Tags

, , , ,


Jika berbicara destinasi wisata Belitung, yang terbayang tentulah pantai-pantai cantik dengan pemandangan alamnya yang indah. Tak bisa dipungkiri daya tarik wisata Belitung menuai kunjungan wisatawan karena terinspirasi film Laskar Pelangi yang dirilis pada 2008 lalu. Tapi jangan salah, destinasi wisata dengan panorama yang menggiurkan itu berada di wilayah barat Belitung sedangkan di bagian timur hanya kebagian bayang-bayangnya saja.

basuri tjahaja purnama, ahok, bupati belitung timur

Basuri Tjahaja Purnama, Bupati Belitung Timur

Wisatawan berkunjung ke Belitung Timur (Beltim) bisa dipastikan karena penasaran dengan Sekolah Muhammadiyah-nya Laskar Pelangi dan mengunjungi Museum Kata milik Andrea Hirata penulis novel Laskar Pelangi di Gantung.Sesudahnya, mereka akan segera bergegas menuju Belitung Barat (Belbar) untuk menikmati panorama alamnya.

Minimnya destinasi wisata di Beltim diakui oleh Basuri Tjahaja Purnama, Bupati Beltim. Namun, Basuri optimis 20 tahun mendatang Beltim akan muncul sebagai Kota Pelangi. Hal ini disampaikan Basuri dalam diskusi santai yang diadakan di serambi tengah rumah dinas bupati Beltim pada Rabu malam (24/09) lalu.

kerajinan belitung timur

Potensi lokal

Tampil dengan setelan blue jeans dan kemeja garis-garis biru yang lengannya dilinting, adik kandung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Wakil Gubernur DKI Jakarta ini; terus berbicara ceplas-ceplos. Berbagi tentang sistem Berikan Teruskan Pinjamkan (BTP) untuk menarik investor masuk ke Beltim. Rencana pembangunan prototype untuk mengolah tanah jarang dan uranium dengan teknologi tinggi sebagai persiapan antisipasi hilangnya timah dari Belitung serta pemanfaatan sumber energi listrik dari pohon.

Di bidang pariwisata, Basuri optimis Beltim akan berjalan selaras dengan Belbar. Dunia pariwisata akan maju hanya jika masyarakat lokal ikut terlibat di dalamnya tak hanya menjadi penonton. Masyarakatnya harus bisa menikmati buah dari perkembangan daerahnya dengan membuka peluang usaha bagi mereka. Basuri mengibaratkan daerahnya bak anak gadis jelita. Orang tak akan tahu dirinya punya anak gadis jelita jika si gadis tak pernah dirawat , dimandikan dan didandani. Demikian pula halnya dengan pariwisata Beltim yang memerlukan penanganan, pengelolaan dan promosi keluar yang baik.

batik simpor, batik belitung timur

Batik Simpor

Dalam rangka promosi destinasi wisata, pemda Beltim yang dimediasi oleh Depbudpar Beltim mengajak perwakilan investor, media, travel blogge, agen perjalanan serta komunitas yang menaruh minat pada kemajuan pariwisata Indonesi mengikuti kegiatan de’Beltim Tour 2014. Pada trip yang yang berlangsung selama 4 (empat) hari 22 – 25 September 2014; peserta diajak untuk melihat dari dekat ragam destinasi wisata yang sedang digarap, berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal, melihat keseharian mereka dengan tinggal di rumah penduduk.

Ke depannya Beltim akan mengembangkan Desa Wisata dengan konsep kampung sebagai destinasi wisata potensial. Di Desa Wisata ini wisatawan dapat tinggal dan menikmati kehidupan sebagai warga kampung, namun untuk tetap mempertahankan budaya luhur Indonesia; wisatawan tidak akan tinggal serumah dan berbaur dengan warga lokal. Lahan bekas galian tambang timah yang kini terbengkalai akan dikelola menjadi lahan berproduksi dengan membangun ranch park dan pembangunan Beltim Theme Park yang akan dipadukan dengan pasar kuliner di Manggar.

bupati belitung timur, Basuri Tjahaja Purnama

Ketika Tukang Kuburan bertemu Ko Yuyu, Bupati Belitung Timur

Ini rumah tua, kalau mau uji nyali silakan menginap di sini. Tak perlu bayar, rumah dinas ini boleh anda inapi asal kasih tahu kapan mau datang nanti disiapkan kamarnya,” seloroh Basuri di tengah diskusi. Di belakang rumah peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Bukit Samak, Manggar, Beltim dengan pemandangan panorama alam Beltim yang indah ini; sedang dalam tahap perencanaan untuk dibangun club house tanpa merusak bangunan yang telah ada, imbuhnya.

Basuri ingin melihat Belitung tampil sebagai pondasi internasional area B5 (Batam, Bangka, Belitung, Bandung, Bali) dan mengajak perusahaan penerbangan untuk bekerja sama membuka lebih banyak rute penerbangan ke Belitung.

belitung timur

Menang permainan tradisional

Pemda Beltim punya pe-er yang sangat berat untuk mewujudkan visi tersebut namun Basuri percaya, tetesan air di atas batu karang. Semua impian dan rencana masa depan untuk kemajuan pariwisata Beltim tersebut tidak akan terwujud tanpa usaha dan campur tangan dari semua pihak yang terlibat di dalamnya. Beltim adalah surga yang tersembunyi, gadis jelita yang sedang berdandan menuju Kota Pelangi. Jika bukan kita yang memulai untuk peduli dengan potensi daerah kita, lalu kepada siapa kita berharap? Saleum wisata [oli3ve].

*****

ps. tulisan ini sebelumnya dipublikasikan dan menjadi headline di Kompasiana, 1 Oktober 2014