroechocardiography (ECG), stress test (treadmill), dan radiologi (rontgen paru – paru dan USG abdomen/perut atas – bawah). Agar nyaman, saat MCU kenakanlah pakaian yang nyaman dan gampang dilepas/dikenakan lagi serta sepatu olah raga.

Setelah menjalani semua pemeriksaan kurang lebih 1,30 jam, setiap pasien MCU akan mendapatkan makanan untuk berbuka puasa. Saya selesai pk 09.30 dan dapat Sandwhich serta Teh Tarik Panas (boleh memilih minuman panas yang tersedia) di ruang HSC. Kalau masih lapar, di lantai dasar ada kafe untuk jajan koq hehe.

medical tourism, biaya berobat di penang, medical check-up di gleneagles penang, medical check-up di penang

Saat membagikan jatah makan, petugas di HSC juga menginformasikan jam berapa pasien harus kembali ke rumah sakit untuk bertemu dokter. Karena saya dijadwalkan bersua dan berkonsultasi dengan dokter pada pk 14.30, waktu luang yang ada saya gunakan untuk berjalan – jalan mencari makanan enak (non halal tentu saja) di hawker sekitar Gleneagles Penang, mumpung belum ada larangan dari dokter tak boleh makan ini, harus mengurangi itu kan? 😉

Kapan hasil MCU bisa diambil, Lip?

Di Gleneagles Penang, tak perlu menunggu semalaman apalagi seminggu untuk mendapatkan hasil MCU. Semua hasil MCU yang dilakukan pada Senin – Jumat pagi, akan selesai pada hari yang sama sehingga tak perlu berlama – lama di Penang. Kecuali, kamu ingin memperpanjang waktu untuk berlibur.

Siang hari saat kembali ke Gleneagles Penang, karena waktunya masih agak lowong, saya manfaatkan untuk berkeliling melihat fasilitas ruang di rumah sakit. Selagi asik lihat sana – sini, petugas dari HSC menelepon dan meminta saya segera kembali ke HSC. Ajaiiiib, seumur – umur berurusan dengan rumah sakit baru kali ini donk ditelepon agar bergegas karena DOKTER ANDA SUDAH MENUNGGU!

biaya berobat ke penang, biaya medical check-up di gleneagles penang, tripmedis indonesia, medical tourism

Ruang baca, pojokan yang nyaris membuat saya berhenti berlama – lama di ruang perawatan anak yang dindingnya dihiasi gambar – gambar kartun.

Apa yang harus dilakukan saat bertemu dokter, Lip?

Hal pertama yang ditanyakan dokter Audrey ketika saya sudah duduk di ruang prakteknya adalah, “Lip kamu mau saya menjelaskan hasil MCU-mu dengan bahasa Melayu, Indonesia atau Inggris?” Di Gleneagles Penang, petugas, perawat, dan dokter memang disyaratkan untuk menguasai bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, dan Melayu. Jadi pasien pun bisa memilih bahasa yang nyaman buat mereka berkomunikasi dengan petugas di rumah sakit tanpa terkendala bahasa.

Untuk beberapa istilah kedokteran, saya lebih senang mendengarkan dengan bahasa Inggris selebihnya kami berkomunikasi dengan bahasa campur aduk Indonesia – Inggris hahaha. Sebelum menjelaskan dengan runut isi rekam medis yang ada di depannya, dokter Audrey juga menanyakan riwayat kesehatan saya dan keluarga. Kenapa pasien perlu memberi tahu riwayat kesehatannya dan dokter harus menyimaknya? Karena dari situ dokter dapat melakukan observasi penyakit yang bisa saja muncul karena bawaan genetik pada diri pasiennya.

Jadi, ketika bersua dokter, katakanlah sejujurnya.

Hasilnya MCU bagus atau jelek, Lip?

Satu hal, beberapa tahun ini setiap berkunjung ke dokter dengan keluhan sakit perut selalu saja didiagnosa salah makan, mag, gastritis, dan kawan – kawannya lalu pulangnya pasti dikasih oleh – oleh obat mag dan kawan – kawannya juga (yang tak pernah saya minum). Tak puas dengan pemeriksaan dokter, empat bulan sebelum ke Penang saya berinisiatif melakukan USG di Parahita. Hasilnya, terdeteksi sesuatu yang tak jelas keberadaannya di dalam tubuh. Oleh dokter radiologi disarankan untuk bersua dengan dokter spesialis kandungan, tapi saat dilakukan USG ulang; ianya tak tampak.

Nah, dari hasil MCU di Gleneagles Penang kemarin, si biang kerok-nya tertangkap basah dan ketahuan tempat ‘ngumpetnya. Usai menjelaskan hasil MCU, keluarlah petuah dokter. Dokter Audrey menekankan untuk mengurangi makanan berlemak termasuk goreng – gorengan (dan nguik nguiiik), memperbanyak asupan sayur dan buah, tak memaksa untuk berobat di Gleneagles Penang; tak pula meresepkan obat – obatan seperti dokter di negeri tercinta. HANYA menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dan dokter mata di Jakarta. Senaaaang 🙂

gleneagles penang, medical tourism, medical tourism destination, biaya berobat di penang

Pemandangan segar dari kamar isolasi, di salah satu lantai perawatan di Gleneagles Penang

Saking senangnya berbincang dengan dokter, ingin rasanya berlama – lama bermain di ruang yang lebih tampak serupa hotel berbintang daripada rumah sakit itu. Tak salah bila Gleneagles Penang memiliki semboyan We are here to serve you and proud to be your HOSPITAL of CHOICE, saleum [oli3ve].

 

Advertisements