Tags

, , , ,


Novel epik menawan yang mengundang decak kagum pada Kaisar Perempuan yang berkuasa paling lama di Cina. Kisah perjuangan, cinta, ambisi & perjalanan hidup seorang gadis desa yang cantik dan menawan hingga menduduki tahta menjadi Maharani yang berhasil menyatukan Cina : Orchid aka Putri Yehonala.

empress orchid

Kisahnya yang memilukan diawali dari perjalanannya bersama sang Ibu membawa peti mati ayahnya mantan Gubernur Wuhu .. Hidup kebangsawananku dimulai dengan bau busuk. Bau busuk yang datang dari peti mati ayahku – dia telah dua bulan wafat dan kami masih juga membawa-bawanya, mencoba untuk mencapai Peking, kota kelahirannya, untuk dimakamkan.

Nasibnya berubah ketika Yehonala terpilih menjadi selir kerajaan Tingkat Keempat Kaisar Hsien Feng dengan gelar Putri Kebajikan nan Tak Tertandingi dalam Kontes Pendamping Kaisar di Kota Terlarang. Darinya lahir seorang putera mahkota, perjuangannya untuk melawan tidak hanya musuh dari luar tembok Kota Terlarang namun juga intrik keji dari dalam istana sendiri yang berusaha menjatuhkannya. Yehonala harus memimpin Cina yang terpuruk dan bergolak setelah kekalahan pelik dalam Perang Mancu; kekalahan yang memaksa Cina untuk membuka diri dari isolasi terhadap dunia luar.

menyerah artinya engkau menerima nasib,
menyerah artinya engkau menciptakan kedamaian,
menyerah artinya engkau menjadi pemenang, dan
menyerah artinya engkau memiliki segalanya

Sebuah perenungan dan pelajaran berharga tentang pentingnya sebuah perubahan. Sejarah, budaya dan sudut Kota Terlarang dituliskan dengan sangat detail. Sangat direkomendasikan untuk pecinta sejarah, novelnya ruarrrrrrr biasaaaa! [oli3ve]

Advertisements