Tags

, , ,


Masih ingat bagaimana keluarga bapak SBY menuai banyak kritik seputar pernikahan kedua puteranya yang dilangsungkan di istana kepresidenan November 2011 lalu? Putera pertama, Agus melangsungkan resepsi pernikahan dengan Anissa Pohan Juli 2005 di Istana Bogor; sedang putera kedua Ibas melakukan ijab kabul dengan Aliya di Istana Cipanas (Kamis 24/11/11). Menurut berita yang beredar di media, Ibas memilih istana Cipanas karena di tempat itulah dirinya pertama kali bertemu dengan Aliya. Saya pribadi yakin, selain alasan tersebut Ibas memilih melangsungkan acara spesialnya di Cipanas karena daya tarik keindahan suasana di tempat itu. Ibas+Aliya bukanlah pasangan pertama yang melangsungkan akad nikah di Istana Cipanas karena pada tahun 1953, Soekarno+Hartini pun melangsungkan akad nikahnya di sini. Udara yang sejuk, tenang, damai menjadikan istana Cipanas tempat yang romantis untuk menghelat pernikahan suci. Hal itu yang saya rasakan ketika berkunjung ke Istana Cipanas enam tahun lalu bahkan sempat berandai-andai mengadakan acara di tempat itu.

Saya jadi teringat pelajaran PMP waktu SD ketika ibu guru menjelaskan 6 (enam) istana kepresidenan yang ada di Indonesia yaitu: Istana Merdeka, Istana Negara, Istana Bogor, Istana Yogyakarta atau Gedung Agung. Istana Cipanas dan Istana Tampaksiring, Bali. Nah, dari keenam istana tersebut, istana mana yang pernah anda kunjungi? Atau belum pernah sama sekali? Atau hanya menatap dari kejauhan, menikmatinya di layar kaca karena berita pendemo di depan salah satu istana? Masyarakat kita banyak yang belum tahu bahwa keenam istana tersebut terbuka dikunjungi umum, tentunya dengan catatan harus mengikuti Peraturan Rumah Tangga Kepresidenan RI yang berlaku.

Sebagai pejalan dan penikmat bangunan sejarah, 3 Mei 2005 hasrat untuk berkunjung dan mengitari Istana Cipanas dan Istana Bogor tersalurkan bersama Sahabat Museum. Dan pada 2009 kami kembali masuk ke Istana Merdeka dan Istana Negara, Jakarta. Jadi tinggal Istana Yogyakarta dan Tampaksiring yang baru dinikmati dari balik pagar saja.

13367061951454867717

Fakta seputar Istana Kepresidenan RI :

  • Bangunannya dibangun pada masa pemerintahan Belanda sebagai rumah tinggal/tempat peristirahatan Gubernur Jenderal
  • Istana kepresidenan bisa dikunjungi oleh publik dengan terlebih dahulu mengajukan surat permohonan ijin kunjungan ke Sekretaris Kepresidenan RI (khusus untuk istana yang ada di daerah)
  • Istana dibuka utuk pengunjung pada hari kerja (Senin-Jumat) kecuali Istana Merdeka & Istana Negara pada Sabtu-Minggu
  • Istana Merdeka adalah tempat tinggal resmi presiden sedang Istana Negara adalah kantor presiden. Selama menjabat sebagai presiden hanya Soekarno, Abdurrahman Wahid dan SBY yang tinggal di istana. Soeharto dan Megawati tinggal di rumah pribadi.
  • Tidak diperkenankan memotret di dalam kawasan istana, beruntung deh waktu ke Cipanas dan Bogor masih diberi ijin. Sedang di Istana Merdeka & Negara hanya boleh foto kelompok bak menteri kabinet di tangga istana, siap tidak siap tukang foto tidak akan memberi aba-aba tiba-tiba sudah memencet shutter dan tidak ada reka ulang. Terima jadi deh gaya anda hehe

Dalam rangka hari ulang tahun kota Bogor yang ke-530, Istana Bogor kembali akan dibuka untuk umum pada 14 – 16 Mei 2012 dan 19-20 Mei 2012. Istana Bogor atau dulu dikenal dengan Buitenzorg dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Baron van Imhoff th 1744. Di halaman belakang istana terdapat kebun besar (=luas) yang pada 1817 pengelolaannya dipisahkan dari istana, kebun ini sekarang dikenal dengan Kebun Raya Bogor. Bangunan istana yang ada saat ini bukanlah bangunan awal karena pada 1834 bangunannya rusak berat akibat gempa sehingga dilakukan renovasi dan dibangun baru pada 1850.

Tertarik untuk berkunjung ke Istana Bogor? Tak perlu repot mengurus surat ijin, silahkan datang langsung dan mendaftar di lokasi pada tanggal tersebut di atas. Jangan lupa, kenakan pakaian yang rapi dan sopan ya. Salam wisata sejarah. [oli3ve]

Advertisements