Tags

, , , , ,


Semua orang pasti inginnya SEHAT. Namun, tak setiap orang mau (dan berusaha) menjaga agar diri bisa terhindar dari SAKIT. Pun yang sudah telaten hidup sehat tetap saja ada yang mendadak ambruk. Faktor resiko di luar tubuh, yang tak bisa kita kontrol sepenuhnya seperti lingkungan yang tak sehat, polusi udara, makanan/minuman mengandung toksin yang tak sengaja dikonsumsi, dan lain sebagainya; memicu timbulnya penyakit.

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

Saya teringat seorang kawan baik yang pola hidupnya sungguh sehat. Ia menjauhi junk food, tak suka makan makanan instan, lebih senang mengolah makanannya sendiri, dan memiliki jadwal berolah raga di antara waktu sibuknya. Pada kawan – kawannya, dirinya tak pernah lupa mengingatkan dan mengajak untuk selalu menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Satu hari, tubuhnya protes. Ia ambruk. Badannya melemah. Penyakit mematikan diam – diam telah bersarang di dalam tubuhnya. Tak lama, dia pergi. Pada satu kesempatan saat menemaninya beristirahat di rumah sakit, ia banyak bercerita tentang hidup sehat yang dijalaninya juga berpesan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara berkala. Jangan abai ya, Lip!

Di saat usia makin bertambah banyak, saya mengingat baik – baik pesan terakhir sang kawan dan menjadikannya pemantik untuk melakukan health screening/medical check up (MCU) secara rutin. Kegiatan yang sebelumnya dilakukan dua tahun sekali – bahkan kadang terlupa – mulai diniatkan rutin dilakukan sekali setahun.

Minggu lalu saya kembali ke Gleneagles Penang, rumah sakit tempat melakukan MCU dalam dua tahun terakhir ini. MCU koq jauh – jauh sampai ke Gleneagles Penang, Lip? Tanya seorang kawan di satu WA grup ketika tahu saya lagi di mana. Tentang pilihan itu, tahun lalu saya memutuskan ke Gleneagles Penang berdasarkan pertimbangan Profesional Pelayanan, Biaya yang Murah, dan Efisiensi Waktu. Detailnya saya ulas dalam MCU di Gleneagles Penang, Murah, dan Nyaman.

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

Beberapa tanya lain yang bermunculan seputar MCU dan cara berobat ke Penang adalah ribet nggak sih mengurus persiapan MCU ke Penang? Butuh berapa hari jika ingin MCU di Penang? Bukannya Gleneagles mahal, ya? Kenapa memilih ke situ, bukan ke rumah sakit A, B, atau C? Kalau harus menginap, tinggalnya di mana?

Ketika hendak mengerjakan sesuatu pastilah ada tahapan – tahapan dan prosedur yang harus dijalani terlebih ketika berhubungan dengan pihak lain apalagi organisasi besar seperti rumah sakit. Dari pengalaman lalu, saya memercayakan pengecekan jadwal dokter dan pengurusan pendaftaran MCU di Gleneagles Penang ke TripMedis Indonesia karena senang dengan pelayanannya yang baik. Cukup dengan menginformasikan kapan rencana MCU juga rencana konsul dengan dokter mata sehingga TripMedis bisa membantu mengecek jadwal dokter, ketersediaan slot, dan pengaturan waktu pada hari yang sama.

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

Boleh gak saya datang langsung ke Gleneagles Penang?

Boleh saja. Jika ingin mengurus sendiri melalui International Patients’ Centre (IPC) Gleneagles Penang. Tapi perlu diketahui, setiap hari Gleneagles Penang membatasi layanan MCU – pasien lokal dan internasional – HANYA untuk 50 pasien/hari. Slot tersebut sudah mulai diisi calon pasien yang melakukan pendaftaran jauh – jauh hari. Jadi, mau daftar sendiri atau lewat TripMedis; baiknya mendaftarlah 2 (dua) minggu sebelumnya dan minta jadwal pagi. Pula penting untuk diingat, jika sudah mendapatkan kepastian jadwal MCU, JANGANlah lupa membeli tiket penerbangan ke Penang! Kabarkan kepada TripMedis untuk pengaturan penjemputan ke/dari rumah sakit dari/ke bandara.

Untuk semua kebaikan dan bantuan itu, TripMedis TIDAK memungut biaya sepeser pun! GRATISSSS!!

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

Di hari MCU saya datang ke Health Screening Centre (HSC) Gleneagles Penang pk 07.45, lima belas menit lebih awal dari jadwal MCU dan mengantre untuk registrasi ulang. Di ruang tunggu HSC pagi itu sudah ada 12 (dua belas) orang pasien Indonesia yang datang duluan. Setelah proses registrasi, duduklah dengan sabar menunggu nama dipanggil perawat sesuai tahapan pemeriksaan; dimulai dari pengambilan sampel darah hingga stress test selesai.

Oh, ya satu hal yang perlu diingat baik – baik, untuk perempuan yang sedang DATANG BULAN terlebih ibu HAMIL, sebelum MCU sampaikan pada petugas di HSC kondisinya agar perawat dapat memerhatikan proses MCU dan menghindari resiko.

