Garang Asem Nikmatnya Kudus

garang asam kudus

Masih terlalu sore untuk memulai santap malam. Sayangnya, bagi kami tak ada istilah makan terlalu cepat dari jadwal umum orang makan malam. Jadi sah-sah saja bila hari itu pk 17.00 kami sudah duduk manis mengelilingi sebuah meja panjang di RM Sari Rasa, Kudus; menanti pesanan yang konon katanya bisa bikin lidah bergoyang. Ketika pandangan diedarkan ternyata bukan hanya meja kami yang penuh, tapi di beberapa meja lain juga tampak ada penghuninya. Artinya, kami tak sendiri makan sore.

Menu favorit rumah makan ini adalah Garang Asam. Sudah garang, asam pula! Jangan membayangkan yang keluar adalah mas-mas dengan gaya beringas dan bermuka masam. Karena yang kemudian tersaji di depan mata adalah bungkusan daun pisang yang masih terasa panas. Begitu dibuka, hmmmm …. ngebul dan aromanya menyebar kemana-mana.

garang asam kudus
asikk, mbaknya datang

Jika belum pernah merasakan nikmatnya Garang Asam, mungkin anda akan bertanya jenis makanan apa gerangan yang telah membawa kami jauh-jauh sampai ke Kudus, Jawa Tengah untuk mencicipinya. Sebenarnya tanpa disengaja juga, karena kami melewati kota santri ini dalam perjalanan pulang ke Semarang setelah ‘nyandu di orong candu, Lasem. Habis nyandu menjadi garang dan asem? Sakauwwww ????

garang asam kudus
Garang Asam Ayam

Tentu TIDAK!! Garang Asam adalah salah satu masakan khas Purwodadi, namun saat ini menjadi terkenal sebagai kuliner Kudus. Potongan ayam kampung kecil-kecil ditimbun dengan irisan tomat hijau, belimbing, cabai hijau, bawang putih dan aneka bumbu, dibungkus daun pisang lalu dimasak dengan cara dikukus selama beberapa jam. Hasilnya? Daging ayam yang empuk dengan kuah yang nyangkut di lidah dengan campuran nano-nano menggemaskan. Asam, pedas dan segar!

garang asam kudus
Masih sore tapi sudah ramai yang makan
sari rasa kudus
RM Sari Rasa, Kudus yang tersohor itu

Bila bertandang ke Sari  Rasa, pilihannya ada tiga : ayam, jeroan dan cakar ayam; silakan dipesan sesuai selera.  Untuk teman makan di sekitar meja tersedia aneka kerupuk dan juga tersedia menu lainnya yang bisa dipesan jika perut masih meronta.

garang asam kudus
Satu porsi bisa buat berdua, tapi di meja ini satu orang satu porsi

Total kerusakan per orang hanya berkisar Rp 20,000an sudah membuat hati riang siap berdendang. Ujung-ujungnya aneka buah tangan yang berserakan di atas meja pajangan pun berpindah ke dalam kantong-kantong belanja. Meski hanya duduk sejam, perut puas hati senang. Belum ke Kudus bila tak mencicipi Garang Asam dan membawa pulang Jenang Kudus. Selamat makan Indonesia, saleum [oli3ve].

16 thoughts on “Garang Asem Nikmatnya Kudus

  1. Wah, deket kantor bapakku itu mbak… tapi sebenernya ada yang lebih nyakar lho garang asemnya yang di deket rumah. btw kalau masih ingat kudus, ini sekarang lagi dilanda banjir di 26 desa… pray for us, semoga korban dan relawan tetap kuat..

  2. baca namanya “garang asem” jadi pengen coba, e terus baca bahan dasarnya “irisan tomat hijau, belimbing, cabai hijau” kok kayaknya pedes dan asem nya 😐 pedesnya sih suka kak, tapi asemnya itu -,- gak tahan

    1. hi Fahmi, namanya sih garang dan asem tapi cobain deh rasanya bersahabat koq
      nggak terlalu asem dan nggak terlalu garang aka pedes. karena aku sendiri bukan penikmat pedes maupun asem 😉

      kalo yg jual di seputar Jakarta rasanya manis2 asem, tapi pernah makan pk 01 pagi di Nagreg itu wueenaaaaak banget, entah karena lapar atau karena memang mas yg jualan bikinnya pinter hehe

  3. Helooow Mak Olyvia, aiiih kenapa ga bilang2 mau mampir ke RM Sari Rasa.. hehehehe, ya udah ikutan hepi tau mak suka sama menu Garang Asam. Btw selamat melaju ke final ya Mak. #50FinalisSB2014
    Salam dari Kudus….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s