Tags

, , , ,


Kamu mau (kopinya) yang kuat, setengah kuat atau biasa? Mendapat pertanyaan tersebut muka mas Teguh tampak pias. Antara bingung dan sedikit shock. Saya pun nyaris tersedak tawa yang tertahan, bukan karena pertanyaannya tapi melihat perubahan raut muka si mas Master Suhu ditanyain kekuatan sama anak kecil.

bear & co, kedai kopi pasar santa, ngopidipasar

Shenia barista Bear & Co dengan Grizzly di tangan

Shenia kembali mengulangi pertanyaan yang sama dengan memelankan laju bicaranya dan menekankan tawaran pilihannya dengan bahasa Inggris: STRONG, MEDIUM atau LIGHT.Yup, petang itu Shenia bertugas sebagai barista mendampingi ayahnya, Josh Estey di Bear & Co; kedai kopi di Pasar Santa, Jakarta Selatan yang dikelola oleh Josh dan Dian.

bear & co, ngopidipasar, pasar santa, kedai kopi santa

Diva bertugas menuliskan menu di papan tulis

Sebenarnya usai menikmati Bakmoy dan secangkir kopi di Gayobies, maksud hati ingin mencicipi secangkir kopi dingin atau istilah kerennya cold brew di ABCD. Berharap antrian sudah sepi, kami kembali ke depan loket ABDC namun barista yang bertugas menginformasikan stok kopi sold out!

Tak ingin diliputi kecewa, sasaran pun beralih ke Bear & Co. Entah siapa  meracuni siapa, dalam sekejap tangan telah menggenggam segelas Grizzly.

Grizzly adalah salah satu menu spesial yang ditawarkan oleh Bear & Co. Sebagai penggembira kopi yang hanya menyesap kopi saat panggilan jiwa menggema; Grizzly membuat kepala berat. Aroma kopinya sangat kuat, rasa asamnya tertutup oleh pahitnya kopi yang akan tersisa di lidah. Bagi saya yang bukan penikmat kopi sejati harus berhati-hati. Tanpa memperhitungkan sebelumnya telah menyesap secangkir kopi itam di Gayobies; saya menyeruput Grizzly yang kandungan kafeinnya dua kali lipat dari kopi biasa karena proses brewingnya yang tak biasa.

bear & co, ngopidipasar, kedai kopi pasar santa

House Rules Bear & Co

Bayarnya sama Ibu saya ya,”pesan Shenia dengan senyum manisnya. Sebelum beranjak dari depan Shenia, Josh yang sedang bertugas mencuci gelas ikut nimbrung dan mengingatkan,”you can bring the glass keliling pasar but please remember to bring it back here.”

Pesan Josh adalah bagian dari peraturan yang diterapkan oleh Bear & Co yang tercantum dalam House Rulesnya. Mereka tak ingin si gelas menjadi yatim dan kesepian bila tak dikembalikan ke kedai.

grizzly, bear & co, ngopidipasar, kedai kopi pasar santa

My Grizzly sebelum dizzy, btw yg di asbak bukan punya saya lho ya (eh ada bang Morris lewat!)

Tiga buah meja berhimpit di dalam kedai serta beberapa bangku berjejer di luar digunakan bersama oleh pengunjung kedai-kedai yang ada di lantai 1 Pasar Santa. Setiap orang bebas untuk duduk dimana saja. Kalau tak kebagian bangku tangga pasar pun dijadikan tempat duduk yang nyaman untuk bersosialisasi.

Sama seperti sebagian besar pemilik kedai di Pasar Santa, Josh berjualan kopi karena hobi. Josh dikenali sebagai bule penjaja kopi keliling  yang sering mangkal dengan sepedanya di sekitar Sudirman – Thamrin saat Jakarta Car Free Day. Sedang bear adalah sebutan untuk 3 orang anaknya, Diva, Shenia dan Nicholas; yang kemudian dijadikan brand kopinya.

ngopidipasar, kedai kopi pasar santa, bear & co

It’s HOT! ‘Ngopi bareng duo founder Penulis Pengelana, Teguh Sudarisman dan Nofal Kurniawan

Baru seperempat isi gelas dialirkan ke tenggorokan, kepala terasa berat dan badan serasa melayang. Oh maaaak, saya mabok kopi! Tersadar mendapat pelajaran dari segelas kopi jangan silau pada rentetan tawaran yang menari di depan mata. Harus bisa mengendalikan hasrat agar tak melayang-layang dibuai harap. Aaakkkhhh i got dizzy with grizzly tapi tetap disesap saking penasaran pada rasanya. Saleum [oli3ve].

Advertisements