Tags

, , , , , ,


Dimas!
Diiimas!

Teriakan mas-mas barista dari kedai kopi ABCD bersaing dengan suara bising pengunjung yang asik bergunjing satu dengan yang lain. Dua kali nama itu dikumandangkan namun tak jua ada yang merespon. Mas barista kembali berteriak untuk ketiga kalinya dengan intonasi yang lebih tinggi sembari menaruh tapak tangan melingkar di mulut. Ahaaa, seperti Tarzan kala memanggil Cheeta.

kedai kopi abcd, kopi pasar santa, abcd, ngopidipasar

Teriakan pamungkas barista ABCD

Diihiiiimaaasss!! *Auwooo uwoouuuwooo*

Panggilan ketiga membuat yang empunya nama tersadar. Dari depan Bear & Co seorang anak muda yang sebelumnya asik mengulum ujung rokoknya bergegas menghampiri ABCD. Ia meraih satu cup kopi dari atas meja loket lalu kembali bersama kelompoknya menyambung cengkerama yang terinterupsi.

Sore itu ABCD menjadi pusat perhatian. Magnet yang menarik para pengunjung Pasar Santa untuk mendekat ke depan kedai. Memesan kopi lalu duduk di bangku-bangku kayu yang tersedia atau selonjoran di tangga pasar. Beberapa yang kehabisan bangku dan tempat untuk duduk, tak keberatan berdiri sembari menyesap kopi di tangan.

ngopidipasar, pasar santa, kopi abcd

Ngopidipasar Santa

Ramainya antrian pemesan kopi di depan ABCD sore itu membuat kami memutuskan untuk menepi ke Gayobies menikmati semangkok Bakmoy dan secangkir khupi itam. Setelahnya, rasa penasaran membawa langkah kembali menghampiri ABCD saat suasana mulai terlihat sepi. Ternyata kesepian yang tercipta di sana pertanda stok biji kopi telah habis!

Ada apa di ABCD?

abcd, pasar santa, ngopidipasar

haloooo, maaf mas biji kopi sudah habis 😉

Di Dapoer Kopi yang menempati sebuah kedai di lantai dasar Pasar Santa sejak Mei 2011, Christine berbagi kisah pertemanannya dengan Hendri Kurniawan dari A Bunch of Caffeine Dealer (ABCD). Hendri mmembuka kedai di Santa sebagai tempat berbagi dan belajar meracik kopi bersama dengan para penggemar kopi dan barista pada Agustus 2013. Namun tak setiap hari ABCD buka, tergantung persediaan biji kopi. Bagi yang penasaran dengan kopi racikan barista ABCD, datanglah lebih dini ke Santa.

abcd, pasar santa, ngopidipasar

Hiruk pikuk di dapur kecil ABCD

Pasar Santa memang sedang menjadi buah bibir, tempat para urban bersosialisasi dan berbagi cerita seusai berkegiatan. Tempat yang dulunya hanya dikunjungi oleh ibu-ibu rumah tangga bersama/atau asisten rumah tangga untuk berbelanja kebutuhan dapur; kini menjadi tempat nongkrong yang gaul buat kaum muda.

Lama terpinggirkan dan menyepi tak terjamah, pertengahan 2014 perlahan keberadaan Pasar Santa mulai dilirik dan diperhitungkan oleh kaum urban. Sejak Pasar Santa dijejali dengan kedai kopi, kedai kudapan, aneka vintage, distro dan sebagainya; kini Dapoer Kopi dan ABCD memiliki banyak kawan. Tinggal sesuaikan selera. Mau pesan secangkir kopi dari kedai yang mana, makan apa, duduk dimana dan belanja dimana. Saleum [oli3ve].

Advertisements