Tags


Transit sehari di Makassar sebelum balik ke Jakarta pertengahan bulan Desember 2006 lalu, dimanfaatkan untuk putar² di daerah Makassar dengan mengunjungi Fort Rotterdam. Niat yg sudah dijadwalkan saat libur natal 2005 tapi gak terealisasi dikarenakan saat itu hujan mengguyur kota Anging Mammiri.

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam atau sekarang dikenal juga dengan Benteng Ujung Pandang dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa. Pada th 1667 benteng ini diserahkan ke pemerintah kolonial Belanda (VOC) sebagai salah satu syarat perjanjian Bongaya dan difungsikan sebagai pusat pemerintahan Belanda di Sulawesi Selatan selama hampir 300 tahun. Di dalam kompleks Fort Rotterdam terdapat Museum La Galigo. Th 1937 pengurusan diserahkan ke Fort Rotterdam Foundation dan difungsikan sebagai pusat budaya dan kesenian.

fort rotterdam

Fort Rotterdam

Puas hunting di benteng, belanja oleh² ke pusat jajanan di daerah Somba Opu dengan menyetop becak yg lewat sekalian minta diantar sampai ke Lompobatang mencicipi Sop Konro Karebosi yg katanya enak tapi di lidah gw sih, biasa aza yaaa …enakan makan ikan bakar di warung pinggir jalan he … he… secara lidah gw emang lebih senang mencicipi lauk dari ikan.

Fort Rotterdam, Makassar

Advertisements