Tags

, , ,


Masih terlalu sore untuk memulai santap malam. Sayangnya, bagi kami tak ada istilah makan terlalu cepat dari jadwal umum orang makan malam. Jadi sah-sah saja bila hari itu pk 17.00 kami sudah duduk manis mengelilingi sebuah meja panjang di RM Sari Rasa, Kudus; menanti pesanan yang konon katanya bisa bikin lidah bergoyang. Ketika pandangan diedarkan ternyata bukan hanya meja kami yang penuh, tapi di beberapa meja lain juga tampak ada penghuninya. Artinya, kami tak sendiri makan sore.

garang asam kudus

asikk, mbaknya datang

Menu favorit rumah makan ini adalah Garang Asam. Sudah garang, asam pula! Jangan membayangkan yang keluar adalah mas-mas dengan gaya beringas dan bermuka masam. Karena yang kemudian tersaji di depan mata adalah bungkusan daun pisang yang masih terasa panas. Begitu dibuka, hmmmm …. ngebul dan aromanya menyebar kemana-mana.

Jika belum pernah merasakan nikmatnya Garang Asam, mungkin anda akan bertanya jenis makanan apa gerangan yang telah membawa kami jauh-jauh sampai ke Kudus, Jawa Tengah untuk mencicipinya. Sebenarnya tanpa disengaja juga, karena kami melewati kota santri ini dalam perjalanan pulang ke Semarang setelah ‘nyandu di orong candu, Lasem. Habis nyandu menjadi garang dan asem? Sakauwwww ????

garang asam kudus

Garang Asam Ayam

Tentu TIDAK!! Garang Asam adalah salah satu masakan khas Purwodadi, namun saat ini menjadi terkenal sebagai kuliner Kudus. Potongan ayam kampung kecil-kecil ditimbun dengan irisan tomat hijau, belimbing, cabai hijau, bawang putih dan aneka bumbu, dibungkus daun pisang lalu dimasak dengan cara dikukus selama beberapa jam. Hasilnya? Daging ayam yang empuk dengan kuah yang nyangkut di lidah dengan campuran nano-nano menggemaskan. Asam, pedas dan segar!

garang asam kudus

Masih sore tapi sudah ramai yang makan

sari rasa kudus

RM Sari Rasa, Kudus yang tersohor itu

Bila bertandang ke Sari  Rasa, pilihannya ada tiga : ayam, jeroan dan cakar ayam; silakan dipesan sesuai selera.  Untuk teman makan di sekitar meja tersedia aneka kerupuk dan juga tersedia menu lainnya yang bisa dipesan jika perut masih meronta.

garang asam kudus

Satu porsi bisa buat berdua, tapi di meja ini satu orang satu porsi

Total kerusakan per orang hanya berkisar Rp 20,000an sudah membuat hati riang siap berdendang. Ujung-ujungnya aneka buah tangan yang berserakan di atas meja pajangan pun berpindah ke dalam kantong-kantong belanja. Meski hanya duduk sejam, perut puas hati senang. Belum ke Kudus bila tak mencicipi Garang Asam dan membawa pulang Jenang Kudus. Selamat makan Indonesia, saleum [oli3ve].