Tags

, , ,


Minggu, 20 Mei 1908 pk 09.00 @STOVIA, Weltevreden
Sekelompok pelajar sekolah kedokteran bumi putera atau bahasa kerennya STOVIA (=School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) diantaranya terlihat Soetomo, Goenawan Mangoenkoesoemo, Goembrek, Saleh, dan Soeleman berkumpul di salah satu ruang kelas. Sama seperti pertemuan² sebelumnya yg sering mereka lakukan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai nasib bangsa; pagi itu Soetomo membakar semangat perjuangan di hati rekan²nya dengan pernyataan bahwa hari depan bangsa dan tanah air ada di tangan mereka.

Dari pertemuan pagi itu, terbentuklah Boedi Utomo organisasi pemuda yg menjadi motor penggerak untuk mempersatukan pemuda berjuang mencapai kemerdekaan Indonesia.

…99 tahun kemudian, Minggu 20 Mei 2007 pk 09.00 @Jogging Track Senayan …
sms masuk tanpa hambatan menyapa pagi, ternyata ada yg lagi kena setrum semangat perjuangan Boedi Utomo ingin bernostalgia ke tempat pertemuan mas Tomo dan kawan².
“ada gak museum kebangkitan nasional secara hari ini hari kebangkitan nasional?”
“ada, tapi gak tahu dimana hehehe”
tahu museum itu ada dan pernah liat liputannya di tipi tapi gak ngeh letaknya. gimana cara dapat jawabannya ? gampang, sms batjuragan dapat deh alamatnya & dalam sejam meluncur ke sasaran.

Hari lahirnya Boedi Utomo hingga saat ini dijadikan sebagai momen untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Tidaklah gampang untuk mempersatukan pemuda² dari beragam suku untuk berjuang bersama namun dipicu oleh keinginan bersama untuk lepas dari penderitaan karena ditindas selama 350th oleh kaum penjajah membuat membakar semangat nasionalisme para pemuda untuk bersama berjuang untuk bangsa Indonesia. Sebagai bukti bersatunya para pemuda dalam pergerakan kemerdekaan adalah tercetusnya Soempah Pemuda 28 Okt 1928 di Indonesische Clubgebouw yg sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda

Dalam satu kesempatan menghadiri salah satu pertemuan yg dipimpin langsung oleh Dr Wahidin Sudirohusodo ketahuan ada juga lho pemuda yg kedapatan suka usil di pertemuan tersebut kalo gak ngisengin temannya, dia suka terkantuk² di bangku belakang hingga kena hukuman disuruh berdiri di depan kelas sampai pertemuan selesai.

Rabu, 20 Mei 2009 …hari ini 101 tahun setelah berdirinya Boedi Utomo semangat itu kembali menggebu² untuk berkunjung ke STOVIA dan Indonesische Clubgebouw. Karena hari ini hari kerja dan besok hari tanggal merah, jadi harus bersabar untuk menunggu hari Sabtu yaaaa ! Selamat Hari Kebangkitan Nasional, Merdeka !!

Jakarta, 20 Mei 2009
Pintong Nyok ! Pintongggg!!!