Martello Tower, Purmerend Island


Benteng Martello (=benteng bundar) dibangun sekitar abad 17 berfungsi sebagai benteng pertahanan dan menara pengawas berbentuk bundar dengan diameter kurang lebih 23 meter, masih terlihat kokoh dan kuat. Di sepanjang dindingnya terdapat lubang² yg menyerupai jendela yg bagian tengahnya berbentuk kerucut mengecil keluar. Di sekitar kepulauan seribu ada 3 bangunan benteng martello yaitu di pulau Bidadari, Kerkhof (= pulau Kelor) dan Onrust.

Mortello, pulau bidadari
Benteng Mortello, Pulau Bidadari

Di pulau Bidadari sendiri, menara Martello berfungsi untuk melindungi pulau-pulau sekitarnya terutama Onrust yang menjadi pusat kegiatan perkapalan Belanda. Sampai saat ini belum ditemukan pintu masuk ke dalam benteng ini, sehingga untuk memudahkan pengunjung pihak pengelola Pulau Bidadari membuat tangga tambahan dari kayu. Pada th 1679 VOC membangun rumah sakit lepra dan menjadikan pulau ini sebagai tempat karantina penderita kusta sehingga pulau ini dikenal juga sebagai Purmerend island atau pulau sakit.

Untuk mencapai pulau Bidadari bisa melalui : Marina Ancol dgn waktu tempuh sekitar 20 menit menggunakan kapal motor, melalui muara Kamal atau muara Angke dengan menumpang perahu sewaan yg biasanya digunakan oleh nelayan.

Purmerend Island, 24 Mei 2008

5 thoughts on “Martello Tower, Purmerend Island

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s