Tags

,


Senin lalu terima email dari Susan Shabangu yg mengaku Minister of Mining-nya Afrika Selatan menawarkan sejumlah dana yang ditinggalkan oleh suaminya. Ini bukan email pertama yg gw terima dari “Afrika Selatan”, beberapa waktu lalu ada yg mengaku jenderal siapa gitu menawarkan hal yang sama.

Siapa coba yg gak tergoda ditawarin sejumlah dana secara tiba-tiba ? Walau pengen banget jalan ke Africa, tapi email itu gak bikin kalap karena gw yakin ini pasti scam.Β  Ada banyak spam email beginian yg nyebar (dan beberapa kali terima), entah darimana mereka mengumpulkan database untuk nyebarin email tipu-tipunya. Bukannya terima dana, yg ada banyak yg kena tipu dan terserap dananya.

Iseng-iseng tanya om Gugel siapa sih Susan Shabangu ini ? Ternyata ada yg membahas khusus spam-nya Susan Shabangu di SINI

Faktanya :
Susan Shabangu orangnya memang ada, beliau ada di jajaran menteri kabinetnya Jacob Zuma, tapi gak mungkin banget seorang menteri akan melakukan spamming di dunia maya untuk menipu bukan ?

Jadi ini pasti perbuatan penipu yg mengatasnamakan dirinya, jika menerima email seperti ituΒ  …jangan cepat tergoda mending dihapus aja deh.

Advertisements