Tags

, , ,


Menyiapkan generasi muda menjadi pemimpin masa depan harus dimulai dari sekarang dengan melibatkan mereka dalam diskusi rancangan masa depan serta mengajak mereka ikut memikirkan solusi bagi permasalahan yang mungkin saja muncul dari penerapan rancangan yang dibuat saat ini. Karenanya generasi muda harus diberi ruang dan kesempatan untuk berkreasi, membekali diri dengan keterampilan dan keahlian serta memiliki pola pikir yang mumpuni.

auya 2017, fabulous melaka, famosa melaka, bastion

Pada pembukaan konferensi Asia Urban Youth Assembly (AUYA) 2017 yang berlangsung di Hotel Hatten, Melaka 25 Maret 2017 lalu; Wakil Perdana Menteri Malaysia YAB Datuk Sri Utama Dr. Ahmad Zahid bin Hamidi dengan gamblang mengungkapkan langkah konkrit pemerintah Malaysia menyiapkan generasi mudanya menuju era transformasi nasional 2050 (NT2050). Beliau menguraikan 3 (tiga) tren permasalahan yang akan menjadi tantangan di masa datang yang perlu disadari dan diantisipasi generasi muda dari sekarang:

Kesenjangan Sosial
Kesenjangan sosial melebar ketika populasi penduduk di satu negara didominasi generasi muda yang tingkat pendidikannya rendah. Hal ini perlu diwaspadai mengingat angka populasi penduduk diperkirakan akan melonjak dari 7.3 hingga 8.8 milyar pada 2036. Pertambahan ini akan berdampak positif ataukah menjadi bencana pada kemajuan ekonomi di satu negara tergantung tingkat pendidikan masyarakat serta  kesigapan pemerintahnya menyiapkan infrastruktur di bidang pendidikan dan sektor pendukungnya.

Tantangan Ekonomi Global
Terjadinya pergeseran ekonomi global disebabkan menurunnya daya beli dari negara – negara yang berhasil pulih dari krisis ekonomi pada 2008, perlahan bangkit untuk melunasi dan mengembalikan dana pinjamannya. Kondisi ini berdampak pada menyempitnya lahan kerja sementara persaingan generasi muda dalam mencari kerja meningkat.

Perubahan Iklim dan Isu Kesehatan
Permasalahan ketiga muncul akibat perubahan habitat serta lingkungan yang ekstrim yang berdampak pada tingkat stres tak hanya pada manusia tapi juga tanah, air, udara, dan unsur lingkungan lainnya. Perubahan iklim ini akan memunculkan masalah – masalah baru dalam bidang kesehatan yang harus dipikirkan cara penanggulannya.

melaka, fabulous melaka, sembang teh tarik, auya2017

Pembukaan AUYA 2017

Konferensi AUYA 2017 mengangkat tema Youth Roles Towards New Urban Agenda – Taking Action for Innovative, Socially Minded terselenggara atas kerja sama pemerintah Melaka dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia, UNHabitat, World Assembly of Youth dan Melaka Historic City Council diikuti kurang lebih 300 peserta yang berasal dari 34 negara di Asia dan Afrika. 

Penetapan Melaka sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi AUYA 2017 berdasar pada pertimbangan keberhasilan Melaka menciptakan peluang dalam mengelola pariwisatanya dengan tetap mempertahankan kearifan lokal dan merawat peninggalan sejarah kotanya, saleum [oli3ve].

Advertisements