anak jalanan, anak siapa ?


mereka lahir, bertumbuh dan menjamur di setiap sudut keramaian kota. berbagai cara mereka lakukan untuk menarik perhatian pengguna jalan agar berbaik hati mengulurkan sekeping koin atau selembar uang kertas ke dalam kantong bekas permen yg disodorkan.

pernah ada sepasang anak yg naik bis kota, mengenakan seragam sekolah memulai “pertunjukan” dengan kata pembuka “mencari tambahan untuk  uang sekolah karena orang tua sudah tidak mampu”. benar tidaknya hanya mereka dan Tuhan yg tahu. kapan belajarnya kalau dari pagi sampai malam berkeliaran di jalanan ? atau mungkin saja mereka ikut kejar paket A 😉

beberapa kali pernah memergoki sebuah truk besar menurunkan serombongan anak-anak di bawah umur di salah satu persimpangan jalan yg ramai. dari yg masih bayi hingga usia remaja. kepolosan mereka pernah membuat seorang teman berurai air mata di atas metromini & ujung-ujungnya dia menyodorkan gocengan saking gak teganya melihat ingus si anak mengalir saingan dengan air mata untuk menarik perhatian.

entah mereka direkrut ataukah diambil paksa dari keluarganya, konon kabarnya mereka ada yg “melindungi”. pelindungnya adalah bos yg mempekerjakan mereka untuk mengemis dan duduk santai di keremangan jalan diam-diam memantau pekerjaan anak buahnya.

anak jalanan kumbang metropolitan
selalu dalam kesepian
anak jalanan korban kemunafikan
selalu kesepian di keramaian

tiada tempat untuk mengadu
tempat mencurahkan isi kalbu
cinta kasih dari ayah dan ibu
hanyalah peri yang palsu

[anak jalanan – chrisye]

12 thoughts on “anak jalanan, anak siapa ?

  1. hmmmm…. harusnya pemerintah yg turun tangan unt ngurusin mereka, sayang pemerintah kita cuma ngurusin dirinya sendiri 😦 waktu di Bali pernah mencoba untuk ngumpulin mereka ternyata syusaaah sekali mereka sudah keenakan dgn kehidupan bebas…

  2. hmmmm…. harusnya pemerintah yg turun tangan unt ngurusin mereka, sayang pemerintah kita cuma ngurusin dirinya sendiri 😦 waktu di Bali pernah mencoba untuk ngumpulin mereka ternyata syusaaah sekali mereka sudah keenakan dgn kehidupan bebas…

  3. yaaaa, karena mereka telah terbiasa hidup di jalan; rasanya bebas merdeka tanpa ada “aturan” yg mengikat. ada satu anak yg selalu menarik perhatian saya selama 3-4 tahun ini, dari suaranya masih kanak2 hingga berubah nge-bass. kalo ketemu dia aku suka ingat si gerald, seumuran tapi beda pengalaman 😉

  4. yaaaa, karena mereka telah terbiasa hidup di jalan; rasanya bebas merdeka tanpa ada “aturan” yg mengikat. ada satu anak yg selalu menarik perhatian saya selama 3-4 tahun ini, dari suaranya masih kanak2 hingga berubah nge-bass. kalo ketemu dia aku suka ingat si gerald, seumuran tapi beda pengalaman 😉

  5. prihatin, tapi ada diantara mereka yg songong gitu lho
    pernah ada 2 anak usia tanggung lagi ngamen di bis, ditengah2 lagu terdenger suara hp berbunyi terus si anak yg nyanyi berhenti dan lari ke belakang. dia duduk di bangku belakang gw sambil nunduk2 berusaha memelankan suaranya. sepertinya panggilan dari markas

    penampilan sih lusuh, tapi komunikasinya pake hp lhooo artinya kehidupan mereka lumayan bagus donk 😉

  6. prihatin, tapi ada diantara mereka yg songong gitu lho
    pernah ada 2 anak usia tanggung lagi ngamen di bis, ditengah2 lagu terdenger suara hp berbunyi terus si anak yg nyanyi berhenti dan lari ke belakang. dia duduk di bangku belakang gw sambil nunduk2 berusaha memelankan suaranya. sepertinya panggilan dari markas

    penampilan sih lusuh, tapi komunikasinya pake hp lhooo artinya kehidupan mereka lumayan bagus donk 😉

  7. ngeri amat, hp yg dipakai utk komunikasi dg bos nya
    bis jurusan mana ya? ngeri
    apa jangan2 anak2 jalanan yg kita liat sebenarnya ada juga yg korban penculikan ya?

  8. ngeri amat, hp yg dipakai utk komunikasi dg bos nya
    bis jurusan mana ya? ngeri
    apa jangan2 anak2 jalanan yg kita liat sebenarnya ada juga yg korban penculikan ya?

  9. ya gitu deh Ndre, aku beberapa kali mergokin pengemis di jpo pake hp lebih keren dari hp-ku hikzz (kebeneran lagi pengemisnya tuna netra) …sejak itu tiap lewatin aku cuma mikir hmmm, hebat juga ya fasilitas yg mereka dapat.

    soal ada yg korban penculikan bisa jadi, banyak koq kalau kita perhatikan anaknya bersih dan gak kebayang kalau dia lahir dan besar di jalanan. who knows ???

  10. ya gitu deh Ndre, aku beberapa kali mergokin pengemis di jpo pake hp lebih keren dari hp-ku hikzz (kebeneran lagi pengemisnya tuna netra) …sejak itu tiap lewatin aku cuma mikir hmmm, hebat juga ya fasilitas yg mereka dapat.

    soal ada yg korban penculikan bisa jadi, banyak koq kalau kita perhatikan anaknya bersih dan gak kebayang kalau dia lahir dan besar di jalanan. who knows ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s