Tags

,


Sebuah buku yang diangkat dari catatan harian seorang gadis belia Anne Frank di tempat persembunyian selama dalam masa pelarian dari kekejaman Nazi bersama keluarganya.

Kuharap aku bisa membeberkan segala rahasia kepadamu, sebagaimana aku tidak pernah bisa membeberkan rahasia kepada siapa pun, dan kuharap engkau akan menjadi sumber kenyamanan dan dorongan yang kuat.

anne frank

Gambar pinjem dari mbak Google

Annelies Marie Frank, lahir dalam keluarga keturunan Yahudi pada 12 Juni 1929 di Frankfurt. Ayahnya Otto Frank seorang bisnisman Belanda sedang Ibunya Edith Frank Hollander seorang Yahudi. Otto Frank adalah satu-satunya keluarganya yang selamat dari kekejaman di kamp konsentrasi yang akhirnya menerbitkan buku harian Anne.

Kamis 11 Mei 1944, kepada Kitty Anne menulis : Sudah lama kamu tahu impian terbesarku adalah menjadi jurnalis dan penulis terkenal. Nanti setelah perang aku ingin menerbitkan sebuah buku yang berjudul “The Secret Annex”. Dari situ akan terlihat apakah aku akan berhasil, tetapi diariku bisa menjadi dasarnya.

Anne menggapai impiannya menjadi penulis terkenal tercapai setelah curahan hatinya kepada Kitty buku harian kado dari ayahnya di ulang tahunnya yang ke-13 diterbitkan menjadi buku dengan judul Het Achterhuis (Anne Frank: A Young Girl’s Diarypada) pada 1947.

anne frankBuku harian Anne Frank adalah monumen bagi semangatnya yang luar biasa dan orang-orang yang mengupayakan perdamaian. Membaca buku ini adalah pengalaman yang memperkaya dan bermanfaat. – [Eleanor Roosevelt, mantan Ibu Negara Amerika Serikat]

Kisah yang sangat inspiratif dari seorang gadis belia yang hidup dan bertumbuh di bawah tekanan tentara Nazi. Anne Frank meninggal di kamp konsentrasi Bergen-Belsen 3 (tiga) bulan menjelang hari ulang tahunnya yang ke-16, saleum [oli3ve].

Advertisements