Tags

, , ,


Lelaki tengah baya itu terlihat asik bermain dengan tang, paku, dan seutas kawat di tangannya. Tak sedikit pun terganggu dengan langkah banyak orang yang datang berdiri melingkar di belakangnya, menantinya berpaling dari keasikannya itu.

master of lion dance, master siow, rentak selangor, tari barongsai

Siow Ho Phiew, usianya sudah melewati angka 60. Ia akrab disapa Master Siow – nama itu tertulis di belakang kaos kuning yang dikenakannya siang itu – akhirnya tersadar akan keberadaan orang lain di dalam ruang kerjanya. Diletakkannya perkakas yang sedari tadi digenggamnya, memutar badan lalu menempelkan pantat di ujung meja sebelum mulai bercerita. Ia berhemat bercakap Melayu, lebih banyak bertutur dengan bahasa Mandarin. Ia banyak berbagi kisah menarik hingga yang menggelikan yang berhasil mengalihkan konsentrasi dari hawa panas karena kipas angin besar yang bergelantungan di dinding tak sanggup lagi menyejukkan ruang yang kami sesaki.

Agar tertempias angin, saya undur sedikit mendekati perempuan yang tengah duduk menghias kepala barongsai di samping kaki saya dengan pita. Sesekali dia menyibak rambut di kepala barongsai, mencucuk kulitnya dengan jarum panjang dan tebal yang lubangnya disematkan pita putih, menarik, dan mengikatkan pitanya erat – erat.

Master Siow dikenal sebagai The Master of Lion Dance. Namanya tak asing di lingkup  per-barongsai-an (istilah apa ini :)). Seorang mentor tari barongsai – dirinya master of kung fu lhoo – , artisan, dan produsen kepala barongsai serta perlengkapan tari barongsai.

Tak serupa dengan rangka kepala barongsai buatan Cina yang terbuat dari bambu dan terbilang mahal jika harus dipesan langsung ke Negeri Tirai Bambu, Master Siow memilih untuk membuat sendiri kepala barongsai sesuai seleranya. Untuk rangka, digantinya bambu dengan rotan agar kuat dan tahan lama. Setelah rangka selesai, baru akan dilapisi dengan kertas dan kain, diberi corak dengan cat berwarna – warni serta ditambahkan pernak – pernik lainnya.

master of lion dance, master siow, rentak selangor, tari barongsai

master of lion dance, master siow, rentak selangor, tari barongsai

Ruang kerja Master Siow dan para artisannya berbentuk persegi panjang. Bagian tengahnya dijadikan ruang berlalu – lalang, sedang pada kiri kanannya diisi dengan rak – rak besi yang digunakan untuk menyimpan kerangka hingga kepala barongsai yang sudah jadi, termasuk perkakas dan peralatan kerja mereka. Master Siow tak bekerja sendiri. Ia dibantu oleh anggota keluarga serta teman yang memiliki panggilan jiwa yang sama. Selain menyediakan perlengkapan untuk tari barongsai, ia juga memiliki kelompok barongsai sendiri.

Kecintaannya pada kesenian barongsai membuat Master Siow memutuskan untuk mendirikan Wan Seng Hang (WSH) Dragon & Lion Arts pada 1986. Berkat kerja keras, usahanya lama – lama menjadi terkenal dan maju. Ia kerap mendapat undangan untuk menjadi mentor tari barongsai atau juri di perlombaan – perlombaan tari barongsai di mancanegara. Begitu pula dengan kelompok tari barongsainya yang sering beratraksi di berbagai tempat. Di luar perlengkapan tari barongsai, dalam setahun WSH dapat menghasilkan 500 kepala barongsai. Produk dari WSH ini tak hanya dipasarkan di Malaysia tapi sudah merambah hingga ke mancanegara.

master of lion dance, master siow, rentak selangor, tari barongsai

Master Siow

Siang itu Master Siow juga menjelaskan alat – alat musik yang mengiringi tarian barongsai tak sekadar dibunyikan. Tambur tak asal pukul, cymbal tak sekadar didengungkan. Ada birama yang harus diperhatikan. Ia pun menambahkan, mereka yang kepekaan rasanya lebih tajam pasti akan menghasilkan bunyi yang enak ditangkap kuping meski dia – mungkin – asal pukul saja.

Tari barongsai adalah sebuah pertunjukan yang dipercayai membawa keberuntungan. Ia biasa dimainkan pada perayaan Imlek serta acara – acara syukuran warga Tionghoa seperti pembukaan tempat usaha atau pun rumah ibadah (kelenteng). Setelah mendengar tuturan Master Siow, saya baru tahu ternyata tari barongsai ada dua macam. Yang sering saya lihat adalah tari barongsai yang memiliki keterkaitan dengan kung fu. Coba saja perhatikan gerakan – gerakan dari para penarinya. Barongsainya bisa melakukan lompatan jauh dan tinggi, berputar, serta memanjat pada tiang – tiang besi yang tinggi rendahnya saling silang.

master of lion dance, master siow, rentak selangor, tari barongsai

Sebelum beranjak ke hotel, kami beroleh kesempatan untuk melihat atraksi penari barongsai asuhan Master Siow di sebuah tanah lapang di seberang WSH, saleum [oli3ve].

Advertisements