Tags

, , , , ,


Agustus sedang berbenah menyambut hari yang baru. Bulan puasa tak membuatnya lena dan bersantai-santai saja menanti bedug maghrib. Ada banyak rencana yang ingin diwujudkan, ada banyak harapan yang terus dipupuk, ada banyak mimpi yang ingin diraih, serta banyak cinta yang siap ditabur.

belhotel makassar, hotel di makassar, visit toraja, toraja heritage, toraja marathon

Agustus menjadi riuh sendiri melirik antrian jadwal ajakan pertemuan dari sana sini. Di dalam hati, Agustus ingin berlibur sebentar saja. Ia ingin memberikan waktu pada diri untuk bersantai sejenak dan menikmati kesenangannya. Ada rupa-rupa ajakan berjalan yang menyapa, tapi belum ada satu pun yang membuatnya tertarik untuk mengambil keputusan, hendak berlibur ke mana?

Agustus menyelami paginya, menyingkirkan sejenak godaan liburannya. Dia kembali asik memilah-milah ajakan pertemuan mana yang bisa disambangi, mana yang terpaksa dikirimkan permohonan maaf karena tak bisa dipenuhi ketika pesan itu menggetarkan gawainya. Semoga bukan ajakan pertemuan di waktu dekat lagi, pikirnya. Sudah terlalu banyak yang masuk antrian dikirimkan maaf dibanding dengan yang diiyakan.

+: Datanglah ke Toraja, Agustus.
-: Hmm … Toraja? Agustus? Maksudnya, ke Toraja di bulan Agustus?
+: Yup.  Agustus, datanglah ke Toraja
-: Ahaa, ide cemerlang!

Terkadang, ide itu datang secara tiba-tiba. Ketika ia sedikit dilupakan, ia menampakkan diri. Karenanya, bila ia muncul, dekaplah agar ia tak pergi tergesa-gesa dan kau kehilangan dirinya. Agustus tinggal sebulan lagi, Agustus bersemangat mengumpulkan informasi kegiatan-kegiatan menarik, menyenangkan dan mengenyenangkan jiwa raga untuk dinikmatinya selama liburan ke Toraja nanti.

Toraja Marathon, 13 Agustus 2016
Toraja mengajak pelari dan pejalan datang di Agustus mengikuti Toraja Marathon 2016. Kegiatan untuk mengenalkan sport tourism Toraja dengan 4 (empat) pilihan kategori lomba yang bisa diikuti sesuai ketahanan stamina peserta dan target jarak untuk berlari: 5 km, 10 km, 23 km dan 42 km. Toraja Marathon 2016 bukan sekadar lomba lari cepat-cepatan untuk menggapai garis akhir demi sebuah pengakuan, juara.

toraja marathon 2016, toraja marathon, lomba lari di toraja, toraja heritage

dok. Toraja Marathon

Tak percaya? tengoklah poin-poin menarik ini:

  • Kamu akan berlari bersama dengan pelari-pelari yang berasal dari berbagai daerah. Berkompetisilah dengan sehat, seusai lomba kembangkan jaringan pertemanan.
  • Treknya tak biasa, karena jalur lari sengaja dipilih melintasi kampung adat berusia ratusan tahun, persawahan, bebukitan bahkan tempat pemakaman kuno. Jadi, ini adalah ajang lomba lari sembari berwisata.
  • Jika kamu memilih kategori Semi Marathon (23 km) dan Full Marathon (42 km), kamu akan berlari melintasi 2 (dua) kabupaten yang ada di Toraja: Tana Toraja dan Toraja Utara dengan keindahan alamnya yang memesona.
  • Untuk registrasi, silakan daftarkan dirimu di www. torajamarathon.com/registration

Berlari untuk memenangkan hati adalah perjuangan yang tak biasa. Bersama Toraja Membaca dan Toraja Melada; gerakan sosial untuk membantu adik-adik dari pelosok Toraja mendapatkan buku-buku bacaan yang bermanfaat, membuka dan mengembangkan wawasan pengetahuan; Toraja Marathon adalah perpanjangan harap mereka mengajak setiap yang turut berlari serta siapa pun yang tergerak untuk berkontribusi. Bawalah minimal satu buku bacaan (dan/atau perlengkapan sekolah) untuk diserahkan kepada adik-adik di SDN 07 Rantebua, Toraja Utara.

