Tags

, , ,


Puasa … puasa … puasa … sekarang kita puasa …
Usai puasa, liburan deeeeh … eh lebaranan dulu atuh, salam-salaman, maaf-maafan; baru deh kita cuzzΒ  πŸ˜‰

Pada liburan ke mana lebaran nanti? Bagi yang sudah membuat rencana jauh hari, pastinya hanya deg-deg’an mempersiapkan perjalanan dan menanti hari keberangkatan. Sementara kamu yang masih bingung menentukan destinasi liburan mau plesiran di kampung halaman atau berjalan-jalan ke tetangga jauh, ulasan berikut sengaja dibuat untuk menginspirasi kamu segera menentukan sikap.

klia, top 10 destinasi 2015, top 10 wisata jomblo, top 10 wisata pasangan, destinasi wisata para jomblo, agoda smart survey, survey agoda

Apakah kamu jomblo? Jomblo sejati yang senang berjalan sendiri atau berombongan? Atau, kamu pasangan yang sedang dilanda asmara dan senang bepergian berdua saja?

Awal Juni lalu, Agoda.com kembali merilis hasil studi terhadap perilaku para pejalan berdasarkan pemesanan kamar yang dilakukan oleh para tamu hotel pelanggan Agoda.com dari seluruh dunia selama 2015 – 2016 dengan kriteria dikhususkan pada solo traveler dan couple traveler. Nah, berdasarkan data pemesanan dari kriteria tersebut, terdapat lebih dari 30,000 ulasan yang menjadi acuan untuk dipelajari.

Menurut John Brown, Direktur Pelaksana Agoda.com, Paris dan London masih menjadi destinasi wisata favorit yang ramai dikunjungi oleh para turis. Catat ya, turis. Namun bagi pejalan independen dan berpengalaman, mereka lebih tertarik untuk melirik destinasi wisata yang menawarkan perjalanan menyusuri sejarah dan pengalaman budaya yang lebih otentik. Vilnius di Lithuania, salah satu destinasi pilihan tersebut. Sebuah kota yang cukup terkenal di Eropa yang memiliki karisma dan daya tarik kuat yang menggoda untuk disusuri para pejalan independen.

Ada 3 (tiga) poin menarik yang disimpulkan dari hasil studi Agoda ini, yaitu:

  • Pejalan independen baik solo traveler maupun berpasangan, lebih senang mengunjungi dan mengeksplorasi kota-kota tua kecil namun memiliki kekayaan arsitektur sejarah dan akar budaya yang kuat. Patut diacungi jempol karena destinasi pilihan tersebut mayoritas adalah kota-kota yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage. Keren ya.
  • Top 10 destinasi wisata pilihan solo traveler maupun berpasangan adalah sama, kecuali pada ururan ke-10; mereka yang berpasangan memilih mengunjungi Krakow, Polandia sedang mereka yang suka bersendiri lebih senang ke Pulau Kreta, Yunani.
  • Hoi An, Vietnam, satu-satunya kota di Asia Tenggara menjadi destinasi wisata pilihan pejalan independen. Kota di Indonesia kapan ya?

Mau tahuΒ  Top 1o Kota Destinasi Pejalan Independen tersebut? Berikut urutan data dan skornya untuk memudahkan kamu membacanya:

top 10 destinasi 2015, top 10 wisata jomblo, top 10 wisata pasangan, destinasi wisata para jomblo, agoda smart survey, survey agoda

Kira-kira sudah ada bayangan kamu termasuk pejalan yang mana?

Setelah tahu kriteria kamu dan destinasi wisata yang hendak dituju, sebelum bepergian; ada baiknya lakukan pemesanan kamar hotel untuk tempat menginap jauh-jauh hari agar tidak kelabakan karena ketersediaan kamar kosong di kala liburan pun sangat langka. Kalau pun masih ada, harganya jauuuuh dari jangkauan isi dompet.

Di jaman yang serba main cepat saat ini, para pejalan pun lebih banyak menggunakan informasi daring sebagai panduan perjalanan, termasuk pemesanan hotel. Untuk membantu kamu yang mungkin sedikit bingung dalam memesan hotel secara daring, berikut tips sederhana yang bisa kamu jadikan panduan:

Baca ULASAN
Untuk mendapatkan informasi tempat menginap yang sesuai dengan pilihan liburan kamu, bacalah ulasan yang telah dibuat oleh para pejalan yang sebelumnya telah menikmati menginap di tempat tersebut. Ada jutaan ulasan yang dituliskan oleh tamu di Agoda.com yang merefleksikan pengalaman mereka di hotel yang sedang kamu lihat. Agoda menyarankan tamunya untuk membagi pengalamannya secara transparan begitu mereka check-out dari hotel sehingga kesan dari para tamu masih segar di ingatan ketika menuliskan ulasan. Perlu diingat bahwa ulasan ini sifatnya sukarela dan jujur tanpa paksaan dari pihak manapun. Jadi cukup dapat dipercaya untuk dijadikan bahan masukan buat kamu.

SARING informasi
Fitur ini sering sekali diremehkan oleh pengguna situs daring padahal fungsinya telah didesain sedemikian rupa oleh pengelola situs dengan penggunaan algoritma agar dapat cepat membaca permintaan pengguna. Jika kamu sudah memiliki gambaran lokasi, fasilitas, dan anggaran yang kamu inginkan untuk akomodasi dalam benakmu; HEMAT waktumu, tak perlu melihat ribuan pilihan hotel yang ditampilkan.

Dubrovnik, Croatia, top 10 destinasi wisata jomblo, top 10 destinasi wisata pasangan, survey agoda

Dubrovnik, Kroasia (sumber: salusexpress.hr)Β 

CEK insider deals dan promosi tersembunyi
Beberapa situs daring memiliki beberapa β€˜lapisan’ harga untuk rekanan akomodasinya. Lapisan harga ini tidak dikomunikasikan secara transparan namun tidak berarti itu disembunyikan dari publik. Yang diperlukan adalah sedikit usaha lebih dan kesabaran untuk mengulik lebih dalam. Selalu gunakan tombol deals yang terdapat di beberapa situs untuk melihat penawaran yang mereka milliki di hari itu. Penawaran dengan potongan harga besar dan istimewa biasanya bersifat dinamis dan sementara. Jadi apabila kamu menemukan hotel pilihan atau hotel favorit para pelanggan dengan ulasan tinggi sedang ditampilkan dengan harga penawaran istimewa, sebaiknya langsung pesan saat itu juga. Sebagian besar situs pemesanan juga memberikan harga sedikit lebih rendah di aplikasinya daripada harga di situs yang kamu akses lewat komputer.

Bersyukurlah kamu para jomblo yang senang berjalan! Diberkatilah engkau para pejalan independen yang dikaruniai rasa untuk menikmati warisan sejarah dunia dan budaya yang unik. Ingat, nikmati saja apa yang tampak di depan mata, jagalah kelestariannya, tuliskan dan bagikanlah kenanganmu bersamanya untuk generasi setelahmu. Selamat berlibur, saleum [oli3ve].

Advertisements