Tags

, , , , , , ,


Kekuatan media sosial sebagai kanal menjual diri (brand) telah mendorong kenaikan angka pengguna internet penghobi jalan untuk membangun blog dan membuka akun – akun di jejaring sosial.

Apakah itu cukup untuk menjadikannya eksis yang berkesinambungan?

agustinus wibowo, titik nol

Agustinus Wibowo, Show Don’t Tell bangkitkan imajinasi pembacamu

Setiap orang dapat menjadi penulis perjalanan tanpa perlu pergi jauh bahkan keluar dari rumah. Cukup amati apa yang ada di sekitar rumah, pilih dan pilah bagian mana yang hendak dibagikan dan menginspirasi pembaca. Hal ini diungkapkan oleh Agustinus Wibowo, penulis buku perjalanan Titik Nol, pada Smesco Netizen Vaganza 2015 (SmescoNV) Minggu (27/09/2015) lalu.

Tulisan perjalanan adalah narasi dari sebuah perjalanan yang diolah secara kreatif dengan tujuan untuk menarik dan memainkan imajinasi pembaca. Untuk menghasilkan sebentuk karya cerita nonfiksi kreatif, setiap pejalan (dan penulis) semestinya mengenal dan paham Basic Travel Writing.

Pembukaan adalah bagian yang paling penting yang menentukan langkah pembaca apakah akan meneruskan membaca atau melupakan bacaannya. Karenanya, pemilihan kata yang digunakan harus bisa mengajak pembaca langsung merasakan imajinasi yang ingin disampaikan oleh penulis. Nggak ada orang yang sekali datang ke pelatihan menulis pulangnya langsung menerbitkan sebuah buku. Semua ada prosesnya, semua ada jalannya. Berikan kesempatan kepada dirimu untuk menulis jelek, agar kamu belajar proses menghasilkan tulisan bagus. Berpedomanlah pada unsur penting yang menopang sebuah tulisan kreatif: deskripsi, narasi dan kontemplasi. Fokus dengan apa yang kamu tulis, lihat apa yang ada di sekitarmu, sampaikan fakta, jangan pernah mengabaikan riset, dan berkreasilah.

Sacha Stevenson

Sacha Stevenson, gali kreativitas manfaatkan semua yang ada di sekitarmu

Apa yang disampaikan oleh Agustinus, dipertegas oleh Sacha Stevenson, youtuber yang memperkenalkan tutorial How to Act Indonesian. Sacha berbagi Tips dan Trik Video Blog menceritakan bagaimana proses pembuatan video pertamanya. Video itu direkam di atap rumah kosnya dengan mengandalkan video kamera biasa, memanfaatkan properti yang ada seperti ember, bangku sebagai pengganti tripod, tikar, helm serta senter untuk lighting. Di sini kreatifitas yang bermain. Bagaimana memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita, diramu sedemikian rupa, serta disisipi pesan yang mengundang imajinasi orang yang melihatnya.

SmescoNV adalah salah satu kegiatan yang diprakarsai oleh Smesco Indonesiaย  dengan mengajak netizen berkegiatan di Gedung Smesco, Jakarta agar mengenal lebih dekat tempat yang menjadi Rumah Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain Agustinus Wibowo dan Sacha Stevenson, pemateri lain yang mengisi SmescoNV adalah Raiyani Muhamarah yang berbagi Still Life Photography dan Yeyen Nursjid yang membagikan tips How to Monetize Your Socmed.

smesco, galeri ukm

Lokal Brand Lebih Keren di Galeri UKM

galeri ukm, paviliun papua smesco

Sampai di Papua

Di sela-sela waktu jeda SmescoNV, peserta yang datang dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum berkesempatan untuk menikmati galeri UKM dan melihat langsung ragam karya seni etnik Indonesia dalam satu hari tanpa perlu berkeliling ke semua propinsi. Ingin kopi Gayo, bertandanglah ke paviliun Aceh, mau mengoleksi koteka? berjalanlah ke paviliun Papua dan pilih ulir-ulir yang kamu suka, jatuh cinta dengan sarung Bugis yang warnanya memikat mata? datang langsung aja ke paviliun Sulawesi Selatan atau senang dengan kerajinan tangan dari manik-manik? jangan lewatkan paviliun Kalimantan. Bagi penggemar wastra Nusantara, ada banyak pilihan batik, tenun dan songket yang dapat kamu pilih dan bawa pulang.

Keliling nusantara dalam sehari, bisa! Salah satu bukti tak perlu jauh dari rumah untuk memulai perjalanan bukan? Ingin tahu lebih banyak apa saja yang ada di galeri UKM? Tak perlu menunggu ada kegiatan di Smesco untuk datang berkunjung karena galeri dibuka setiap hari dari pk 10.00 – 21.00 wib.

SMESCO Indonesia
Gedung SME Tower
Jend Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta Selatan 12780
Telp (021) 27535454

galeri ukm smesco, smesco, paviliun lampung

Pengunjung memilih busana di paviliun Lampung

kopi ulee kareng, kopi gayo

Ulee Kareng, langsung dari Aceh

Melihat keseharian penghobi jalan yang merangkap netizen berpengaruh dengan membagikan perjalanan dan mengenalkan potensi wisata Indonesia lewat blog serta media sosial mereka; tidaklah mengherankan jika keberadaan blogger saat ini sangat diperhitungkan oleh para pengusaha yang menggandeng blogger sebagai rekanan media dalam mengenalkan usaha, layanan serta brand (termasuk re-branding produk) mereka.

Apa yang perlu dilakukan oleh seorang netizen adalah kenali panggilan jiwamu, konsisten dengan tujuan, berinteraksi dengan lingkungan dan warga lokal serta tak lupa untuk membaca. Teruslah berjalan dan belajar, pelajaran penting yang didapatkan dari SmescoNV, saleum [oli3ve].

*****

Kunci menulis bagus adalah tak henti belajar menulis, terbuka kesempatan buat belajar nih. Usai SmescoNV, Smesco mengadakan lomba menulis blog dengan tema Lokal Brand Lebih Keren untuk memenangkan laptop, smartphone dan sejumlah uang tunai. Detail lombanya silakan dibaca di gambar berikut:

syarat lomba blog smesco, smesconv