Tags

, , , , , , , , , , ,


Dua tahun berlalu semenjak jejak terakhir ditinggalkan di kota ini. Kota selaksa kuliner yang senantiasa menggugah rasa dengan ragam destinasi wisatanya yang menggoda untuk disusuri. Banyak jejak sejarah ditorehkan yang membuatnya dikenal juga sebagai kota Pahlawan. Kembali ke kota ini, adalah impian lama yang akhirnya terealisasi setelah keseringan tertunda, tersalip perjalanan lain. Surabaya, kota yang menyimpan kenangan akanmu.

Jenderal Mallaby, Mallaby, pertempuran surabaya

Karenanya langkah kembali menjejak di Surabaya

Setangkai anggrek vanda yang kubawakan untukmu pastilah telah layu dan menjadi humus, namun semangatku untuk berjalan tak akan pernah susut. Semangat yang membawaku kembali ke kota ini untuk menyusuri jejakmu.

Siapa yang tak mengenal Surabaya?

Tanpa mempelajari bahasa sendiri orang pun tak akan mengenal bangsanya sendiri – [Pramoedya Ananta Toer]

Pesan Eyang Pram di atas juga bermakna, untuk mengenal satu bangsa, dapat dilakukan lewat penyusuran perjalanan sejarahnya. Bila ingin mengenal seluk beluk Surabaya, datanglah ke Surabaya. Kenali budayanya, berinteraksilah dengan warganya, nikmati sajian kulinernya, rasakan hangatnya serta telusuri kotanya lewat jejak-jejak yang pernah ada di sana.

tugu pahlawan surabaya, pertempuran surabaya, hari pahlawan

Menyusuri jejak sejarah di Kota Pahlawan

Menyusuri Surabaya dalam sehari pastilah tak cukup. Karenanya, setelah seharian berjalan; langkah ini kan meminta untuk mere-charge energi dengan beristirahat yang cukup sembari menikmati pergantian hari di ruang berpenyejuk, kamar hotel.

Ada beberapa hotel favorit dengan tarif terjangkau yang menjadi pilihan merebahkan badan acap kali berkunjung ke kota Pahlawan. Lima di antaranya yang enak di kantong pejalan adalah:

Fave Hotel Surabaya
Compact hotel yang didesain imaginatif dengan dominasi ungu dan putih ini menawarkan harga ekonomis untuk menyasar para pebisnis dan pejalan sebagai pelanggannya.

Fave Hotel menyediakan 4 (empat) tipe kamar yang dapat dipilih sesuai kebutuhan: Standard Double/Twin Room (tidak termasuk sarapan), Standard Room dengan sarapan, Superior dan Deluxe. Selain fasilitas yang umum disediakan di masing-masing kamar, di hotel ini juga tersedia fasilitas untuk publik seperti pusat kebugaran, spa and massage, restoran, bar, kafe 24 jam, area untuk merokok, gerai kebutuhan sehari-hari, laundry, ruang pertemuan dan lahan parkir.

hotel_surabaya_01Jl Pregolan No.3-5, Tegalsari 60271, Jawa Timur
Telp (031) 5355508

Tune Hotel Surabaya
Bagi pejalan yang ingin mendekat ke destinasi wisata dan tak jauh ke Bandar Udara Internasional Juanda, Tune Hotel adalah pilihan menginap yang pas. Hanya memerlukan waktu tempuh 40 menit berkendara untuk menggapai bandara, 15 menit berkendara untuk cuci mata ke Pasar Turi dan 30 menit untuk sampai di Monumen Tugu Pahlawan.

Tune Hotel menghadirkan 2 (dua) tipe kamar: Double dan Twin. Setiap kamar berpenyejuk, dilapisi lantai kayu, disediakan air minum kemasan gratis, perlengkapan mandi dan kamar mandi privat dengan shower. Satu yang penting, kebersihan kamarnya terjaga dan pelayanan sangat memuaskan.

hotel_surabaya_04Jl Arjuna 64 – 66, Surabaya 60251, Jawa Timur
Telp (031) 5358500

Hotel Ibis Surabaya City Center
Berlokasi di pusat bisnis Surabaya, hanya perlu melenggang dan berjalan kaki bila ingin berbelanja ke Tunjungan Plaza serta 10 menit berkendara untuk menggapai Stasiun Pasar Turi.

Ibis menyediakan 224 kamar dengan desain minimalis modern, 4 (empat ruang meeting, lobby bar dan restoran. Terdapat 2 (dua) jenis kamar pilihan Standard dengan Double Bed dan Standard dengan Single Bed. Masing-masing kamar berpenyejuk ruangan; dilengkapi fasilitas TV LED 32″, brankas, tea/coffee maker, air mineral, kamar mandi privat dengan shower, hair dryer dan akses WiFi gratis.

hotel_surabaya_05Jl Basuki Rahmat No 94-96, Surabaya 60271, Jawa Timur
Telp (031) 5358885

Amaris Hotel
Berdiri di Jl Kedung Doro, kawasan komersil di Surabaya, dekat dengan kawasan perdagangan dan pusat sejarah. Amaris menyediakan 105 kamar dengan desain minimalis modern yang bersih dan segar. Hotel ini juga menawarkan beberapa fasilitas ruang pertemuan untuk berbagai kegiatan, sarapan sederhana dan aneka makanan ringan.

Ada 2 (dua) tipe kamar yang disediakan oleh Amaris; Smart Room dan Smart Hollywood (harga kedua kamar sudah termasuk sarapan) dengan fasilitas berupa penyejuk ruangan, TV LCD, meja kerja, brankas, kamar mandi privat dengan shower air panas dan dingin.

hotel_surabaya_03Jl. Kedung Doro No 1-3, Surabaya 60261, Jawa Timur
Telp (031) 5482299

Midtown Hotel
Berada di kawasan segitiga emas Surabaya, cukup strategis karena letaknya berdekatan dengan kedutaan Inggris, kedutaan Jerman dan Tunjungan Plaza.

Midtown menawarkan kamar yang mewah dengan harga terjangkau. Terbagi atas 3 (tiga) tipe kamar: Groovy (pilihannya bisa dengan atau tanpa sarapan), Splendid dan Fabolous. Masing-masing kamar dilengkapi dengan coffee/tea maker, meja kerja, kamar mandi privat dengan shower, brankas dan akses WiFi gratis. Jika lelah berjalan dan hanya ingin bersantai di hotel sembari menikmati kopi, tersedia coffee shop dengan suasana yang nyaman.

hotel_surabaya_02Jl. Basuki Rahmat 76, Surabaya 60262, Jawa Timur
Telp (031) 5315399

Jangan meninggalkan Surabaya tanpa buah tangan! Di penghujung hari sebelum bergegas ke Juanda, pastikan untuk mampir ke van Drongelen menjemput beberapa botol sirop dan membungkus lemper ayam di Walikota Mustajab, saleum [oli3ve].