toraja marathon 2016, toraja marathon, lomba lari di toraja, toraja heritage, toraja membaca, toraja melada

SDN 07 Rantebua (dok. @Kitorut1)

4th Toraja International Festival, 17 – 19 Agustus 2016
Apaaaa? di Toraja ada pentas musik dunia?
Yup, ini kali keempat Toraja International Festival (TIF) hadir di Toraja. Serupa dengan kegiatan di tahun – tahun sebelumnya, tahun ini TIF akan digelar di 3 (tiga) kampung adat: Ke’te Kesu, To’ Barana, dan Palawa. To’ Barana dan Palawa adalah sentra tenun Toraja sedang desa wisata Ke’te Kesu adalah perkampungan adat tertua di Toraja.

Mengenali Toraja lewat wisata kuliner dan berkesenian adalah salah satu cara mengakrabkan diri dengan budaya lokal. Karenanya, 4th TIF akan diawali dengan World Food Fiesta dan Art & Craft Fair di Palawa pada 17 – 19Agustus 2016 pk 10.00 – 17.00 wita.

toraja international festival, toraja heritage, etnik toraja, toraja marathon, toraja melada, toraja membaca

Kolaborasi etnik di Ke’te Kesu (dok. Toraja Internatinoal Festival)

Pada malam hari pk 17.00 – 22.00 wita pembukaan TIF dan malam seni yang diisi dengan ritual tahunan; Toraja Opera yang disutradarai oleh penggagas dan konseptor TIF, Franki Raden dan dimainkan secara kolosal oleh semua peserta TIF. World Music & Dance Performance akan menyajikan ragam musik dan tari etnik dari berbagai negara diantaranya: Amerika, Australia, Hungaria, Indonesia, Uzbekistan dan Zimbabwe. Pssstt, dari Indonesia ada Glenn Fredly lhooooπŸ˜‰

Yang penasaran dengan kegiatan tahun sebelumnya, silakan cek di tautan ini www.torajainternationalfestival.com

Toraja Paralayang, 24 – 27 Agustus 2016
Pernahkah terpikir menikmati keindahan Toraja sembari melayang-layang di udara? Jelang akhir Agustus, di Toraja akan digelar Toraja Paralayang pada 24 – 27 Agustus 2016 dengan kegiatan: Lomba Paralayang, Forest Music Festival dan Kuliner.

Landasan pacu akan mengambil tempat dari teras Negeri di Atas Awan; Tongkonan Lempe, Kampung Lolai dan pendaratan di Lapangan Bakti, Rantepao, Toraja Utara. Bagi masyarakat umum yang ingin menguji adrenalin, dapat mengikuti Tandem Paralayang dengan jarak pendek dari Lolai ke Tikala. Untuk mendapatkan detail informasi mengenai kegiatan ini, dapat ditanyakan ke nomor ini: 0811-422-095

Ma’ Nene
Ritual bersih-bersih kubur yang hanya dijumpai di Pangala’ dan Baruppu’, Toraja Utara, dilakukan seusai panen pada akhir Agustus hingga pertengahan September setiap tahun. Pada saat ma’ nene, keluarga akan mengeluarkan dan membuka peti-peti mati dari dalam kuburan, membersihkan dan mendandani kembali rangka yang masih tersisa dengan pakaian yang baru sebelum disimpan lagi ke dalam kuburnya.

