Tags

, , ,


Nissan, salah satu produsen mobil terbesar di dunia yang memulai bisnisnya di Jepang. Mengembangkan sayap dan masuk ke Indonesia dengan mengusung nama PT Nissan Motor Indonesia pada 2001. Di Indonesia, Nissan bergerak dalam bidang penjualan, distribusi, penyediaan suku cadang resmi, serta layanan purna jual produk.

Pada 2013 Nissan meluncurkan satu produk barunya, New Nissan March yang masuk ke pasar Indonesia pada Nopember 2013. Dalam rangka pengenalan produk tersebut kepada calon konsumen, Nissan bekerjasama dengan Kompasiana mengadakan Rally Wisata bersama New Nissan March. Kegiatan yang diikuti oleh 28 kompasianer terpilih ini, berlangsung Sabtu (07/06/2013) diawali dengan briefing di kantor cabang Nissan MT Haryono, Jakarta Selatan yang menjadi meeting point sekaligus starting point kegiatan.

New Nissan March

David Hicks, Supervisor for Sales and After-Sales Training and Development Specialist, Nissan Motor Indonesia memaparkan keunggulan New Nissan March

Briefing diawali dengan sambutan selamat datang dari Kompasiana diwakili oleh Nurulloh, salah seorang Admin Kompasiana serta dari Nissan, Budi Nur Mukmin, GM Marketing Strategy and Communication Division.

Sebelum dibagi kelompok, peserta dibekali product knowledge oleh David Hicks, Supervisor for Sales and After-Sales Training and Development Specialist Nissan Indonesia; sekaligus memaparkan keunggulan-keunggulan dari generasi keempat Nissan March yang akan dikendarai oleh peserta rally wisata.

Dalam paparannya, David juga menjelaskan mengenai fitur-fitur yang dibaharui pada New Nissan March yang bisa dicoba sendiri saat berkendara. Secara kasat mata, pada penampilan luar New Nissan March terlihat  desain grill dan bumper depannya yang baru. Logo Nissan di depan juga dibingkai dengan silver garnish berbentuk huruf V.

New Nissan March

Ragam pilihan warna yang ditawarkan New Nissan March

Hal yang menarik adalah adanya fitur Multi-Information Display untuk mencatat hari istimewa pemilik kendaraan dengan komputer trip, pemberitahuan dan peringatan, waktu perawatan kendaraan, serta pengingat kapan pengemudi beristirahat agar tidak kecapekan mengendara. Juga ada tambahan 4 (empat) parking sensor untuk menambah rasa aman saat hendak memarkir kendaraan.

New Nissan March


Beberapa fitur unggulan New Nissan March

Bila dilihat dari versi mesin, New Nissan March hadir dalam 3 (tiga) varian untuk mesin 1200cc, transmisi manual, transmisi otomatis dan XS transmisi otomatis. Sedang untuk versi 1500 cc hadir dalam 2 (dua) varian transmisi manual dan transmisi otomatis. Untuk warna konsumen dapat memilih pearl white, red metallic, pearl metallic, pink metallic, olive green, silver metallic dan black pearl.

Akhirnya, waktu yang dinanti pun tiba. Bersama duo Ben, Bung Ben Baharuddin Nur dan Kang Benny Ramdhani serta Kang Fajrudin Muchtar; kami mendapatkesempatan menguji coba New Nissan March 1200 cc Automatic Transmission. Sebelum melangkah ke tempat parkir, mas Aris dari Kompas Otomotif menyempatkan untuk memberikan tips berkendara yang baik dan aman. Bagaimana mengatur posisi duduk dan posisi tangan selama memegang kemudi.

New Nissan March

Pearl White, warna yang menggoda

Serah terima kendaraan pun dilakukan dengan mengisi formulir pengecekan kondisi dan kelengkapan kendaraan. Meski awalnya mengalami sedikit kendala saat starter kendaraan, kami mulai melaju menuju check point pertama Nissan TB Simatupang dengan menyusuri MT Haryono – Cawang – Mampang – Warung Buncit – Ring Road TB Simatupang.

Memasuki Mampang, laju lalu lintas sempat tersendat. Karena terhalang kendaraan di depan; kendaraan kami nyaris terbawa arus ke jalur Transjakarta. Kesigapan Bang Ben mengemudikan si pearl white dalam membelokkan kendaraan dan adanya Vehicle Dynamic Control (VDC) membuat seisi kendaraan tidak merasakan guncangan. Perasaan nyaman dan aman pun terasa karena sejak awal duduk di dalam kabin, baik yang mengemudi maupun penumpang dengan sigap mengenakan sabuk pengaman.

New Nissan March

Dari bentuk kuncinya, bisa dibedakan variannya

Dari TB Simatupang, peserta rally dilepas menuju check point kedua, rest area km 10 Cibubur. Saking nyamannya di dalam kendaraan dan stabilnya kecepatan laju kendaraan yang dikemudikan Kang Ben, kami terus melaju di sisi tengah hingga pintu masuk rest area pun terlewat. Di sinilah keuntungan membawa kendaraan dengan badan yang tidak terlalu lebar, tak mengalami kendala saat terpaksa melanggar peraturan dan memasuki kawasan rest area dengan meng-atret. Setelah beristirahat sejenak, semua peserta rally wisata kembali melaju di tol Jagorawi menuju garis finish, Sentul City.

Bagi yang suka berkendara dengan kendaraan kecil, sporty serta  memiliki ruang kabin dan penyimpanan yang lega, New Nissan March pilihannya. Saleum [oli3ve].

Advertisements