Tags

, , , ,


Kangen?
Ko Acia?
Mantan, pacar atau calon, Lip?

Keseringan main – main di tempat sepi, membuat banyak orang selalu penasaran siapa saja yang bersua, bergaul terlebih yang dekat – dekat dengan Tukang Kuburan. Termasuk kamu kan? Setiap kali ada nama lawan jenis yang sengaja atau tak sengaja tercetus; pasti deh pada kasak – kusuk. Saya berkenalan dengan Ko Acia ditemani dua kawan sepulang ibadah di Minggu lalu. Perkenalan yang disebabkan termakan rayuan promosi dari media sosial. Buang jauh – jauh imajinasimu akan biro jodoh meski Ko Acia punya usaha biro jasa; yang diurusnya STNK dan SIM.

Es Campur Ko Acia, Es Campur Mangga Besar, Es Campur Enak, Es Campur di Jakarta

Es Campur Ko Acia, sejak 1980

Ko Acia membuka usaha di daerah Mangga Besar, Jakarta Pusat. Sangat mudah untuk dijangkau dengan kendaraan umum TransJakarta maupun pribadi meski kemarin sempat bertanya pada mas – mas yang lagi bersih – bersih jalan di depan Rumah Sakit Husada agar yakin tak salah jalan. Tapi rupanya mas – mas itu belum pernah bersua Ko Acia, dengar namanya saja ia asing. Padahal mereka hanya terpisah jarak tak lebih dari 10 langkah panjang – panjang orang dewasa. Beruntunglah kami saat masuk ke jalan kecil di seberang rumah sakit, plat seng dengan tulisan berwarna merah menyala yang disampirkan di batang pohon sebagai penanda kedai langsung terlihat dari jauh.

Makin dekat ke kedainya, semakin deg – degan, semoga saja tak ada yang mengenali muka saya di tempat ini. Kedai itu tak luas. Hanya ada sebuah meja kecil yang sedikit rapat ke dinding dengan tiga bangku kayu yang tak terlalu panjang diletakkan di dekatnya. Bila diduduki berdempetan, hanya bisa muat untuk 9 (sembilan) orang dengan panggul berukuran sedang saja. Di depannya disisakan ruang kecil untuk berlalu – lalang pelanggan yang usai menikmati jasanya serta buat asistennya mondar – mandir mengangkat piring dan gelas kotor untuk dibersihkan di belakang kedai.

Es Campur Ko Acia, Es Campur Mangga Besar, Es Campur Enak, Es Campur di Jakarta

Es Campur Ko Acia yang ngangenin

Petang itu, kedai Ko Acia lengang. Hanya ada seorang lelaki muda yang duduk – duduk sendiri asik dengan handphone di tangan. Tak lama, sebuah mobil sedan berhenti dan parkir di depan kedai. Sepasang muda – mudi turun dan melangkah ke dalam kedai dengan muka plangak – plongok. Dari lagak lakunya, mereka juga pelanggan yang baru muncul di kedai itu. Semua yang masuk ke dalam kedai berparas oriental, jadilah kami bertiga yang berwajah dan kulit eksotik menjadi pusat perhatian.

Campur tiga, Ko.”
Eee … gw kacang merah aja deh.”
Encik yang berdiri di belakang Ko Acia nyamber,”Campur juga ada kacang merahnya koq.”
Ko Acia diam saja, tak sepatah kata pun keluar dari bibirnya. Tangan kirinya bergegas mengambil mangkuk, sedang tangan kanan mengepit sendok melamin besar.
Yaudah, gw campur juga.”

Kami duduk berbagi bangku panjang di luar kedai, di depan gerobak Ko Acia sehingga leluasa melihatnya menyiapkan permintaan kami. Bila  tak salah menghitung, ada 7 (tujuh) wadah plastik ukuran besar dan kecil yang berisi bermacam makanan serupa agar berwarna – warni. Setelah diperhatikan dari dekat ternyata isinya ada cincau, agar – agar, cendol, selasih, puding, potongan kelapa muda dan leci. Ada pula panci sedang berisi bubur kacang hijau, bubur kacang merah, air gula merah serta santan. Lalu di pinggir – pinggirnya ada botol – botol plastik kecil berisi susu kental manis, air gula, dan sirup.

Es Campur Ko Acia, Es Campur Mangga Besar, Es Campur Enak, Es Campur di Jakarta

Mas – mas dari Qatar aja nyari Ko Acia

Selama menyiapkan pesanan tak sekali pun Ko Acia buka mulut. Mukanya sangat serius, tarikan senyumnya saja sangat langka. Tapi sajian yang diramu dari tangannya telah membuat saya jatuh hati dan kangen Es Campur Ko Acia. Meski petang itu perut masih padat usai diisi dengan Ayam Gulung, Kangkung Hot Plate dan Gurame Asam Manis yang seporsinya banyak beneeeeer walau dimakan berempat; masih ada ruang untuk menuangkan semangkuk Es Campur Ko Acia yang nikmatnya keterlaluan ini.

Es Campur Ko Acia
Jl Dwiwarna Raya (seberang Rumah Sakit Husada)
sebelum Sekolah Santo Yoseph
Mangga Besar, Jakarta Pusat
HP 0822-13557-9961 atau 0856-1128-296

Selain Es Campur, ada 31 menu lainnya yang bisa kamu pilih untuk dinikmati. Bila kamu penasaran ingin berkenalan dengan Ko Acia, dengan menggunakan TransJakarta koridor satu jurusan Blok M – Kota; berhentilah di halte Olimo dan berjalan ke kanan, ke arah hotel Mercure sampai bertemu mulut Jl Mangga Besar Raya. Berjalanlah sedikit saja ke jalan itu hingga bersua Indomaret, nanti kamu akan menjumpai angkot – angkot yang putar haluan. Naiklah angkot itu dan minta diturunkan di depan Rumah Sakit Husada. Jangan lupa, sampaikan salam saya pada Ko Acia bila kamu mampir di kedainya. Setelah bersua dan kamu pun kangen Ko Acia, ajaklah saya bersamamu, saleum [oli3ve].