5 Film Rohani Kristen Penawar Kegalauan

christian film, rekomendasi film rohani yang bagus, film rohani yang wajib ditonton, film rohani kristen

Pandemi Covid-19 yang menjalar sejak awal tahun, menghantam semua sektor kehidupan. Banyak orang menjadi goyah karena kehilangan orang – orang kesayangan, sumber penghasilan, dan harus siap menghadapi tatanan kehidupan baru yang serba tak nyaman.

Ada yang hilang ketika kehidupan sosial dibatasi dan kebiasaaan – kebiasaan yang (dulu) wajar harus diubah dengan berdiam dan berkegiatan di rumah saja. Bahkan keraguan akan penyertaan bahkan keberadaan Tuhan pun mencuat ke permukaan.

Benarkah TUHAN itu ada?
Kalau DIA ada, kenapa (pandemi) ini terjadi?
Apakah dunia segera kiamat?

Yang berusaha tetap bertahan, tentu saja ada. Meski bosan pastilah menghampiri. Siap, tidak siap; kita harus mulai terbiasa dengan pembatasan sosial berskala besar dalam tatanan kehidupan baru. TUHAN tidak akan membiarkan kita melangkah sendiri selama kita juga setia di jalanNYA.

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi. – [Mat 1:5]

Diperlukan stimulas yang sehat agar dapat bertahan dengan pemikiran positif dalam masa pandemi yang entah kapan berakhir agar kehidupan sosial, mental, terlebih rohani dapat terus bertumbuh dengan baik. Menonton film salah satu stimulus yang baik untuk membangun motivasi, mencari inspirasi, terapi kesehatan di samping sarana hiburan untuk mengatasi jenuh di rumah.

5 (lima) film rohani Kristen berikut memiliki pesan kuat tentang iman yang tak goyah walau dalam kondisi sangat sulit sekali pun.

1 – Faith Like Potatoes (2006)
Film drama yang diangkat dari kisah nyata seorang Skotlandia yang lahir di Afrika Selatan, Angus Buchan. Angus (Frank Rautenbach) terlahir dari keluarga petani yang menaruh percaya pada keberhasilan karena usaha dan kerja keras yang dilakukan dengan kekuatan tangannya sendiri. Keadaan memaksa Angus dan keluarganya meninggalkan tanah pertaniannya di Zambia dan memulai satu kehidupan baru di ladang yang baru dibelinya dengan mencoba menanam kentang.

christian film, rekomendasi film rohani yang bagus, film rohani yang wajib ditonton, film rohani kristen

Karakternya yang keras pelan – pelan diubahkan Tuhan lewat mujizat – mujizat yang dialaminya dalam setiap kesulitan yang ditemui di kehidupannya. Angus belajar bahwa iman bertumbuh seperti bibit kentang yang ditimbunnya ke dalam tanah tanpa tahu proses yang terjadi di dalam sana hingga tiba waktunya panen, baru kelihatan wujudnya. Iman adalah pengharapan satu – satunya pada Tuhan yang menggerakkan Angus mengajak Simeon (Hamilton Dhlamini), pembantunya, untuk berdoa memohon hujan turun saat api melahap ladangnya di musim kemarau panjang.

Transformasi besar terjadi dalam kehidupannya ketika Angus dan keluarganya memutuskan untuk menerima Kristus secara pribadi dan berserah total pada tuntunan Tuhan.

2 – The Blind Side (2009)
Diangkat dari kisah nyata kehidupan Michael Oher, atlet football Amerika. Perjuangannya untuk keluar dari trauma sebagai anak yang lahir dari keluarga broken home dan pertemuannya dengan keluarga Tuohy yang membawa perubahan besar dalam hidupnya.

christian film, rekomendasi film rohani yang bagus, film rohani yang wajib ditonton, film rohani kristen

Kasih, kesabaran, dan kepekaan Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock) melihat potensi tersembunyi dari Oher (Quinton Aaron) meyakinkannya untuk membantu Oher bahkan mengangkatnya menjadi anak.

