Tags

, ,


Suatu hari saat main ke rumah sepupu dibuat takjub (apa bingung ya) oleh ponakan yg berumur 2th minta dibukain Youtube. “Main intene, utup!” (maksudnya main internet, youtube!). Setttt dahhh, kecil-kecil dah tahu Youtube. Emang sih yg dicari Mikimos & Leletabis yg bikin dia ikutan joged & menyanyi gak jelas. Bayangin kalau lagunya berhenti dan dia salah klik ? **gak mau bayangin ahhh hehehe**

Saat ini yg namanya internet sudah menjadi konsumsi semua lapisan masyarakat, sangat berbeda jaman 10 tahun ke belakang. Dulu hanya kalangan terbatas yg bisa menjelajah ke dunia maya; kalau bukan orang kantoran yg memanfaatkan fasilitas gratisan (hahahaha, pengalaman banget jadi karyawan seorang yg dipercaya mengunduh dunia maya) minimal anak sekolahan/kuliahan. Warnet-warnet pun menjamur dan penuh dengan orang-orang yg antri untuk jalan-jalan ke dunia maya. Sekarang ? Mas-mas tukang perahu bisa minta akun FB saat ngobrol wkwkwkwkwk **katanya biar bisa kontak setiap saat** Hal ini didukung dengan adanya mobile internet yang bisa diunduh dimana saja kapan saja. Yang marak diunduh adalah jejaring sosial, kalau gak punya FB dianggap gak gaul hehehe. Padahal dulu saya bikin akun FB hanya buat iseng pengen tahu dan sempat dianggurin berbulan-bulan. Hal ini karena sebelumnya saya sudah punya akun lain untuk menulis blog atau sekedar lomba cepet-cepetan posting foto jalan dan kuliner.

Melalui internet, beragam informasi terkini bisa didapatkan dengan mudah, dari sekedar mencari info lalu lintas hingga berita es mencair di kutub. Dari mengupdate status, memberi komentar di blog atau status teman hingga pencarian info atau bahan studi bisa didapatkan dengan sekali klik. Agar tidak kelepasan di dalam mengunduh blog sensitif, sudah selayaknya setiap pengguna internet untuk berhati-hati.

Ada baiknya sebelum menjelajah ke dunia maya kita sudah tahu alamat yg dituju & informasi yg ingin dicari sehingga waktunya gak terbuang karena nyasar sana sini. Jika memang alamatnya belum tahu, jangan malu bertanya ke mesin pencari seperti ke si Om Gugel. Internet ada baik & buruknya tergantung ke pengguna dalam memanfaatkan fasilitas yg tersedia.Selain sebagai sumber pencari informasi, banyak kejahatan yg terjadi sebagai dampak penyalahgunaan internet yg tidak benar. Para penjahat menggunakan internet untuk mengintai & mendekati korbannya terutama melalui situs jejaring sosial. Terus mesti pake Satpam donk? Koq bukan Satpol yg bawa senapan hehehe. Pengamannya dari kontrol diri sendiri aja bisa koq, memanfaatkan fasilitas yang ada dengan bertanggung jawab. Jika di kantor jangan menghabiskan jam kerja dengan mengunduh situs jejaring sosial atau halaman gosip, ntar kerjaan gak beres yg kena omel kan situ juga. Jangan begadang tiap malam main game online, update status atau keasikan chatting, ntar kurang tidur lalu sakit siapa yg rugi? khan situ juga.

Jangan terjadi seperti kejadian di kantor bulan kemarin, IT tiba-tiba mengeluarkan top five list pengunduh internet (wkwkwkwk kek tangga lagu aja). Jadi selama ini orang IT kerjanya mengintip akun orang-orang yg suka menjelajah di dunia maya? Ohhh, tidaaaaaak !!

Segala sesuatu jika berlebihan tidaklah bagus, jadi bijaksanalah dalam menggunakan internet anda. Yukkk jalan 😉 [oli3ve]

Advertisements