Tags

, , , , , ,


Setelah sejam perjalanan yang disi dengan tidur-tidur ayam dari Kuala Lumpur, bus yang kami tumpangi mulai mengelindingkan roda-rodanya dari jalan beraspal yang lebar ke jalan perkebunan yang menyempit. Hamparan kebun teh di kanan jalan dengan rumah-rumah perkebunan berdinding putih dengan daun pintu dan jendelanya yang hijau pupus berdiri jarang-jarang di sisi kiri menyapa siang itu. Di depan sebuah bangunan, bus melambatkan lajunya sebelum berhenti.

Tan Chong Wee, BOH Tea Plantation, BOH tea, teh hitam, black tea plantation

Tan Chong Wee, sang manajer

Kami turun satu-satu disambut Tan Chong Wee yang bersegera mengajak kami melangkah ke salah satu bangunan di sana. Di depan pintu, sebelum jauh melangkah ke dalam ruangnya, ia membagi-bagikan penutup kepala berwarna putih pada yang tak mengenakan tudung kepala yang wajib dikenakan selama berada di dalam ruang itu. Saya meraih satu, dan memasangnya dengan menutupi rambut seperti saat hendak mandi. Setelah semua kepala tertutup, kami pun diajaknya melangkah ke ruang pabrik pengepakan BOH Tea Plantations Sdn Bhd yang dikepalainya.

BOH Tea Plantation, Teh BOH, discover selangor, eat travel write

Pabriknya bersih dan rapi ya

Aroma teh meriap dari dalam ruang. Tak banyak yang bekerja di ruang itu. Hanya 60 orang per shift (di luar pekerja di perkebunan) yang menyebar di beberapa ruang pabrik seluas 3.168 meter persegi. Pada ruang yang dibatasi dengan kaca, terlihat para pekerja menjalankan mesin-mesin mengepak teh di ruang-ruang bersekat yang diberi nama sesuai dengan kemasan teh yang dikeluarkan seperti ruang tea bag, pocket tea, atau potbag. Sedang di bagian luar, di ruang yang kami masuki, beberapa pekerja lain duduk di depan lubang mesin yang menggelindingkan paket-paket teh untuk dikemas ke dalam kardus. Jejeran mesin yang mengeluarkan teh dalam kemasan beraneka rupa itu tak terlalu sibuk untuk sebuah pabrik teh hitam nomor 1 (satu) dengan 4 (empat) juta kg teh yang diproduksi per tahun dalam 200 jenis kemasan berbeda di Malaysia.

Cameron Gold Blend, Tan Chong Wee, BOH Tea Plantation, BOH tea, teh hitam, black tea plantation

Cameron GOLD Blend

BOH terkenal dengan teh hitamnya. Satu-satunya teh yang mereka produksi, sedang jenis teh lain yang masuk ke pabrik untuk diolah dan dikemas menjadi campuran teh mereka import dari perkebunan teh lain. Menurut Tan Chong Wee, 10% teh yang mereka produksi diekspor ke Arab, Brunei, Denmark, Jepang, Jerman, Taiwan, Singapura dan Thailand sedang untuk Amerika, teh BOH dipasarkan secara online. Pabrik pengepakan BOH ini merupakan pusat pengepakan teh produksi BOH Tea Plantations Sdn Bhd, dimana semua teh yang dihasilkan dari 4 (empat) perkebunan teh BOH di Cameron Highlands (Sungai Boh, Sungai Palas dan Fairlie) serta Bukit Cheeding akan dikumpulkan ke sini untuk dikemas. Daun teh tersebut tentunya telah menjalani proses pengeringan terlebih dahulu di perkebunan asal sebelum dibawa ke Bukit Cheeding.

BOH Tea Plantation, teh tarik, teh hitam, sejarah BOH Tea, eat travel write, discover selangor

Pekerja bagian pengepakan BOH Tea Plantations

Saat yang lain asik menghirup butiran teh yang tuangkan dari bungkusnya, saya mendekati ibu-ibu yang duduk bergerombol di sebuah meja. Meminta ijin untuk mencoba mengepak bungkusan teh ke dalam plastik. Teh-teh yang telah dikemas ke dalam kardus, kemudian akan disimpan di gudang sementara menunggu jadwal pendistribusian ke pasar. Selepas melihat pengepakan teh, kami kembali ke sebuah ruang terbuka di depan perhentian bus. Di sana telah tersedia ragam teh yang telah dikemas dari BOH, siap untuk dicicipi. Karena haus, saya mencoba yang dingin terlebih dahulu, secangkir BOH Ice Tea Lemon. Ummph..! BOH banget! Rasa tehnya tak hilang oleh aroma lemon, ia sangat ringan menempel di lidah dan segar di hidung, teman yang menyenangkan untuk camilan Bakpao Jamur hangat yang dicomot dari dalam kukusan. Karena penasaran, setelah menambah secangkir lagi Ice Tea Lemon, saya mencoba mencicipi teh tarik rasa kopi yang disajikan panas-panas. Ummphh …!! memang rasa tak berdusta.

BOH Tea Plantation, BOH Tea, teh hitam, perkebunan teh malaysia

Seorang pekerja di ruang pengepakan yang tertutup

BOH didirikan oleh John Archibald (Archie) Russell pada 1929 dengan menggandeng A.B. Milne, seorang pakar teh yang sebelumnya melanglang buana di perkebunan teh Srilanka. Archie melihat peluang besar untuk berladang di Cameron Highlands setelah sebelumnya hanya usaha penambangan timah dan perkebunan karet yang dielu-elukan di Malaysia pada masa itu. Setelah kunjungan ini, saya jadi penasaran untuk mengunjungi 3 (tiga) kebun BOH lainnya di Cameroon Highlands.

Kunjungan ke BOH Tea Plantations Sungai Cheeding, Banting, Selangor adalah salah satu agenda perjalanan saat mengikuti program Eat Travel Write (ETW) Selangor International Culinary Adventure 4.0. ETW merupakan kegiatan promosi wisata Selangor yang dikemas oleh Selangor State Economic Planning Unit (UPEN Selangor) bekerja sama dengan Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia, Tourism Malaysia, dan Gaya Travel Magazine.

BOH Tea Plantation, BOH Tea, teh hitam, perkebunan teh malaysia, mushroom pao

Mushroom Pao yang enak

Dari BOH, perjalanan dilanjutkan ke Jugra mengunjungi destinasi wisata sejarah Selangor seperti Makam Sultan Abdul Samad, Muzium Insitu Jugra, Bukit Jugra, dan menikmati makan siang di pekarangan Istana Alaeddin di Kampung Bandar. Jugra pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Selangor sebelum dipindahkan ke Kuala Lumpur pada 1880, saleum [oli3ve].

Note:
Tentang Opa Archie, sepertinya akan ada kisah penyusuran jejak sunyinya, eng ing eng …   😉

Advertisements