Tags

, , , ,


Apa yang kamu dapat dari sebuah perjalanan? Adakah yang engkau bagikan kepada orang lain ataukah hanya ingin kau nikmati sendiri? Lalu, untuk apa melakukan perjalanan?

Rijal Fahmi, pemilik blog Catperku (= Catatan Perjalananku) yang dihinggapi bosan hanya menggunggah foto perjalanan lewat facebook, mulai merambah dunia blog pada 2010 untuk berbagi cerita dan pengalaman perjalanannya. Baginya, traveling memberikan semangat dan optimisme untuk selalu maju berkembang.

Memiliki misi yang jelas saat membangun blog akan sangat membantu seorang blogger dalam menentukan ke mana blog tersebut mengarah.Cerita apa yang akan menghiasi rumah maya tersebut?

Sebagai seorang travel blogger, Fahmi membangun dan mengembangkan Catperku dengan misi untuk:

  • Menyebarkan semangat bahwa setiap orang bisa dan berhak untuk traveling: ada banyak manfaat yang bisa dipelajari dari sebuah perjalanan, pelajaran yang tidak didapatkan di bangku sekolah.
  • Menyebarkan semangat optimisme melalui traveling: perjalanan selalu bisa memberikan semangat dan optimisme untuk selalu maju berkembang.
  • Mengedukasi para pejalan untuk menjadi pejalan yang bertanggung jawab: pariwisata bagaikan pedang bermata dua. Jika dikelola dengan baik, akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat lokal, pemerintah, para pejalan juga negara. Sebaliknya, pariwisata akan menghancurkan alam ketika pengelolaannya tidak benar.

Beranjak dari misi tersebut, penulis buku perjalanan Traveler Notes: Bali the Island of Beauty dan Bersenang-senang di Bali, Bertualang di Lombok ini; berbagi cerita perjalanannya lewat Catperku. Jangan berharap untuk menemukan how to get there atau perhitungan budget perjalanan di sana karena cerita yang dibaginya adalah ungkapan rasa dari setiap perjalanan yang dijalaninya. Kalau ingin mengetahui petunjuk ke destinasi wisata, kamu harus beli bukunya Fahmi! dijamin jari jemari kaki langsung gatal hehe.

catperku, rijal fahmi

Backpackmoon Fahmi & Putri

Romantisme perjalanan bersama kekasih akan menghiasi catatan perjalan travel blogger yang baru saja mengangkat sauh dan mendayung biduk rumah tangga bersama Putri. Saat pengantin baru menikmati berbulan madu dengan pasangannya, Fahmi “meninggalkan” Putri untuk berkeliling Sulawesi bersama Terios 7 Wonders. Berjodoh dengan blogger harus siap untuk ditinggal saat panggilan langkah berdentang. Beruntunglah Fahmi yang berjodoh dengan Putri, seorang blogger yang disebutnya malas membaharui rumah mayanya.

Satu tip dari travel blogger yang menjadi langganan juara lomba blog ketika mengikuti ajang lomba adalah menulislah untuk siap kalah. Jangan dimaknai secara harafiah lho ya! Dari beberapa diskusi yang dilakukan antar anggota Travel Bloggers Indonesia, mereka yang memiliki panggilan untuk berbagi tak akan pernah berpikir untuk menyenangkan hati sendiri ketika menuliskan pengalamannya.

travel blogger indonesia, ariev rahman, indri juwono, wira nurmansyah, rijal fahmi

Travel blogger nggak sekedar berinteraksi di dunia maya, diskusi juga berlangsung di kedai kopi (susu ;)). Kika penulis, Indri Juwono, Ariev Rahman, Wira Nurmansyah dan Rijal Fahmi(doc. Ariev Rahman

Jadi ketika mengikuti satu lomba menulis pun, tujuannya adalah untuk berbagi sesuatu yang berguna bagi sesama. Kalah dan menang sudah ada yang mengatur (uhuk, kesenggol kak Danan), ehm … maksudnya rejeki dari Atas!

Sependapat dengan apa yang diungkapkan oleh Fahmi bahwa pariwisata, manusia dan alam bisa berdampingan dengan elok. Melalui blog, para blogger/travel blogger bisa berkontribusi untuk memajukan pariwisata Indonesia. Caranya? Bagikan informasi bermanfaat yang mengedukasi para pejalan serta memotivasi diri agar selalu bisa menjadi seorang responsible traveler alias pejalan yang bertanggung jawab.

Masih bingung untuk apa kamu berjalan? Tentukan sikapmu, tunjukkan aksimu. Saleum [oli3ve].

*****

Tulisan ini dibuat dalam rangka Hari Blogger Nasional yang jatuh pada 27 Oktober lalu. Dan berdasarkan kesepakatan, Travel Bloggers Indonesia melakukan arisan review blog antar anggota untuk dipublikasikan bersama pada hari ini, Sabtu, 1 Nopember 2014. Review lainnya silakan dibaca dari tautan berikut: