Tags

, , ,


Saya sedang tak bernapsu turun ke air, sebisa mungkin ingin menghindar bermain dengan air. Bukan, bukan karena takut air terlebih takut basah karena sedang menerima tamu bulanan. Ragu diam-diam merayap di dalam hati ketika perahu motor yang saya tumpangi bersama Angela (Belanda), Nina (Rusia), Jamie (Australia) dan Aan (Malaysia) mulai meraung-raung menerabas kali Setiu menuju muara Kuala Baru.

Terengganu, SquidJigging, Wisata Malaysia

Melaju ke Kuala Baru

Ia melaju semakin kencang, berkejaran satu dengan yang lain. Nasi sudah menjadi bubur, pantang undur untuk merengek pulang. Mari menuju muara, sembari berdoa air di sana tak sedada meski yang terbayang saat itu adalah pengalaman menjaring ketam dua tahun lalu di perairan Port Dickson

Perahu motor kami berhenti menderu usai melewati jejeran pohon kelapa, barisan bakau, menggapai muara. Sesaat setelah sauh di buang ke air, Angela, Nina dan Jamie berlomba ikut turun ke air. Tak ingin basah konyol, terlebih membuat kehebohan di Kuala Baru; adalah bijak menanti sejenak di dalam perahu.

Kuala Terengganu, SquidJigging, Destinasi Wisata Malaysia

Angela & Jamie

Mendengar keriaan, tergoda untuk mencoba peruntungan, lalu perlahan ujung celana mulai digulung, mengibas-ibas permukaan air dengan ujung jemari kaki sebelum menenggelamkan tapaknya ke dalam  lumpur pasir payau.

Saya belum pernah mengutip kepah (=kerang), sepertinya ini akan menjadi pengalaman menarik. Layaknya hendak berbelanja ke pasar, keranjang merah diraih dari perahu, ditenteng berjalan ke tempat yang agak lowong sembari mencermati bagaimana cara peserta yang sudah terlebih dahulu turun ke air mengumpulkan kerangnya.

mengutip kepah, kuala terengganu, destinasi wisata malaysia, squidjigging

Thanana (Thailand) sibuk mengabadikan Rachel (Malaysia) yang semangat banget mengutip kepah

Dari seorang jurumudi perahu, saya menguping dengar apa yang disampaikannya kepada seseorang di sebelah perahunya. Gunakan tapak kakimu untuk mengais-ais pasir. Resapi setiap gerakan yang terjadi di telapak kaki, sampai kau rasakan ada benda licin yang menggelitik permukaan kulit. Coba rasakan lebih seksama, bisa jadi itu adalah cangkang kepah yang sedang kau cari. Merunduklah sedikit dan masukkan tanganmu untuk mengutip benda tadi dan angkat ke udara. Jika keberuntungan sedang memihakmu, maka benda yang kau kutip pastilah kepah. Jika tidak, binatang muara lainnya yang telah menggodamu.

kutip kepah, destinasi wisata malaysia, terengganu, squidjigging

Dapat kepahnyaaa (dok. @ruggedmom2)

Sebagian pengutip kepah mulai bermain air, saling melempar air hingga kecibak-kecibung berendam di air payau. Tak semua peserta turun ke air, beberapa asik bercengkerama di atas perahu bahkan ada yang asik sendiri bermain dengan smartphone mungkin sembari berkhayal mengutip kepah dan membagikannya ke linimasa seperti abang ini 😉

kuala terengganu, squidjigging, destinasi wisata malaysia

Si abang doyan selfie juga ternyata 🙂

Bisa jadi pekerjaan mengutip kepah ini gampang membuat bosan beberapa orang karena butuh kesabaran, ada baiknya sebelum berangkat bawalah earphone untuk mendengarkan lagu-lagu kesukaan. Tapi hati-hati, jangan sampai perlengkapan lenong jatuh ke dalam air.

mengutip kepah, destinasi wisata malaysia, kuala terengganu, squidjigging

Lumayan untuk seorang pemula 🙂

Tak terbayangkan sama sekali, ajang mengutip kepah yang sungguh sangat sederhana ini dikemas sebagai paket wisata Tourism Terengganu untuk memikat pelancong dari luar. Semoga di kampung saya, keseharian sederhana semacam ini tak dilupakan karena tergoda puding enak yang jauh dari jangkauan, saleum [oli3ve].

Advertisements