3 – War Room (2015)
Sukses dalam karir tak selamanya menjadi cermin keberhasilan menjalani kehidupan berumah tangga meski dari luar semuanya tampak baik-baik saja. Hal ini berlaku bagi keluarga Tony dan Elizabeth Jordan. Tony (T.C. Stallings) yang egois, angkuh dengan pencapaiannya dan keras kepala; tak menghargai keluarganya. Elizabeth (Priscilla Shirer) yang juga sibuk dengan pekerjaannya sebagai agen penjualan rumah serta hubungan yang tak harmonis dengan Tony pun lebih sering membalas dengan keras kepala sikap Tony. Keseharian mereka diwarnai dengan amarah. Perbincangan sederhana di meja makan bisa berakhir dengan luapan emosi karena masing-masing mengedepankan ego, hingga Danielle (Alena Pitss), puteri semata wayangnya sering pula terkena tempiasan emosi.

christian film, rekomendasi film rohani yang bagus, film rohani yang wajib ditonton, film rohani kristen

Rumah tangga Elizabeth dan Tony mengalami masa suam-suam kuku. Pertemuan Elizabeth dengan Oma Clara (Karen Abercrombie) mengantarkannya pada sebuah perubahan dalam menghadapi persoalan kehidupan. Padanya, Oma Clara berbagi tentang arti berserah, mendoakan dan mengasihi suami yang dibencinya, dan berperang lewat doa untuk melawan iblis yang mengacaukan hidup dan rumah tangganya untuk menyelamatkan perkawinannya. Jika kau menginginkan kemenangan, kau harus menyerah lebih dulu.

War Room bercerita tentang bagaimana karakter seseorang diubahkan lewat doa.

4 – Hacksaw Ridge (2016)
Hacksaw Ridge, film drama perang yang digarap berdasarkan kisah veteran paramedik Amerika semasa perang dunia kedua pada pertempuran Okinawa, Jepang; Desmond T. Doss. Terpanggil untuk mengabdi pada negara, Doss (Andrew Garfield) memutuskan untuk ikut wajib militer. Sebagai pemeluk Advent Hari Ketujuh yang taat, Doss tak ingin menyakiti sesama meski di situasi perang, pantang baginya memegang senjata. Karenanya ia mengajukan diri menjadi tenaga medis.

christian film, rekomendasi film rohani yang bagus, film rohani yang wajib ditonton, film rohani kristen

Doss tak pernah lupa untuk berdoa acap kali hendak melakukan sesuatu. Doss merasa tak ada yang salah dengan apa yang diyakininya. Apa yang dia lakukan pun tak merugikan orang lain, tapi bagi orang di sekelilingnya Doss adalah orang yang bermasalah. Doss rela dimasukkan ke dalam sel, yang membuat dirinya sendiri mengalami perang bathin terlebih karena hari dirinya disel adalah hari pernikahannya. Ia rela dipenjara demi mempertahankan imannya.

Sejarah mencatat, pertempuran Okinawa adalah salah satu pertempuran hebat semasa Perang Pasifik. Panggilan jiwanya untuk menolong sesama, membuat Doss memutuskan tinggal di atas bukit meski dirinya memiliki kesempatan untuk menyelamatkan diri sendiri. Selama 12 jam ia berlari dan menarik tubuh – tubuh yang terluka, memberi pertolongan pertama lalu menurunkan mereka ke lembah dengan seutas tambang, sendirian!

5 – Overcomer (2019)
John Harrison (Alex Kendrick) adalah pelatih basket di sebuah SMA yang bertekad membawa tim-nya menjadi juara dalam kompetisi ketika keadaan ekonomi memaksa anggota tim-nya ikut orang tua mereka pindah ke kota lain karena pabrik tempat sebagian besar warga kota itu mencari nafkah, tutup. Agar tetap memiliki kegiatan, kepala sekolah memberi John tugas baru untuk melatih atlit lari lintas alam. Pekerjaan baru yang tak disenangi dan membuatnya stres sehingga sering timbul riak – riak di keluarganya.

Meski setengah hati, John akhirnya melatih Hannah Scott (Aryn Wright Thompson), satu – satunya siswa di sekolah yang tertarik untuk ikut olah raga lintas alam dan mempersiapkannya untuk ikut kompetisi. Hannah memiliki persoalannya sendiri tinggal bersama nenek yang merawatnya sedari kecil juga dalam mencari jati dirinya.

overcomer, christian film, rekomendasi film rohani yang bagus, film rohani yang wajib ditonton, film rohani kristen

Selama masih hidup, setiap manusia tak lepas dari masalah. Yang membedakan adalah bagaimana cara kita melihat dan menempatkan masalah itu. Perubahan – perubahan besar terjadi ketika John melibatkan Tuhan dilibatkan dalam menyelesaikan persolannya. Dan Hannah, menemukan jawaban atas pertanyaan siapakah dirinya ketika membaca Efesus.

Ditulis untuk Buletin Oikoumene Persekutuan Gereja – gereja di Indonesia, dibagikan di sini sebagai dokumentasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s