Pasar Hewan Bolu
Di Toraja, pasar menjadi tempat mendapatkan informasi terkini seputar pelaksanaan upacara adat yang berlangsung di kampung tertentu. Datanglah ke Pasar Bolu, Toraja Utara pada Selasa dan Sabtu, ketika hari pasaran tiba. Pada hari itu, warga dari segala penjuru kampung di Toraja dan tetangganya, tumpah di pasar. Pergilah ke bagian penjualan hewan, nikmati bagaimana proses transaksi jual beli seekor babi atau kerbau di sana.

kerbau belang, kerbau mahal toraja, toraja international festival, toraja heritage, etnik toraja, toraja marathon, toraja melada, toraja membaca

Bagaimana mencapai Toraja?
Berkendara dari Makassar selama 8 (depan) jam dengan bus atau pun menyewa kendaraan di pagi hari adalah pilihan yang menyenangkan mata untuk menikmati panorama alam yang menggiurkan sepanjang perjalanan. Tapi, kalau kamu ingin beristirahat sepanjang perjalanan, berangkatlah dengan bus di malam hari. Jika ingin menghemat waktu, 45 menit terbang dengan Gatari Airline ATR 42 yang memulai penerbangan perdana ke Toraja 28 Juni 2016 lalu tentu pilihan yang bijak.

Jadwal penerbangan Gatari Airline:
Senin, Rabu, Jumat
Makassar ke Toraja: pk 08.15, pk 13.45
Toraja – Makassar: pk 07.00, pk 12.30

Selasa, Kamis, Sabtu
Makassar ke Toraja: pk 08.15
Toraja – Makassar: pk 07.00

Untuk info penerbangan:
Adi (Travel): 0811-425-440
Lasma C. Nainggolan: 0823-4895-9515
Desi Mustafa T.A : 0823-4652-1988

Sebagai pengguna bus, saya punya beberapa rekomendasi bus yang nyaman:
Bus Primadona
Jl. Pelita no 12, Makale, Tana Toraja
Telp 0423-26202 / 085341547539
Jl. Diponegoro, Rantepao, Toraja Utara
Telp 0423-21093 / 085341547423
Pemesanan tiket bisa dilakukan lewat daring Primadona Bus atau unduh aplikasi Android Apps lewat HP.

Bus Manggala Trans
Jl. A. Mappanyukki No 55, Rantepao, Toraja Utara
Jl. Merdeka, Makale, Tana Toraja
Telp 085255906577 / 085342037005

Bus Bintang Prima
Jl. Ichwan No 108, Makale, Tana Toraja
Telp 0423-22797
Jl. A. Ahmad Yani No 100, Rantepao, Toraja Utara
Telp 0423-326866

Bus Kharisma Transport
Jl. A. Mappanyukki No 72 samping Bank Mandiri, Rantepao, Toraja Utara
Telp  082190737322

bus ke toraja, bus primadona, kerbau belang, kerbau mahal toraja, toraja international festival, toraja heritage, etnik toraja, toraja marathon, toraja melada, toraja membaca

Tinggal dan Makan  di Mana?
Banyak kawan yang masih saja khawatir ketika berencana untuk berjalan ke Toraja, pikir mereka, Toraja adalah sebuah daerah yang sepi di dalam hutan yang tak terjamah sehingga akan kesulitan untuk mendapatkan tempat beristirahat dan makan.

Wisma Maria 1 (backpacker)
Jl Dr Sam Ratulangi No
Rantepao, Tana Toraja
Telp 0423-21165

Luta Resort Toraja
Jl Dr Sam Ratulangi No 26
Rantepao, Toraja Utara
Telp 0423-21060

www.torajalutaresort.com/

Toraja Misiliana Hotel
Jl Pongtiku No 27 Rantepao – Makale, Toraja Utara
Telp 0423-21212 or 21575

Cafe Aras (tempat bersosialisasi yang paling menyenangkan)
Jl Mappanyuki No 64, Rantepao, Tana Toraja
Telp 0821-9036-2021

Rumah Makan Saruran
Jl A. Mappanyuki No 119A, Rantepao, Tana Toraja

Mambo Restaurant
Jl Dr Ratulangi No 34, Rantepao, Tana Toraja
Telp 0423-21134

pong buri, kuliner khas toraja, toraja marathon, toraja heritage, toraja international festival

Warung Pong Buri (kuliner khas Toraja)
Jl Emmi Saelan No 1 Rantepao

Untuk informasi terkini tentang pariwisata Toraja silakan kunjungi laman Visit Toraja dan Kabar Toraja.

Jadi, kapan waktu yang baik dan tepat untuk berjalan ke Toraja? Agustus, datanglah ke Toraja, saleum [oli3ve].