Tags

, , ,


Kellie’s Castle disebut – sebut oleh perkumpulan paranormal dunia sebagai tempat kedua paling menyeramkan di Malaysia. Benar nggak sih?

Penasaran, dalam perjalanan menuju Ipoh pertengahan Juni lalu, saya mampir untuk membuktikan informasi yang bertebaran di dunia maya mengenai tempat – tempat kesenangan makhluk dari alam lain menampakkan diri di Kellie’s Castle.

kellie's castle. wow perak, wow ramadan, visit perak 2017, william kellie smith

Yuk, yang mau cari hantu sini 😉

William Kellie Smith died of pneumonia in Lisbon, Portugal and was buried in the British Cemetery. Nevertheless, it is said that his spirit roams at night, especially along the coridors, guarding his great mansion.

Jeng .. jeeeeeng! Serius ini dikasih pengumuman tempat berhantunya?

Geli banget membaca tulisan yang dipajang di dinding tangga menuju lantai dua Kelli’s Castle di atas. Selain balkon, katanya, di beberapa bagian rumah ini sering terlihat penampakan. Cerita itu bertebaran di dunia maya, dituliskan di catatan – catatan perjalanan mereka yang pernah berkunjung ke Kellie’s Castle. Apakah mereka pernah melihatnya langsung? Wallahu a’lam.

kellie's castle. wow perak, wow ramadan, visit perak 2017, william kellie smith

Kellie’s Castle, rumah besar yang dibangun William Kellie Smith – saya lebih senang memanggilnya Opa Kellie -, pengusaha perkebunan berkebangsaan Skotlandia pada 1915 untuk ditempati bersama keluarganya di Batu Gajah, Malaysia. Rumah yang dibangun di depan Kellas House, rumah pertama keluarga Smith yang telah berdiri hampir satu dasawarsa di pinggir sungai Kinta.

Terbiasa dengan udara dingin di negerinya, tinggal di negara tropis membuat Oma Agnes, istri Opa Kellie, selalu kegerahan. Oma Agnes menginginkan mereka bisa menempati sebuah rumah berlangit – langit lebih tinggi dengan jendela – jendela jenjangnya yang lebar agar udara bebas berkeliaran, keluar masuk setiap ruangan di dalam rumah. Kamar tidur keluarga berada di lantai satu. Semua kamar dilengkapi tangga darurat untuk menyelamatkan diri jika terjadi bahaya.

kellie's castle. wow perak, wow ramadan, visit perak 2017, william kellie smith

Bayangin duluu di pekarangan belakang ini di akhir pekan ada pesta kebun

Untuk naik turun, selain menggunakan tangga berubin terakota yang menghubungkan setiap lantai; Kellie’s Castle juga dilengkapi lift – meski lift ini tak terpasang sampai hari ini – agar betis tak kenyal dan kaki tak pegal – pegal. Kalau saja lift di rumah ini terpasang, maka Kellie’s Castle akan tercatat dalam sejarah sebagai rumah pertama di Malaysia pada awal abad 20 yang memiliki lift!

kellie's castle. wow perak, wow ramadan, visit perak 2017, william kellie smith

Harusnya ini jadi tempat naik turun lift

Kellie’s Castle adalah rumah cinta yang diperuntukkan bagi kekasih jiwa, karenanya rancangan dan pengerjaanya dipersiapkan dengan sebaik – baiknya. Opa Kellie mendatangkan 70 (tujuh puluh) orang tukang dari Madras (sekarang Chennai), India. Ubinnya diimport dari Italia, kusen pintu dan jendela menggunakan kayu chenang, tembok dan dindingnya terbuat dari adukan putih telur, pasir, kapur, gula merah, dan madu.

Sayang, Oma Agnes tak pernah menempati rumah idamannya ini. Meski penyelesaian Kellie’s Castle tersendat karena kendala keuangan, kepergian Opa Kellie’s secara mendadak pada 1926-lah yang memberi andil besar Oma Agnes memutuskan membawa anak – anaknya pulang ke negerinya.

kellie's castle. wow perak, wow ramadan, visit perak 2017, william kellie smith

Kira – kira berapa ton putih telur, gula merah, dan madu yang digunakan untuk merekatkan rumah ini?

Jauuuuh sebelum Oma Agnes merindukan Kellie’s Castle, seorang perempuan lain bernama Anna menjejak di Malaya bersama kekasih jiwanya. Mereka memilih untuk menetap di Penang setengah abad sebelum Opa Kellie membangun Kellie’s Castle. Tak sampai setahun, Thomas, suami Anna, meninggal dan Anna harus berjuang membesarkan anak – anak mereka. Anna meninggal pada awal 1915, tahun dimana Kellie’s Castle mulai dibangun.

Hampir seabad berlalu, Anna kembali ke Malaysia. Ia datang ke Kellie’s Castle tuk menceritakan cerita perjalanannya. Cerita itu direkam dalam sebuah karya film, Anna and The King. Sebuah kisah perjalanan yang menarik dari seorang penulis perempuan Inggris, Anna Leonowens semasa menjadi guru bagi anak – anak Raja Mongkut di Siam (sekarang Thailand) yang shooting-nya memang dilakukan di Malaysia pada 1999.

kellie's castle. wow perak, wow ramadan, visit perak 2017, william kellie smith

Tangga ini kira – kira tembus kemana ya?

kellie's castle. wow perak, wow ramadan, visit perak 2017, william kellie smith

Gerbang belakang Kellie’s Castle

Jadi, benarkah di Kellie’s Castle sering ada penampakan?

Logikanya gini. Pertama, jika satu ruang diabaikan dan berlama – lama dibiarkan tak tersentuh; tunggu saja dan lihat pasti ruang itu akan diklaim oleh penghuni lain yang bukan pemiliknya. Kedua, jika suatu tempat dianggap seram; tentu saja pemilik/pengelolanya tak akan terang – terangan memberikan keterangan tempat itu berhantu!

Kenapa? Hantu juga punya perasaan kali, mereka tak akan menampakkan diri jika dirasa tak perlu. Kalau kamu penasaran untuk tahu lebih banyak tentang Kellie’s Castle, sebaiknya datang sendirilah ke Perak, saleum [oli3ve].

Advertisements