Putrajaya dari Petang hingga Malam Menjemput

cruise putrajaya

Putrajaya, pusat administrasi federal Malaysia yang resmi dibuka pada 19 Oktober 1995. Kota yang dibangun sesuai dengan perencanaan untuk menggantikan Kuala Lumpur yang sudah padat dan ruwet dengan kemacetan lalu lintasnya.

Istana Kehakiman Malaysia
Gedung Kehakiman dipandang dari Perbadanan Putrajaya

Nama Putrajaya diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia pertama Tunku Abdul Rahman Putra. Tahun 2001, Putrajaya resmi menjadi salah satu wilayah federal Malaysia setelah Kuala Lumpur dan Labuan.

tugu milenium putrajaya
Tugu Milenium

Sebuah kota yang terus berkembang, tak hanya berisi gedung-gedung perkantoran; Putrajaya juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, hotel maupun sekolah. Jika di hari kerja yang banyak lalu lalang di sana adalah orang-orang pemerintahan, maka di akhir pekan warga Malaysia maupun wisatawan akan berbondong-bondong memadati setiap sudutnya untuk menikmati matahari terbenam atau sekedar bercengkerama dengan keluarga di taman-taman kotanya.

sepeda santai di putrajaya
Mari mengayuh pusing-pusing di Putrajaya

Untuk urusan pengelolaan dan administrasi yang berlangsung di Wilayah Putrajaya dipegang oleh Perbadanan Putrajaya (PPJ). PPJ bertanggung jawab dalam hal perencanaan kota, perlindungan dan pengendalian lingkungan, perawatan fasilitas dan infrastruktur kota, kesehatan masyarakat termasuk dalam urusan pembuangan sampah.

Putrajaya bridge
Menikmati senja di Jembatan Putrajaya

Selain gedung pemerintahan, di dalam kawasan Putrajaya juga terdapat destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh masyarakat seperti Taman Botani, Equestrian Park Putrajaya, The Putrajaya Lake, Masjid Putra atau sekedar mengaso di Tugu Milenium. Di samping itu beragam agenda keriaan pun sering diadakan di seputar Putrajaya.

cruise putrajaya
Cruise Tasik Putrajaya
perahu dondang sayang
Perahu Dondang Sayang di Jeti Putrajaya

Cara paling asik menikmati senja di Putrajaya adalah dengan bersepeda. Maka pada satu sore ketika bertandang ke sana, saya memilih untuk menyusurinya sembari mengayuh sepeda pinjaman dari Perbadanan Putrajaya. Kala matahari siap beranjak ke peraduan, susurilah tasiknya dengan Perahu Dondang Sayang dan Cruise.

cruise di putrajaya
Sopir Cruise yang baik hati, di depan tuh jembatan Putrajaya yang terkenal
seafood putrajaya
Putrajaya Seafood
putrajaya seafood
Pemandangan dari meja makan

Ketika perut sudah mulai meronta, Putrajaya Seafood menjadi pilihan untuk mengisi tanki yang sudah kosong. Menikmati makan malam di pinggir tasik dengan panorama Putrajaya yang bercahaya diterangi lampu warna-warni dari gedung-gedung di sekelilingnya. Jangan tanya saya berapa biaya kerusakannya, karena setelah kenyang makan steam ikan, tinggal balik hotel buat tidur. Saleum [oli3ve].

One thought on “Putrajaya dari Petang hingga Malam Menjemput

  1. Aku kemarin ke KL tapi nggak sempet main ke Putrajaya. Udah berusaha ke sana naik KLIA Transit. Pas nyampe di Putrajaya Sentral, eh ternyata kotanya itu masih jauh ya. Kirain bisa langsung jalan dikit dari stesen. Waktunya cuma tinggal beberapa menit -,,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s