GRATIS dan Praktis! Cetak e-KTP Hilang di Luar Domisili, Sehari Selesai


Pertengahan Maret lalu, e-KTP saya tercecer di penerbangan Denpasar-Jakarta. Seingat saya, kartu itu terakhir kali saya keluarkan dari dompet dan ditunjukkan ke petugas di bandara Ngurah Rai saat pemeriksaan dokumen penerbangan menuju ke boarding room. Setelahnya, e-KTP tidak langsung dimasukkan ke dompet tapi ke saku celana cargo dan baru tersadar kartunya hilang dari saku sesaat sebelum turun dari pesawat di bandara Soekarno Hatta. Walau sudah dicari di sela-sela bangku pun di kolong tempat duduk, kartunya tak ketemu. Terima nasib, e-KTP hilang!

cara mengurus ktp hilang

Karena e-KTP tersebut domisilinya di Bandung, sempat terpikir harus mengatur waktu untuk mengurusnya ke kelurahan sana sementara ada beberapa kegiatan yang tak mungkin ditinggal. Tapi kalau tak segera diurus, nanti untuk urusan lain yang memerlukan e-KTP jadi tersendat. Bila sekadar menunjukkan bukti pindai kartu, aman tersimpan. Gimana kalau diminta menunjukkan wujud e-KTP?

Pentingnya Memiliki Identitas Kependudukan

Setiap warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun WAJIB memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bukti identitas resmi penduduk Indonesia. KTP menjadi dokumen penting yang PASTI diminta ketika hendak membuka rekening di bank, mengurus pembuatan paspor, hendak bepergian dengan moda transportasi publik, dan lain-lain. Teringat dulu, semasih SMA, ketika pertama kali hendak mengurus KTP saya ikut program pendataan penduduk lima tahunan yang dikoordinir RT/RW tiap kelurahan. Kebetulan sekali di masa itu, ayah saya ketua RW di lingkungan tempat tinggal kami sehingga tak pusing dengan urusan pendataan dan pengurusan KTP termasuk proses perekaman gambar yang dilakukan massal di studio foto darurat yang dibuka di pekarangan belakang rumah.

Satu malam, setelah pindah dan mulai bekerja di Jakarta, kos-kosan saya di Bendungan Hilir didatangi Satpol PP dan Polisi. Waktu itu, sedang marak inspeksi mendadak (sidak) dokumen kependudukan warga khususnya pendatang! Biasanya sidak dilakukan menjelang ramadhan, setelah libur lebaran atau tahun baru karena di saat-saat itu mereka yang mudik ke kampung halaman akan pulang dengan mengajak anggota keluarga/kerabat/tetangga ikut merantau dan memenuhi Jakarta yang sudah sesak. Sebagai pendatang yang baik, kami telah melapor ke RT/RW dan mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Musiman, tentu saja protes keras dengan kedatangan para petugas yang seenaknya mau menggeledah kamar di dini hari itu tanpa surat tugas. Puji Tuhan, kami diselamatkan oleh Ibu RW yang datang tergopoh-gopoh ke rumah kos. Beruntung sekali, rumah Ibu RW hanya selisih satu jalan dari rumah kos. Setelah kejadian itu, ketika hendak pindah kos, saya dan seorang kawan memilih indekos di rumah Pak RT agar aman dari gangguan preman.

cetak ektp hilang, mengurus ktp hilang, cetak ektp di luar domisili

Komputerisasai Data Kependudukan

Untuk menghindari duplikasi data kependudukan, pemalsuan KTP, dan menutup peluang kecurangan warga dengan data administrasi kependudukan; pada 2009, pemerintah Indonesia lewat Kementerian Dalam Negeri memulai program KTP elektronik yang berlaku nasional. Komputerisasi data kependudukan lewat KTP elektronik mensyaratkan setiap warga negara Indonesia hanya boleh memiliki 1 (satu) Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas tunggal untuk validasi dan verifikasi data penduduk. NIK berlaku seumur hidup dan menjadi dasar ketika hendak menerbitkan dokumen penting lainnya seperti paspor, Surat Ijin Mengemudi (SIM), berlaku sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) termasuk menerbitkan tiket vaksin Covid-19 hingga pemutakhiran data vaksinasi; pengecekannya dilakukan dengan NIK lewat aplikasi PeduliLindungi.

Mengingat pentingnya e-KTP ini, maka perlu dijaga dengan baik agar tak tercecer. Tapiii, bagaimana jika tak sengaja ketlisut bahkan hilang? Susah tidak mengurus e-KTP yang baru?

Cetak e-KTP hilang di luar domisili SEHARI selesai!

Mencetak e-KTP baru sebagai pengganti kartu yang hilang, tak rumit. Bahkan saat ini BISA dilakukan di luar domisili. Tak perlu lagi repot-repot mudik hanya demi mengurus penggantian kartu ke kelurahan yang jauh di mata. Misal, e-KTP saya diterbitkan di Bandung, hilang dalam perjalanan Denpasar-Jakarta, bisa kok diurus di Jakarta Selatan. Caranya?

cetak ektp hilang_03

  • Mengurus Surat Kehilangan e-KTP dari Kepolisian ketika menyadari e-KTP hilang, syarat yang diperlukan hanya membawa fotokopi e-KTP yang hilang atau menunjukkan bukti pindai kartu yang ada di gawai. Prosesnya cepat dan GRATIS!
  • Mengurus Surat Keterangan dari RT/RW tempat domisili saat ini atau Surat Keterangan Kerja dari kantor yang menyatakan alasan kenapa kamu tidak bisa pulang ke tempat asal untuk mengurus kehilangan e-KTP tersebut.
  • Membawa kedua berkas di atas disertai fotokopi Kartu Keluarga dan e-KTP yang hilang (jika tidak ada, cukup menunjukkan bukti pindai saja) ke kantor Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) terdekat. Karena berdomisili di wilayah Jakarta Selatan, saya tentu saja mendatangi Dukcapil Jakarta Selatan di Kramat Pela.
  • Ikuti alur pengurusan sesuai arahan petugas di lokasi

Saya menyerahkan berkas di atas kepada petugas di Loket 6 Disdukcapil Jakarta Selatan pada Senin (21/03/2022) siang. Esok paginya, terima WA dari Disdukcapil Jakarta Selatan untuk mengambil e-KTP yang sudah selesai dicetak. Cepat benarrrrrr! GRATIS dan Praktis! Perlu diingat, proses pengurusan kehilangan e-KTP CEPAT khusus untuk cetak saja. Jika ada perubahan data, maka kamu harus mengurusnya ke domisili asal!

Kesadaran akan pentingnya e-KTP membuat kita awas ketika benda itu hilang dari dompet. Walau begitu, masih ada saja orang yang baru tersadar kehilangan kartu justru saat dibutuhkan sebagai persyaratan administrasi. Saleum [oli3ve].

One thought on “GRATIS dan Praktis! Cetak e-KTP Hilang di Luar Domisili, Sehari Selesai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s