Tags

, , ,


Libur akhir pekan biasanya dimanfaatkan oleh para pejalan untuk menghilang sejenak dari rutinitas dengan melakukan perjalanan ke berbagai destinasi wisata. Sehingga biasanya agak susah untuk mengatur janji pertemuan dengan para pejalan di jelang hingga week end berlalu. Namun, Sabtu (06/09/14) lalu menjadi akhir pekan spesial kala sekitar 100 orang pejalan yang juga aktif sebagai travel blogger/blogger dan awak media berkumpul di Ballroom Pullman Hotel, Central Park, Jakarta.

workshop skyscanner

Pembicara Workshop Skyscanner ki-ka: Dimas Surya Yaputra – Ticket.com, Anna Evrida Dartania – Garuda Indonesia, Ratna Suranti – Kemenparekraf, Tika Larasati – Skyscanner Indonesia; berselfie bersama Tekno Bolang dari Lostpacker.com

Adalah Skyscanner Indonesia yang berinisiatif mengumpulkan para penulis pejalan tersebut dalam kegiatan Skyscanner Workshop, Smart Travel Planningyang diselenggarakan bekerjasama dengan Kemenparekraf, Garuda Indonesia dan Tiket.com. Ini adalah kegiatan workshop pertama yang digelar setelah sebelumnya Skyscanner juga mengumpulkan para penulis pejalan di gathering Travel Blogscar 2014 bulan Maret lalu di kawasan Mega Kuningan Jakarta.

workshop skyscanner

Ragam kuis digelar untuk menyemarakkan workshop

Tampil sebagai pembuka Skyscanner Workshop, Tika Larasati, Marketing Manager Skyscanner Indonesia memaparkan evolusi dunia travel yang semakin condong ke arah online berdampak pada aktifitas para pejalan dalam merencanakan perjalanannya dengan lebih banyak memanfaatkan media online secara efisien.

Untuk itu Skyscanner hadir memberikan layanan dengan menyediakan informasi yang senantiasa dimutahirkan dengan fasilitas metasearch; satu sistem pencarian data dengan mengkombinasikan dan mengambil hasil pencarian data dari beberapa sumber pencari data utama. Hal ini akan membantu para pejalan untuk mengatur perjalanannya sesuai dengan dana, waktu, pilihan penerbangan serta tempat tinggal di destinasi wisata yang hendak dikunjungi.

workshop skyscanner

Rencanakan perjalananmu dengan pintar, hitung anggaran perjalanan dengan baik

Anna Evrida Dartania, Sr. Manager Digital Marketing, Garuda Indonesia; memberikan tips strategi menyusun rencana perjalanan pintar dengan membeli tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang murah, memilih maskapai penerbangan yang baik agar tidak kecewa saat melakukan perjalanan serta membandingkan harga tiket di beberapa situs online untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan dana.

workshop skyscanner

Cari pembanding melalui media online

Di situs Skyscanner, perencana perjalanan dapat melakukan pencarian perjalanan global untuk mendapatkan penerbangan yang obyektif, membandingkan harga kamar hotel dan sewa kendaraan di destinasi tujuan secara online. Hal ini diakui oleh Cofounder & Commercial Director Tiket.com, Dimas Surya Yaputra yang menyebutkan Skyscanner sebagai top three partner Tiket.com dalam memberikan layanan pembelian tiket dengan harga yang bersaing kepada para pejalan.

Mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Ratna Suranti, Direktur Pencitraan Indonesia; menuturkan misi Kemenparekraf untuk: mengundang sebanyak-banyaknya wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk menambah devisa negara serta mengajak sebanyak-banyaknya orang Indonesia untuk berwisata menikmati keindahan negerinya sendiri.

Karenanya Ratna mengajak para travel blogger untuk bekerja sama dalam mempromosikan destinasi wisata dengan berbagi pengalaman perjalanan melalui blog. Meski pada kesempatan yang sama Ratna pun menyadari untuk berwisata di dalam negeri kita masih terbentur pada masalah biaya yang cukup besar bila dibandingkan dengan berwisata ke luar negeri.

workshop skyscanner

Lima Juta keliling Sumatera😉

Kegiatan workshop diselingi pembagian door prize serta quiz dengan hadiah yang menarik. Di akhir workshop, para peserta diberi kesempatan untuk bekerja dalam kelompok membuat travel board dengan anggaran 5 juta rupiah. Hasil karya grup ini akan dilombakan untuk memenangkan hadiah voucher tiket pesawat Garuda Indonesia senilai 10 juta rupiah. Pemenang Kompetisi Travel Board ditentukan lewat voting melalui situs Skyscanner Indonesia.

Workshop Skyscanner ini sekaligus menjadi ajang kopi darat para travel blogger yang biasanya lebih banyak berinteraksi di media online. Terima kasih Skyscanner, saleum [oli3ve].