Tags

, ,


Seorang dosen saya dulu suka bercanda garing begini,”Kamu tahu kan jumlah huruf alfabet itu 26? Belanda cuma punya 23 lho! TIGA hurufnya terbang!” Saat protes dilancarkan, dengan enteng si bapak dosen membalas dengan seringainya,”coba aja cek, KLM-nya terbang kemana?” *garing habis kan?*

KLM (= Koninklijke Luchtvaart Maatschappij) Royal Dutch Airlines, adalah maskapai penerbangan tertua di dunia yang didirikan 7 Oktober 1919. Pada 17 Mei 1920m KLM melakukan penerbangan perdana dari London ke Amsterdam. Sejak didirikan, nama KLM tetap melekat sebagai nama resmi maskapai penerbangan milik Negara Kincir Angin, Belanda ini. Sebagai orang Indonesia, bolehlah kita berbangga karena penerbangan dan pendaratan perdana antar benua KLM pada 1924 adalah dari Amsterdam ke Batavia (sekarang Jakarta).

Berbicara tentang KLM membuat saya teringat perjalanan dadakan sewaktu mengikuti Fam Trip yang diadakan oleh AF KLM Jakarta beberapa tahun yang lalu. Dadakan karena mendapatkan tawaran untuk menggantikan seorang kawan yang mendadak tak bisa jalan beberapa jam sebelum kegiatan berlangsung. Meski saat itu hanya berkeliling sekejap melihat beragam kegiatan dari kantor AF KLM hingga ngintip aktifitas dalam pesawat KLM di Soekarno Hatta, ada satu kebanggan tersendiri ketika berkesempatan untuk masuk kokpit dan membayangkan menerbangkan pesawat dari Cengkareng – Schiphol. Bukannya sampai Amsterdam, waktu itu mendaratnya di Paris van Java!

KLM

Merasakan duduk di kokpit KLM

Fam Trip AFKLM

Fam Trip AFKLM 2008 (udah lama banget yaaa)

Tak dapat dipungkiri persaingan di antara maskapai penerbangan untuk memberikan layanan terbaik kepada calon penumpangnya membuat setiap perusahaan berusaha untuk memaksimalkan fasilitas layanannya. Untuk mengetahui seberapa besar atensi calon penumpang terhadap fasilitas yang diberikan, baru-baru ini KLM mengadakan tantangan crowdsourcing Asia untuk membuat video kreatif seputar jasa layanan lewat aplikasi KLM mobile online.

Salah satu video terbaik yang dihasilkan dari program tersebut adalah Chopsticks yang bisa dilihat lewat tayangan berikut:

Full control of your trip with your mobile! Yuk terbang-terbang! Mari memupuk mimpi, menggapai angkasa bersama KLM, salam pejalan [oli3ve].

**Tulisan ini disponsori oleh KLM Royal Dutch Airlines.