Perempuan di Dunia Maya

perempuan dan gadget

Satu siang di satu pusat jajan di selatan Jakarta, dari tempat duduk saya tampak empat orang perempuan duduk mengelilingi meja di depan, masing-masing tenggelam dan asik memainkan gadget dalam genggamannya. Pemandangan seperti ini lazim kita jumpai ketika berada di satu tempat, pula tak asing ketika berpapasan dengan seseorang yang berjalan sambil senyam-senyum sendiri memandangi gadget di tangan.

Ketika dunia manusia dibatasi oleh sebuah benda mati yang bisa dimainkan di tangan dan membuat menjelajah ke benua lain hanya lewat ujung jari, selamat datang di dunia digital!

dunia gadget
Tenggelam dengan gadget di tangan

Jejaring sosial telah meningkatkan konsumsi internet di kalangan netizen (istilah untuk pengguna internet). Jika kita melihat data survey yang dilakukan oleh MarkPlus Insight terjadi pertumbuhan netizen yang sehari-hari mengakses internet lebih dari 3 (tiga) jam dari 24,2 juta di 2012 menjadi 31,7 juta di 2013.

Sementara dari survey yang dilakukan oleh Nielsen menunjukkan sebanyak 6% perempuan memiliki setidaknya 1 (satu) akun jejaring sosial, disamping 7% pria yang enggan untuk melakukannya. Dari riset tersebut, juga didapati bahwa perempuan memiliki kecenderungan untuk menampilkan diri mereka sebagai pribadi digital. Hal ini didukung hasil MarkPlus bahwa 95% netizen mengakses internet melalui perangkat mobile (smartphone) mereka.

grafik pertumbuhan netizen
Angka pertumbuhan netizen di Indonesia

Bila kita memperhatikan data di atas, maka bisa ditebak keempat perempuan yang asik dengan gadget di tangan pada gambar di atas pastinya sedang mengakses jejaring sosialnya. Minimal satu di antara mereka berempat ada yang menuliskan status sedang berada dimana dengan siapa dan sedang apa?

Apakah hanya sebatas itu yang dilakukan oleh para netizen perempuan ketika menjelajah di dunia maya? Bagi perempuan yang cukup kreatif, mereka memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan beragam kegiatan seperti menyalurkan hobi menulis serta meraup pemasukan tambahan untuk menunjang kehidupan keluarga lewat bisnis online.

Dua tahun ini kegiatan menulis lewat blog mulai marak (lagi) dilakukan oleh para netizen, mereka bergabung dalam kelompok-kelompok sesuai dengan minatnya. Ada kelompok pejalan, kelompok yang senang kuliner, kelompok tari dan lain sebagainya.

perempuan dan gadget
online online

Kumpulan Emak Blogger (KEB) adalah satu diantara sekian banyak kelompok blogger yang dibangun lewat jejaring sosial. Dari namanya sudah bisa ditebak anggotanya tentulah blogger-blogger perempuan yang menyalurkan kesukaan menulis lewat blog. Lewat kelompok ini mereka berbagi beragam informasi tak hanya seputar dunia tulis menulis namun juga berbagi inspirasi seputar lika-liku kehidupan rumah tangga, dunia perempuan, pendidikan dan lain sebagainya. [oli3ve]

*Tulisan ini dibuat dalam rangka seleksi tahap II #50FinalisSB2014 yang diselenggarakan oleh KEB.

FP_FBtwitter_emak blogger

48 thoughts on “Perempuan di Dunia Maya

  1. di rumahku kadang suamiku baca koran sembari pegang HP, aku asyik berjelajah blog di hape juga, anakku asik pegang tablet..iseng ngedownload game…tsyaah…

    Tenggelam dalam kenikmatan internet masing-masing

  2. Hehehe… aku dulu begitu, Mak. Langganan internet cuma buat facebook-an aja. Duh… sia-sia aja ya bayar mahal-mahal. Untung deh nyemplung di KEB, jadinya bisa lebih produktif. Sukses, Maaaak.^^

  3. Mak, saya sering mendapati, dalam acara keluarga sekali pun banyak perempuan yang asyik dengan gadgetnya. Bahkan di acara kematian. Mau ngajak ngobrol rasanya gimana gitu. Takut mengganggu. Kalo pun diajak ngobrol sebentar2 mereka melirik gadgetnya lagi, itu pertanda bahwa mereka gak mau diganggu ya? Interaksi secara fisik berkurang di jaman ini. Kelihatannya saja badan sama2 ada di satu tempat tapi pikiran entah di mana.

    Wuih, biar mefet .. keren koq ini … justru yang kerja mefet itu risetnya lebih dalaaam. Sukses ke babak berikutnya ya Mak πŸ™‚

  4. Benar sekali Mak Olyvia, sekarang ini seringkali kita lihat sebuah keluarga terdiri dari suami isteri dan anak. masing2 asyik dengan gadget nya padahal mereka sedang berada di sebuah restoran siap saji. Apakah ini sebuah kemajuan zaman, atau apa ya? Good Luck buat mu !

    1. antara kemajuan dan kemunduran bu, kemajuan karena dari segi ekonomi mampu untuk membekali masing2 anggota keluarga dengan gadget terbaru. disebut kemunduran karena interaksi sosial dengan sekitar jadi terpagari oleh benda mati itu

      salam sukses untuk ibu juga

  5. Yups.. bagi perempuan yang cerdik dan kreatif pasti akan memanfaatkan internet utk mengembangkan dan memudahkan mereka dalam menjalankan aneka perannya. Kalau hanya untuk aktif di sosial media, maka manfaat yg mereka dapatkan tidak akan maksimal πŸ™‚
    Sukses untukmu Mak πŸ™‚

  6. hihihiiii..,baru nyadar setelah liat foto di atas. Kayaknya nggak enak banget ya? masing-masing sibuk dengan gadgetnya sendiri. Eh, udah gitu kalo makanannya datang, suka di foto dulu.. update dulu.. ya ampuuun. Semoga pada sadar juga, ada saat-saat penting, di mana gadget harus di simpan dulu. Makin pintar menggunakannya, baru makin besar manfaatnya..
    Sukses ya, maak πŸ™‚

      1. eh aku termasuk yg suka motret makanan, ngga langsung buat update status sih, buat koleksi aja. Siapa tau nanti2 dibutuhkan untuk bahan postingan πŸ˜€

        Nebeng komen di sini aja ah, heheh
        Sukses ya Mak ..

  7. saya paling sebel kalo lagi ada acara kumpul2, bukannya silaturahmi malah asyik dg gajet masing2. saya jd bengong sendiri krn sy satu2nya yg ga pake smartpon..eh kok curhat :p
    Semoga sukses dan maju terus ya Mak ^_^

  8. Kalau gak dimanfaatkan dengan benar, gadget bisa mendekatkan yang jauh, tapi malah menjauhkan yang dekat. Kadang rindu obrolan yang tidak diganggu gadget mbak πŸ™‚

  9. Pemandangan seperti di atas sering banget saya jumpai, Mba. Dilingkungan saya pun seperi itu. πŸ™‚
    Semoga saya gak separah ituu deh. Senyum2 sendiri dengan hapee. πŸ˜€

  10. Iya bener mak. Krn internet kita bisa nemuin semua orang asik dengan gadgetnya ya. Internet menjadikan kita lebih produktif dengan waktu senggang πŸ™‚

Leave a Reply to dhaverst Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s