Tags

, , , , , , ,


Surat listrik yang dikirimkan oleh Steve dari UK pertengahan Mei lalu kembali dibaca sesaat setelah keluar dari Simultankerk. Aaaggh, untuk kesekian kalinya langkah kuayun ke tempat ini, memenuhi panggilan jiwa, dan menunaikan tugas yang baru diemban dari Commonwealth War Graves Cemetery (CWGC) sebagai, Tukang Potret Kuburan Perang.

Good evening Olive, I have now returned home after a few days working away in Plymouth. I have just email the Office of Australian war graves to obtain permission for you to enter Ambon. I have attached a letter from us asking assistance in letting you photograph which may help in Ambon and Jakarta. Attached is the sort of picture we need

aws mallaby, pertempuran sepuluh nopember, mallaby

Di depan peristirahatan Brigadir AWS Mallaby

Menepi di bangku taman di depan gereja, kukeluarkan botol air dari dalam kantong Onye dan meneguk isinya hingga habis setengah, demi menghalau dahaga yang merongrong. Kuhapus peluh yang membanjiri muka dan beranjak ke gerbang Jakarta War Cemetery. Tak ada siapa-siapa di sana. Heiiii, ini kuburan Lip! Upzzz … o, iya lupa šŸ˜‰

Aku harus memaksimalkan sisa waktu satu setengah jam untuk mengambil beberapa gambar di tempat ini jika tak ingin absensi kotor karena datang terlambat ke latihan choir di gereja. Beruntunglah si Lasma mau kugeret untuk menemani didera panasnya surya, sehingga ada yang berkicau setiap kali diriku keasikan berteduh di samping pagar taman kehormatan. Namun dirinya tetap tak bisa melarang ketika diriku berlama-lama di depan peristirahatan Opa Mallaby.

Karenanya langkahku kembali ke taman peristirahatan ini, sebelum melanjutkan penyusuran jejak ke Surabaya. Masya Tuhan! Mendadak tersadar, aku belum melakukan reservasi kamar hotel sama sekali untuk tempat meluruskan badan selama bertandang ke kota pahlawan akhir pekan ini. Mau nginap dimanaaaa? Mau nginap GRATIS? hehe, tentu nggak ada yang menolak jika diberkati bukan?

hotel murah agoda, agoda, artotel surabaya

Godaan Agoda

Sayangnya, nggak semua orang mau berbagi berkat ketika mereka berkecukupan bahkan berkelimpahan. Kita sering mendendangkan Count Your Blessings tapi suka lupa mempraktekkannya karena kita terpesona pada pencapaian orang lain dan merasa apa yang kita punya belum mencukupi untuk diri sendiri apalagi mau dibagikan secara cuma-cuma … hitung berkatmu satu-satu, ingat semua dari TuhanMU, bilang semua satu persatu dan kau akan lihat cinta TuhanMU.

Sudah cukup lama nggak menginjakkan kaki di Surabaya, kota penuh kenangan itu. Kali ini ingin kunikmati udara panasnya sembari memanjakan diri di tempat yang tak biasa, meski nantinya akan melangkah dan menyusuri jejak di beberapa tempat yang sudah lekat di hati.

Aku tergoda dengan tawaran Agoda, bantu teman menginap gratis di musim liburan. Bukankah misinya sejalan dengan panggilan yang sedang dikerjakan? Binggo! Terkesan pada Artotel Thamrin, membuatku memutuskan mencari kamar di Artotel Surabaya untuk 2 (dua) malam. Jadilah malam ini usai bersih-bersih meluncur mencari program KAWAN-KAWAN di ruang Agoda.

artotel_agoda_kawan_1

Isi semua data dengan jelas, dan lihat ada potongan harganya kan?

artotel_agoda_kawan_2

Pakai kode ini untuk mendapatkan potongan harga

Pemesanan selesai. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran agar sebuah kode unik pribadi dikirimkan dan kamu terima lewat surat listrik. Nah, kode pribadi ini sudah dipasangi pelacak khusus, sehingga bila ada 5 (lima) orang kawan atau keluarga melakukan pemesanan kamar hotel dengan menggunakan kode unik ini, aku akan mendapatkan hadiah menginap GRATIS sesuai hotel pilihan. Masih ada keuntungan lain, dengan menggunakan kode unik saat memesan kamar di Agoda, kamu juga bisa dapat diskon 5% harga kamar hotel. Asik kaaaaan? *tuink-tuink*

Semua printilan untuk keberangkatan dan urusan perjalanan selama di Surabaya selesai. Tinggal light packing dan menunggu hari keberangkatan. Kamu mau jalan-jalan dan pengen nginap GRATIS? Pakai kode pribadiku aja KWOBENDON untuk memesan dan mendapatkan diskon kamar hotel di Agoda. Dan yesssss, lihat gambar berikut donk šŸ˜‰

agoda_freeProgram KAWAN-KAWAN diluncurkan pada 1 Juni lalu. Suatu bentuk apresiasi yang diluncurkan khusus bagi para pelanggan Agoda.com yang berlokasi di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia adalah salah satu pangsa pasar terbesar dan terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan bagi Agoda.com semenjak situs ini menapakkan kakinya di Indonesia 7 (tujuh) tahun lalu. O,ya catat baik-baik, program ini berlaku sampai 31 Agustus 2015, silakan baca detail programnya di SINI.

Dan kelak, di saat begitu banyak jalan terbentang di hadapanmu dan kau tak tahu jalan mana yang harus kau ambil, janganlah memilih dengan asal saja, tetapi duduklah dan tunggulah sesaat. Tariklah napas dalam-dalam, dengan penuh kepercayaan, seperti saat kau bernapas di hari pertamamu di dunia ini. Jangan biarkan apa pun mengalihkan perhatianmu, tunggulah dan tunggulah lebih lama lagi.

Berdiam dirilah, tetap hening, dan dengarkan hatimu. Lalu, ketika hati itu bicara, beranjaklah, dan pergilah ke mana hati membawamu… va dove ti porta il cuore – [Susanna Tamaro]

ereveld menteng pulo, makam belanda

@Ereveld Menteng Pulo (candid by Lasma Novida)

Apa sih yang kamu cari Lip? Kayak orang nggak ada kerjaan aja, main koq ke kuburan? Nggak ada kegiatan lain yang lebih bagus?

Bagimu, baginya dan bagi sebagian mereka, apa yang kulakukan tak ada artinya. Merelakan kulit disengat matahari, membiarkan tapak kaki melepuh dan permukaannya belang-belang; hanya sebuah kebodohan dan pemborosan waktu luang. Ah sudahlah, setiap jiwa punya panggilannya masing-masing. Tak perlu kupusingkan ceracaumu. Aku kan tetap berjalan, mengikuti tuntunan hatiku, saleum [oli3ve].

Advertisements