Tags

, , , ,


Meski bukan penggemar K-POP, mendadak melodi Gangnam Style menggema di dalam kepala ketika mata terantuk pada kata GANGAN yang tertera pada lembaran itinerary deBeltimers 2014 yang terpampang di depan monitor.

Op, op, op, op
Oppa Gangnam style
Oppa Gangnam style

Eh sexy lady
Op, op, op, op
Eh .. eh .. eh .. eh .. eh .. eh ..

Masih ingat potongan syair di atas? Ini bukan kisah di balik Gangnam Style, ini hanyalah sepotong kisah petualangan rasa demi semangkok Gangan atau Sup Ikan Kuning seperti yang ada di gambar berikut.

gangan ikan belitung

Gangan Ikan Belitung

Penampakannya cukup menggiurkan dan menggoda enzim pencernaan bukan?

Rasa lapar mengajak langkah bergegas turun dari kendaraan yang mengantarkan kami siang itu. Musik mengalun, terbawa tiupan angin yang mengibaskan ujung rambut. Sepuluh perempuan muda berjejer membentuk 2 (dua) barisan, memberi ruang di antaranya sembari meliukkan badan mengiring langkah sepasang muda-mudi yang berjalan menyambut kedatangan tamu yang dinanti.

budaya belitung timur, destinasi wisata belitung, gangan ikan belitung

Ini bukan Gangnam Style tapi Belitung Style

Tarian Sekapur Sirih menyambut langkah di Pantai Dendang, Belitung Timur. Mbak Ule didaulat mewakili rombongan untuk menerima seserahan pangan sirih sebagai tanda selamat datang.

budaya belitung, tradisi belitung, gangan ikan belitung

Mbak Ule disambut dengan ritual sekapur sirih πŸ˜‰

Usai penyambutan, kami diajak ke sebuah ruang pertemuan, berkenalan dengan ibu-ibu yang sudah siap tempur dengan perkakas di tangan. Mereka hendak berdemo Gangan Belitung.

Yasudah, mau gimana lagi? Laparnya ditahan dulu karena sebelum mencicipi gangan, mesti melihat proses memasaknya terlebih dahulu. Semacam latihan kesabaran. Menahan lapar sekejap dan menghibur perut dengan camilan pisang. Mari belajar memasak! Siapa tahu kembali ke Jakarta bisa buka usaha katering.

Gangan Ikan Belitung
Siapkan bahan:
1 liter air
1/2 kg ikan (ketarap/kakap, gabus, bebulus, belanak sesuaikan dengan selera)
1 buah nanas

Haluskan bumbu:
2 ruas kunyit
1 ruas lengkuas
5 butir kemiri
3 siung bawah merah
Cabe rawit merah (sesuaikan dengan selera pedas lidah masing-masing)
Terasi secukupnya
Garam secukupnya
Asam Jawa

Proses memasak:
Masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam air, berikut asam Jawa dan garam. Jerang di atas api hingga mendidih. Masukkan ikan yang sudah dibersihkan hingga setengah matang lalu tambahkan potongan buah nanas. Masak hingga ikan matang, angkat dan sajikan selagi panas.

gangan ikan belitung, kuliner belitung

Teman makan gangan

Rumah Makan Ibu Mia
Jl Jangkang RT 01 RW 01
Kecamatan Dendang, Belitung Timur
HP 0819-494-140-917

Gangan, sajian sehat dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan mengandung Omega 3 dan Asam Amino yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan sel otak. Proses memasaknya direbus sehingga mengurangi resiko berlemak karena tak perlu minyak, selain minyak alami yang dihasilkan oleh ikannya. Bumbu yang dipadukan sebagai penyedap rasa pun mengandung unsur-unsur gizi. Kunyit misalnya, mengandung unsur yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mau icip-icip gangan tanpa perlu ke Belitung? Silakan dipraktekkan resep dari Ibu Mia di atas πŸ˜‰

gangan ikan belitung, kuliner belitung

Porsi makan babak pembuka

Pada akhirnya, segala sesuatu yang didapatkan dengan perjuangan dan latihan kesabaran, pastilah akan memberikan nilai yang berbeda saat menikmati hasilnya. Ada ritual yang harus dijalani sebelum berjumpa dengan semangkok gangan. Dan, perjuangan siang itu berujung pada ludesnya dua piring nasi dan semangkok Gangan Belitung. Oppa Gangan Style! Selamat lapar Indonesia, saleum [oli3ve].

Advertisements