Usai MCU setiap pasien mendapatkan camilan berupa biskuit dan jus untuk membatalkan puasa serta voucher makan untuk ditukarkan di Coffee Bean, di lobi Gleneagles Penang. Pk 12.00 setelah nyamil di Coffee Bean, saya kembali ke HSC bertemu dokter Leaynn dan konsul hasil MCU. CEPAT, Lip? Iyesss .. karena MCU di Gleneagles Penang yang dilakukan pada Senin – Jumat pagi, kelar dalam SATU HARI saja! Kalau dihitung – hitung saya kemarin 5 (lima) jam sudah selesai MCU termasuk kelar konsultasi dan ngobrol dengan dokter. Karenanya, mendaftarlah jauh – jauh hari dan jangan berlambat – lambat datang ke rumah sakit.

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

Tak sedikit orang yang berpikir bahwa memeriksakan kesehatan secara rutin HANYA perlu dilakukan oleh mereka yang usianya sudah setengah abad ke atas. Yang masih muda, terlihat segar; nanti – nanti saja. Eh, jangan salah! Justru yang muda – muda karena merasa masih dalam masa pertumbuhan, sering tak peduli pada pola makan dan gaya hidupnya. Mulailah memeriksakan kesehatan sejak usia 18 tahun, dilakukan satu atau dua tahun sekali. Jika sudah 40 tahun ke atas, baiknya dilakukan sekali setahun. Sedang bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu, dokter menyarankan untuk melakukan pemeriksaan berkala dua kali setahun.

Manfaat MCU rutin adalah kita bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh bagian dalam yang dari luar tampak baik – baik saja. Puji Tuhan, hasil screening bagus meski angka low density lipoprotein (LDL)/kolesterol jahat sedikit melunjak akibat tak bisa menahan diri ketika melihat pork belly dan kawan – kawannya ha ha ha.

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

Tahun lalu, dokter curiga dengan munculnya angka – angka tak wajar pada hasil pengecekan sel darah merah. Kemarin, hasil MCU lalu dan yang  baru disandingkan dan dicek dengan baik; angka aneh tahun lalu itu sudah kembali ke posisi waras. Diapain, Lip? Hanya mengikuti saran dokter untuk menjaga pola makan, mengurangi begadang, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan jiwa.

Gleneagles Penang
1, Jalan Pangkor, Pulau Tikus, 10050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Telp : +60 4-222 9111
WA Perwakilan Indonesia: +62 813 8155 5258 (TripMedis – Ibu Merry)
Jam Kerja pk 08:30 – pk 16:30

Kemarin, dokter Leaynn pun mengingatkan untuk menjaga agar angka kolesterol jahat tidak terus – terus naik apalagi sampai melewati batas kewajaran! Enjoy Penang’s Food, Lip! But .. pulang ke Jakarta DIET LEMAK, giat berOLAH RAGA sedapat – dapatnya TIGA kali seminggu, dan JANGAN lupa MCU rutin tiap tahun! Pula diingatkan segera bersua dokter mata untuk konsultasi masalah penglihatan yang sering dirasa tak nyaman.

Gimana dengan biaya MCU di Gleneagles Penang, Lip?

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

medical check up di gleneagles penang, berobat ke penang, berobat ke gleneagles, biaya berobat ke penang

Gleneagles Penang menawarkan 2 (dua) paket MCU: Platinum RM880 dan Gold RM680. Ada sedikit kenaikan harga dari tahun lalu dengan penambahan pemeriksaan pada masing – masing paket. Dan, ada biaya tersendiri untuk pengecekan tambahan di luar yang ditanggung dalam paket MCU. Seperti biasa, saya memilih paket yang lebih komplit plus penambahan konsultasi ke dokter mata. Pembayaran dilakukan usai konsultasi dengan dokter, barulah hasil MCU diserahkan oleh petugas HSC.

Saran dari saya, penting untuk memerhatikan lokasi dan jarak tempat tinggal ke rumah sakit jika ingin berlama – lama di Penang sebelum/sesudah MCU. Mengingat di hari MCU saya juga ada jadwal bersua dengan Dato’ Dr. Lai Yoon Kee untuk konsul mata, saya memilih tinggal di Vouk Hotel Suites – ulasannya menyusul ya – yang jaraknya hanya sepelemparan batu dari Gleneagles Penang.

dokter mata gleneagles penang, berobat ke penang, biaya medical check up di gleneagles penang

Usai cek mata dengan Dato’ Dr. Lai Yoon Kee, dokter mata di Gleneagles Penang

Pilihan yang tepat karena ternyata usai konsul mata, penglihatan buram dan sensitif terhadap cahaya. Ketidaknyamanan yang berlangsung beberapa jam, efek dari obat tetes mata yang dipakai saat pemeriksaan dan hal itu sudah dijelaskan oleh perawat sebelum dirinya meneteskan obat ke kedua mata. Untunglah hotel dekat, sehingga sepulang dari Gleneagles Penang bisa jalan pelan – pelan sambil nunduk – nunduk menghindari paparan matahari. Saleum [oli3ve].