Tags

, ,


Mungkin saya pejalan paling norak yang ngakunya doyan wisata kuliner tapi baru tergoda untuk mencicipi Laksa Bogor pertengahan tahun lalu setelah beberapa kali mondar-mandir jajan ke Bogor. Keren ya, jajannya ke Bogor lho!🙂

Jujur kalo dari segi tampilan, saya gak begitu tertarik dengan makanan yang terlihat berminyak, berkuah santan dan semacamnya. Lha koq bisa mendadak mau mencicipi Laksa Bogor?

laksa bogor

Laksa Bogor pertamaku di warung Engkoh

Jadi ceritanya usai jamuan minum teh di peristirahatan Raden Saleh (apa gak keren tuh dijamu minum teh di peristirahatan maestro? hehe), berdua kawan kami turun dari Bondongan ke Bogor mencari pengganjal perut sebelum mengejar kereta ke Jakarta. Sebenarnya si Laksa Bogor ini tak ada dalam daftar target karena yang terbayang-bayang selama di angkot adalah jus sirsak, semur jengkol dan ayam goreng Warung Doyong. Herannya saat mendengar angkot sebelah teriak Surken, mendadak berubah pikiran pindah angkot meluncur ke Suryakencana.

Sampai tujuan setelah kaki pegel dan bingung mengintip penjual makanan sepanjang Surken, mata kepentok si Engkoh yang lagi asik meracik sesuatu di gerobak makanan yang tak terlalu ramai. Di gerobaknya terbaca tulisan berwarna kuning mencolok “LAKSA BOGOR”, hmmm … pertanda sudah saatnya mencicipi makanan ini.

laksa bogor

yuk mariiiiii diubek-ubek *slurrrrp*

Ternyata emang norak, begitu semangkok laksa pesanan muncul di meja gak sabar untuk mengubek-ubek isinya. Mencicipinya seujung sendok demi seujung sendok hingga berasa asik di lidah baru deh dibantai hingga tandas.

Kuah laksa ini guriiih, selidik punya selidik ternyata dibuat dari campuran kelapa dan oncom. Kuah ini disiram ke mangkok yang berisi bihun, ketupat, tahu, taoge, daun kemangi terus kalo gak salah ada tambahan udang sama telor juga. Meski bukan pendoyan kerupuk, ternyata saat makan Laksa Bogor si kerupuk ikut nimbrung di mangkok hingga kebawa arus ke perut.

O,ya seporsi Laksa Bogor Engkoh plus air mineral botolan ini dipukul rata Rp 10,000 saja. Aaaahh, jadi lapar dan pengen sarapan Laksa Bogor [oli3ve].