Tags

, , , ,


Tahun 2005, saat pertama kali berjalan-jalan di seputar kota tua Semarang saya tertarik dengan sebuah bangunan tak terawat yang berdiri tak jauh dari tumpukan sampah. Ternyata bangunan tersebut adalah bekas perkantoran Oei Tiong Ham Concern (OTHC) sebuah kongsi dagang yang berdiri pada 1863.

oei tiong ham

Siapa orang terkaya di Indonesia?

Di negeri asalnya sendiri tak banyak yang mengenalnya, bahkan sekadar tahu pun mungkin tidak. Atau anda doyan jalan ke Singapura? Orchard road tahu donk, kalau Oei Tiong Ham road atau Oei Tiong Ham Memorial Hall?

Apa hubungannya orang yang oleh koran Soerabaiach Handlesblad disebut sebagai “The Richest Man Between Shanghai & Aussie” dengan Rajawali Nusantara Indonesia (RNI)?

Kegigihan, keberanian dan ketangguhan Oei Tiong Ham disejajarkan dengan Sun Yat Sen. Tanggal lahir mereka pun hanya beda 7 hari, Tiong Ham lahir 19 Nov 1866 sedang Sun Yat Sen 12 Nov 1899. Jejak peninggalannnya tersebar di Asia, Eropa dan Amerika; konon Sun Yat Sen meninggal di istana OTH di Beijing pada 1925.

Oei Tiong Ham seorang Major Cina dari Semarang sangat dihormati di Singapura tapi tidak dikenal di negeri asalnya, Indonesia. Namanya pernah diabadikan jadi nama jalan di Semarang yang sekarang dikenal sebagai Jl Pemuda.

Membaca buku ini, wajib pula membaca kisah putri emasnya Oei Hui Lan, saleum [oli3ve].

Advertisements